manfaat daun sirsak untuk kolesterol
Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol Yang Jarang Diketahui
January 5, 2019
139 cara menghilangkan keringat buntet
7 Cara Menghilangkan Keringat Buntet Secara Alami Dengan Mudah
January 7, 2019

Tidak Hanya Untuk Bahan Membuat Kue, Ini 8 Manfaat Baking Powder

manfaat baking powder

Manfaat Baking Powder- Pasti jika mendengar baking powder kita langsung membayangkan membuat kue. Benar sekali, baking powder adalah salah satu bahan untuk membuat kue. Lalu apa bedanya dengan baking soda? Baking powder dan baking soda hampir sama namun sedikit berbeda.

soda 100% mengandung Natrium Bikarbonat/ Sodium Bikarbonat. Sedang baking powder tidak hanya mengandung Natrium Bikarbonat namun juga mengandung bahan pengering dan cream of tartar (bersifat asam).

Baca Juga  Gak Cuman Untuk Kue, Ini 11 Kegunaan Baking Powder Lainnya

Selain sebagai bahan pembuatan kue baking powder juga bisa dimanfaatkan untuk membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari kita dan juga untuk mempercantik diri kita.

Nggak percaya? Buktikan sendiri manfaat baking powder di bawah ini!

manfaat baking powder

1. Menghilangkan daki

Lulur di kamar mandi habis? Mau beli tapi malas keluar? Tenang saja. Ternyata manfaat lain dari baking powder adalah untuk menghilangkan daki dan juga sel kulit mati.

Caranya campurkan 1 sendok makan baking powder dengan jus lemon atau perasan air lemon dan sedikit air. Aduk baking powder hingga tercampur rata. Usapkan campuran baking powder ke daerah yang ingin dibersihkan dan pijat area tersebut agar daki bisa terangkat.

2. Mengatasi rambut lepek

Rambut lepek tapi malas keramas? Tenang saja, bisa kok rambut kembali halus tanpa keramas.

Nah fungsi dari baking powder disini untuk menyerap minyak pada rambut dan juga menguraikan rambut-rambut yang saling menempel.

Caranya usapkan baking powder pada kulit kepala hingga merata, tunggu beberapa saat. Lalu kibaskan agar tidak ada putih-putih bekas baking powder di rambut.

3. Memutihkan gigi.

Sudah pakai pasta gigi pemutih tapi nggak putih-putih? Yuk coba pakai baking powder. Caranya campurkan satu sendok baking powder dengan perasan air lemon atau jeruk nipis dan sedikit air. Aduk hingga semua bahan merata. Lalu letakkan campuran baking powder diatas sikat gigi secukupnya. Gosok gigi seperti biasanya.

manfaat baking powder

4. Menghilangkan bau mulut

Manfaat lain dari baking powder adalah untuk menghilangkan bau mulut. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup campurkan kurang lebih 1 sendok makan baking powder ke dalam air secukupnya. Aduk baking powder dan air hingga merata. Pakai campuran baking powder dan air untuk berkumur kurang lebih 30 detik.

Baca Juga  Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder Dari Segi Bahan dan Manfaat

5. Membersihkan kuas make up

Bingung cara cuci kuas make up? Pakai baking powder yuk yang gampang. Campurkan 1 sendok makan (atau secukupnya sesuai dengan banyaknya kuas) baking powder ke dalam air hangat. Masukkan kuas make up dan diamkan beberapa menit. Bilas kuas make up sambil diusap-usap agar kotoran jatuh seluruhnya. Kuas make up uda kayak baru lagi deh.

6. Manghilangkan bau sepatu

Sepatu bau bikin ngga nyaman kan pastinya. Agar sepatu kita tidak bau kita gunakan baking soda untuk penghilang baunya. Caranya gampang. Masukkan baking spowder secukupnya ke dalam kantong kain. Ikat kantong kain dan masukkan ke dalam sepatu. biarkan baking soda di dalam sepatu hingga baunya hilang

7. Melancarkan saluran wastafel yang tersumbat

Siapa sangka baking powder bisa untuk melancarkan saluran air. Masukkan satu sendok makan baking powder ke dalam saluran air kemudian tuangkan 1 cup campuran cuka dan air hangat. Tunggu hingga muncul busa-busa putih lalu tuangkan air hangat. Wastafel ngga lagi mampet deh.

Baca Juga  Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder Dari Segi Bahan dan Manfaat

8. Mencuci buah dan sayur

Takut buah tidak bersih jika dicuci dengan air saja? Coba deh cuci buah atau sayur dengan baking powder. Caranya usapkan baking powder pada buah sebelum dicuci dengan air. Gosok-gosok buah dan kemudian bilas dengan air. Baking powder disini berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan pestisida.

Nah sudah tau kan manfaat baking powder selain untuk bahan kue. Yuk praktekin dan buktikan sendiri manfaatnya. Selamat mencoba 🙂

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *