toefl ibt jakarta
Wajib Tahu, Ini Perbedaan Mencolok TOEFL IBT Jakarta dan TOEFL ITP
November 8, 2018
khasiat buah belimbing
Kandungan dan 7 Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh
November 9, 2018

Mau ASI Banyak? Ini 8 Makanan Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi

makanan pelancar asi

Makanan Pelancar ASI – Air susu ibu atau ASI merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi anak baru lahir. Untuk itulah pada tiga bulan pertama usia bayi harus diberikan air susu asli ibunya. Bahkan, pada satu jam pertama, air susu tersebut memiliki fungsi yang sangat ajaib dan belum dapat ditemukan penggangtinya.

Sebuah kerugian tentunya jika air susu tidak keluar ketika bayi baru lahir, apalagi jika harus mengonsumsi susu formula selama berbulan-bulan. Untuk itu, ibu harus melakukan beberapa persiapan agar air susu mau keluar sejak hari pertama kelahiran.

Baca Juga  Mau Punya Momongan? Inilah 7 Makanan Penambah Sperma Untuk Pria

Sayangnya memang tidak banyak diketahui bagaimana cara memicu keluarnya air susu ibu, selain dari konsumsi makanan oleh ibu itu sendiri. Dikenal beberapa makanan pelancar ASI, yang dapat memicu kelenjar susu menghasilkan susu yang melimpah dan bernutrisi baik.

Mau ASI Banyak? Ini Makanan Pelancar ASI yang Wajib Untuk Dikonsumsi

makanan pelancar asi

Ada beberapa bahan makanan yang mengandung senyawa tertentu, yang berguna untuk memicu kerja kelenjar susu secara optimal. Namun, selain makanan pelancar ASI, perlu diketahui bahwa sang ibu juga harus mengonsumsi air mineral yang cukup.

1. Bahan sayuran, terutama yang berwarna hijau tua

Jenis makanan pelancar ASI yang pertama adalah sayur-sayuran hijau. Sekurang-kurangnya melibatkan sayuran hijau dalam dua porsi makan setiap harinya terbukti memicu kerja kelenjar susu secara optimal. Beberapa sayuran yang dimaksud adalah seperti katu, brokoli, bayam, atausayuran lain yang mengandung folat, beta karoten, dan riboflavin.

2. Buah kurma segar

Salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi pelengkap kebutuhan tubuh adalah kurma. Bahkan, buah ini diklaim juga memiliki pengaruh yang positif bagi ibu hamil.

Buah kurma segar dapat meningkatkan produksi prolaktin dan beberapa hormon tertentu dalam tubuh yang memicu produksi ASI. Selain itu, kurma mengandung serat yang cukup tinggi yang berguna dalam menghasilkan energi. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kasus menyusui dapat membuat ibu merasa lelah.

Kini sudah banyak produk olahan dari bahan baku buah kurma. Namun, sebaiknya Anda mengonsumsi buah kurma segar untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

3. Buah dan Daun Pepaya

Daging buah pepaya yang telah matang dketahui memiliki kandungan kalium dan vitamin. Tentu vitamin akan membuat ibu dan air susu yang diproduksinya menjadi sehat. Sementara kalium yang cukup akan mengurangi resiko depresi.

Baca Juga  9 Daftar Makanan Berprotein Tinggi Untuk Anda yang Sedang Diet

Selain pada daging buahnya, daun dari tumbuhan pepaya juga baik untuk dikonsumsi ibu yang menyusui. Sayangnya, selain rasanya yang cenderung pahit jika tidak diolah dengan benar, ada masyarakat yang mempercayai bahwa ibu yang mengonsumsi daun pepaya akan membuat mata si bayi menjadi belekan.

4. Buah pisang segar

Selain pepaya, bahan makanan pelancar ASI berupa buah adalah piang. Terlepas dari apa pun jenisnya, umumnya pisang mengandung kalsium yang tinggi. Kandungan tersebut baik bagi produksi susu.

5. Gandum murni atau pun oat

Bahan makanan yang mengandung serat tinggi akan membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung serat tinggi itu misalnya adalah makanan yang berbahan gandum atau oat. Zat besi yang terkandung di dalam bahan tersebut juga akan membuat ibu tidak beresiko anemia.

Harus diketahui bahwa anemia merupakan salah satu kenapa produksi ASI menjadi tidak optimal. Terlebih lagi ibu yang mengalami pendaharan saat melahirkan, maka konsumsi gandum dan oat menjadi penting.

Sayangnya, bahan makanan ini tidak bisa dikonsumsi oleh ibu yang memiliki alergi pada gluten atau ibu yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit Celiac.

6. Daging ikan salmon

Makanan pelancar ASI tidak melulu tumbuhan atau nabati, tetapi juga bisa dari produk hewani. Salah satu jenis ikan yang memiliki kadar protein dan kalsium tinggi adalah ikan salmon. Ikan yang sayangnya tidak terdapat di Indonesia ini juga mengandung DHA yang baik untuk pertumbuhan anak.

Baca Juga  Inilah Bahan Makanan untuk Memperbanyak Asi

Kandungan-kandungan tersebut akan membantu tubuh dalam memproses air susu dalam volume yang banyak.

7. Bahan kacang-kacangan

Bahan makanan yang mudah didapatkan dan terkenal memiliki kandungan protein nabati tinggi, zat besi, beberapa jenis vitamin, dan termasuk mineral adalah bahan makanan kacang-kacangan.

Terlepas dari apa pun jenisnya, namun umumnya bahan kacang-kacangan akan membuat susu dari ibu menjadi melimpah. Jenis kacang yang biasa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat ini adalah kacang merah, kacang hijau, kacang almon, dan edamame.

Sayangnya ada beberapa yang percaya bahwa mengonsumsi kacang akan membuat ibu yang menyusui merasakan kembung.

8. Makanan jadi berupa sup

Selain makanan yang bisa dikonsumsi secara segar dan tunggal, Anda juga dapat meracik menu makanan berat yang nikmat. Bahan-bahan seperti wortel, jagung muda atau janten, asparagus, labu siam, dan bila perlu ditambahkan dengan daging sapi sehat dapat juga bermanfaat memicu kerja optimal kelenjar susu.

Baca Juga  Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan dan Dampak Negatifnya

Dalam sup tersebut juga baik ditambahkan dengan bumbu bawang putih. Menurut penelitian bawang putih dapat membuat ibu menyusui lebih lama, yang artinya produksi air susu tersebut melimpah. Sayangnya ada juga yang percaya bahwa konsumsi bawang putih saat aktif menyusui harus dihindari karena hal itu dapat menyebabkan kolik pada bayi. Kolik adalah bayi menangis tanpa sebab yang jelas.

Tips Agar Air Susu Ibu Meningkat

makanan pelancar asi

Selain mengonsumsi makanan pelancar ASI atau bahan-bahan yang dapat meningkatkan produksi ASI seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa perlakuan khusus yang dapat diberikan supaya produksi air susu tetap terjaga, misalnya adalah sebagai berikut.

1. Jangan malas menyusui

Frekuensi yang terlalu jarang dapat membuat kelenjar susu tidak mendapat rangsangan. Usahakan tetap menyusui anak secara rutin dengan tetap mengutamakan air susu sebagai makanan utama. Bagi ibu baru yang air susunya belum banyak keluar, usahakan tetap menyusukan walaupun tidak keluar air susu sama sekali.

Baca Juga  Manfaat Buah Okra yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengondisikan tubuh menjadi rileks

Salah satu air susu tidak mau keluar adalah karena kondisi tubuh dan pikiran ibu yang tegang atau tidak rileks. Untuk itu, posisikan tubuh sebaik dan senyaman mungkin, serta ambil situasi yang nyaman. Proses menyusui tidak hanya harus rileks bagi bayi tetapi juga bagi ibu.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *