manfaat terong belanda
Manfaat terong Belanda Ini Jarang Diketahui Banyak Orang
September 1, 2018
cara menghilangkan kapalan
Cara Menghilangkan Kapalan Tanpa Menggunakan Obat Kimia
September 1, 2018

Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

manfaat bengkuang

Manfaat Bengkuang – Adakah dari pembaca yang belum pernah menjumpai buah bengkuang? Buah ini memiliki bentuk unik menyerupai gangsing, yaitu mengerucut di bagian atas dan bawah sementara nagian tengahnya menggelembung dan tidak jarang juga terdapat lipatan sehingga menciptakan bentuk bergelombang pada buah buah ini.

Secara fisik, bengkuang menyerupai ubi namun berwarna coklat terang dan memiliki tektur kulit yang lebih halus. Hal tersebut dipengaruhi tempat tumbuhnya yang memang di dalam tanah seperti ubi. Bahkan, tumbuhan bengkoang pun sangat menyerupai ubi.

Buah bengkuang jarang ditemukan dalam produk olahan makanan. Kebanyakan buah ini hanya dimakan secara langsung baik menggunakan bumbu tambahan atau tidak. Dalam produk makanan, bengkuang biasa hadir di dalam piring rujak atau lutis bersama buah-buahan yang lain seperti pepaya dan mangga.

Bengkuang Termasuk Kedalam Jenis Umbi-Umbian

Buah yang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus ini sangat terkenal di Indonesia. Tidak jarang juga orang yang mengira bahwa buah ini endemik nusantara.

Masyarakat mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan bengkoang, namun dalam kamus Bahasa Indonesia, buah yang termasuk umbi-umbian itu berentri “bengkuang”. Beda lagi halnya dengan masyarakat Jawa yang menyebutnya “besusu”.

Bengkuang atau bengkoang adalah umbi yang berasal dari tanaman yang bernama sama. Tanaman bengkuang pertama kali berasal dari daerah tropis di Amerika dengan nama asli di sana adalah xicama atau jicama. Walaupun sekilas berbentuk seperti ubi, sebenarnya bengkuang adalah tanaman yang termasuk ke dalam suku fabaceae atau tergolong polong-polongan.

Baca Juga  Manfaat terong Belanda Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Yang membedakan bengkuang dengan ubi biasa adalah bahwa bengkuang mengandung banyak air, selain tentu saja karbohidrat yang sangat terlihat, sehingga sangat baik untuk menyuplai cadangan cairan bagi tubuh manusia.

Selain itu, karena kandungan karbohidratnya, umbi yang digolongkan masyarakat Indonesia sebagai buah ini sangat dapat mengenyangkan.

Kandungan air yang terdapat dalam bengkuang sangat baik bagi penderita diabetes karena tidak akan banyak mempengaruhi kadar gula dalam tubuh.

Ada pun rasa manis yang terdapat dalam buah bengkuang adalah karena oligokasarida inulin. Hal tersebut juga positif bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Sayangnya, karena bentuk dan cara makan yang tidak mudah untuk dilakukan di sembarang tempat, buah bengkuang lebih banyak dijadikan olahan lain ketimbang sebagai buah konsumsi.

Inilah 4 Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan

manfaat bengkuang

Kita mungkin sudah sangat akrab dengan iklan yang menawarkan kesehatan kulit dari ektrak buah bengkuang ini. Menurut penelitian, bengkuang memang mengandung banyak vitamin E yang sangat berguna bagi kulit.

Nah, sahabat, beberapa manfaat bengkuang sehubungan dengan kandungan nutrisinya itu adalah sebagai yang telah kami rangkum berikut ini.

1. Pencegah Penuaan Dini

Pertama, manfaat bengkuang sebagai pencegah penuaan dini. Selain mengandung vitamin E, bengkuang juga mengandung vitamin C yang tinggi.

Hal tersebut berguna untuk menangkap radikal bebas yang memungkinkan kulit rentan terhadap keriput atau penuaan. Untuk mendapaat khasiatnya, Anda bisa membuatnya menjadi lulur atau mengkonsumsi langsung.

2. Mencerahkan Kulit

Kedua, manfaat bengkuang untuk mencerahkan kulit. Kolaborasi antara vitamin B1 dan C dapat membuat kulit lebih berseri. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda dapat mengiris bengkuang dengan tipis atau membuatnya jadi bubur. Selanjutnya, maskerkan bubur tersebut pada kulit yang Anda ingin cerahkan.

Baca Juga  Khasiat Buah Plum yang Semakin Populer di Mancanegara

3. Mendinginkan Kulit Iritasi

Ketiga, manfaat bengkuang untuk mendinginkan kulit yang iritasi atau terbakar. Vitamin B1 yang terdapat pada bengkuang dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit.

Hal tersebut berguna juga untuk mendinginkan kulit yang mengalami iritasi atau peradangan. Caranya adalah dengan memberlakukannya sebagai masker.

4. Sebagai Pelembab dan Mencerahkan Bagian Tubuh

Sebagai penyegar, bengkuang tidak hanya dapat dipakaikan pada wajah atau bagian kulit yang sensitif namun juga dapat dibalurkan ke seluruh tubuh.

Bahkan, jika Anda bermaksud mencerahkan dan melembabkan kulit bagian siku, yang biasanya memang gelap dan kering, Anda juga menjadikan bengkuang ini sebagai lulur tubuh.

Dengan bengkuang, Anda tidak lagi melulu menggunakan kosmetik yang bisa jadi mengandung bahan berbahaya.

Lalu, adakah manfaat bengkuang yang lainnya selain untuk kecantikan? Tentu banyak sekali. Kami punya ulasannya untuk Anda. Simak terus ya!

Inilah 6 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan

manfaat bengkuang

1. Manfaat bengkuang untuk mengobati alergi pada kulit.

Bengkuang memang sangat menyayangi kulit manusia. Selain untuk kecantikan, bengkuang ternyata memiliki manfaat sebagai obat alergi. Apabila dikonsumsi secara rutin, bengkuang dapat menghilangkan gatal-gatal pada kulit akibat alergi.

2. Manfaat bengkuang sebagai obat diabetes.

Bagi penderita diabetes mungkin sangat menghindari makanan dengan cita rasa manis. Namun, untuk bengkuang, Anda tidak perlu khawatir.

Rasa manis pada buang bengkuang bukan berasal dari glukosa biasa, melainkan berasal dari zat inulin yang justru sangat baik untuk mengobati diabetes. Namun, tentu saja menggunakan porsi yang wajar dan teratur serta pengimbangan dari nutrisi lainnya.

Baca Juga  9 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Perawatan Kulit

3. Manfaat bengkuang untuk mengobati sariawan.

Seperti kandungan pada buah umumnya, vitamin C juga terkandung di dalam buah bengkuang.

Kita ketahui bersama bahwa vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan untuk mengobati berbagai masalah tubuh salah satunya sariawan. Selain itu, dengan kandungan tersebut bengkuang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

4. Manfaat bengkuang untuk mengobati beri-beri.

Meskipun penyakin beri-beri sangat jarang ditemui dalam masyarakat kita, tentu lebih baik jika tubuh tidak mengalami gejala-gejalannya.

Salah satu nutrisi yang mencegah penyakit beri-beri adalah vitamin B1. Nah, vitamin B1 terkandung banyak di dalam buah bengkuang.

5. Manfaat bengkuang untuk obat wasir.

Secara kasat mata dapat terlihat bahwa bengkuang memiliki banyak kandungan serat. Serat pada bengkuang sangat baik untuk mengatasi wasir. Agar buang air besar lancar dan tidak sulit, baik bagi Anda meminum jus bengkuang setiap pagi.

6. Manfaat bengkuang untuk mengatasi masalah asam lambung

Bengkuang mengandung sifal alkali yang memiliki fungsi sebagai peredam atau penyerap asam lambung dengan sangat cepat.

Seperti yang kita ketahui bahwa asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan maag. Cara terbaik untuk mendapat khasiatnya adalah dengan memakan bengkuang tanpa tambahan rasa atau pewarna.

Nah, itu tadi adalah beberapa manfaat bengkuang dalam hal kecantikan dan juga bagi kesehatan tubuh, selain murah dan mudah ditemukan buah yang satu ini memang terkenal memiliki rasa manis yang menggoda bukan? Selamat mengkonsumsi bengkuang.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *