cara membuat slime dari lem povinal
Tak Perlu Beli, Ini Cara Membuat Slime dari Lem Povinal Dirumah
June 15, 2019
manfaat daun kelor
Beragam Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Penggunaannya
June 17, 2019

Leukopenia Adalah Gejala Kekurangan Sel Darah Putih

leukopenia adalah

Leukopenia adalah – Leukopenia adalah sebutan yang terkait dengan masalah leukosit atau sel darah putih. Di dalam tiap darah kita terdapat beberapa komponen yang penting untuk perkembangan sirkulasi darah, sistem pertahanan penyakit, sistem sirkulasi oksigen hingga sistem sekresi pembuangan kotoran yang terdiri atas sel-sel darah merah, sel sel darah putih serta trombosit.

Jika sel sel darah merah berperan penting dalam proses sirkulasi oksigen ke selurug tubuh serta menjadi elemen penting dalam darah, sel darah merah juga berperan dalam membuang sirkulasi karbon dioksidan ke luar dari tubuh. Sementara trombosit adalah sel darah yang berperan dalam pembekuan luka dan juga membentuk jaringan-jaringan pada proses penyembuhan luka baik di kulit maupun di dalam tubuh.

Baca Juga  6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah dan Tips Mencegahnya

Sementara sel darah putih mempunyai peran penting dalam mendukung sstem pertahanan tubuh, sel darah putih ini memiliki sifat membasmi bakteri, infeksi dan berbagai agen penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Karena sifat pembasmian inilah sel darah putih mempunyai kemampuan fagositosis atau menembus seluruh sel sel di dalam tubuh untuk membasmi penyakit.

Kemampuan sel sel darah putih ini perlu mendapat perhatian karena jika jumlah sel darah putih di dalam tubuh berkurang bisa menjadi pertanda berbagai kondisi yang tidak baik di dalam tubuh.

gejala  leukopenia adalah

Apa jadinya jika sel sel darah putih di dalam tubuh dalam jumlah sedikit?

Kondisi ini dinamakan leukopenia. Leukopenia adalah kondisi di mana tubuh mempunyai sedikit sekali sel-sel darah putih. Penyebabnya ada banyak, selain kemampuan produksi sel-sel darah putih di dalam tubuh yang kurang.

Baca Juga  Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Kondisi leukopenia adalah juga disumbang oleh adanya infeksi bakteri atau penyakit yang cukup ganas, sehingga sel-sel darah putih telah banyak bertarung dengan infeksi bakteri tersebut dan jumlahnya dalam darah kemudian berkurang.

Kenapa sel-sel darah putih bisa kalah bertarung dengan infeksi?

Biasanya anda akan melihat proses pembasmian ini dari beberapa luak infeksi yang menyebabkan beberapa cairan berwaran putih tanda adanya aktivitas sel-sel darah putih. Akan tetapi di dalam darah, jika sel-sel darah putih terus berkurang dan tubuh tidak mempunyai kemampuan mereproduksi sel sel darah putih secara cepat akan berakibat kurang baik.

Misalnya tubuh menjadi rentan terserang penyakit, infeksi menyebar kemana-mana dan juga membuat anda semakin dalam kondisi yang mengkhawatirkan bukan?

 leukopenia adalah
Penyebab Leukopenia Adalah Sebagai Berikut

Kondisi kekurangan sel darah putih, atau leukopenia adalah salah satu gejala yang tidak hanya ditimbulkan oleh adanya infeksi bakteri yang cukup kuat. Leukopenia juga dapat disebabkan beberapa kondisi non-penyakit

misalnya anda sedang menjalani terapi radiasi yang dilakukan pada tulang belakang, wilayah tubuh yang memproduksi sel-sel darah putih sehingga membuat kondisi produksi sel sel darah putih anda menurun. Selain itu, kondisi kekurangan vitamin B12, Zinc, asam folat dan juga tembaga dapat menyebabkan leukopenia.

Baca Juga  5 Minuman Penurun Kolesterol ini Bisa Atasi Tingginya Kadar Kolesterol

Akan tetapi leukopenia juga bisa disebabkan beberapa penyakit besar lainnya, seperti metasis kanker atau adanya aktivitas kanker yang sedang berkembang cepat, terutama kanker tulang belakang kemudian kondisi penyakit autoimun atau aktivitas sel darah putih yang malah menyerang tubuh sendiri (seharusnya imun tubuh membasmi penyakit tetapi ini malah membasmi organ tubuh sendiri).

Leukopenia adalah gejala yang juga disebabkan oleh beberapa penyakit sekunder lainnya, maksudnya gejala yang ditimbulkan karena adanya penyakit atau gejala lain. Misalnya untuk penderita anemia aplastik, limpa yang terlalu aktif hingga pengobatan tertentu bisa menyebabkan terjadinya leukopenia. Kondisi leukopenia bisa ditangani segera oleh dokter jika anda segera memeriksakan diri.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *