manfaat tumbuhan paku
7 Manfaat Tumbuhan Paku yang Jarang Diketahui Orang
October 20, 2018
cara memandikan kucing
Ketahui Cara Memandikan Kucing Persia Untuk Pertama Kali
October 20, 2018

10 Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan dan Kulit

manfaat buah bengkoang

Manfaat Buah Bengkoang – Siapa yang tak kenal dengan bengkoang. Buat kamu yang hobi makan rujak, pasti tidak lengkap tanpa kehadiran buah bengkoang kan?

Bengkoang atau besusu merupakan buah umbi-umbian yang banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Bengkoang mengandung air yang sangat banyak sehingga cocok dinamfaatkan sebagai penyuplai cairan bagi tubuh.

Baca Juga  Manfaat Buah Okra yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

Buah bengkoang juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh, diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B6, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, tembaga, zat besi, asam folat, dan protein nabati.

Sehingga banyaknya kandungan nutrisi dalam buah bengkoang, menjadikan bengkoang memiliki banyak manfaat.

10 Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan dan Kulit

manfaat buah bengkoang

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat buah bengkoang bagi kesehatan dan kulit, diantaranya:

1.Menjaga dan melancarkan proses pencernaan

Manfaat buah bengkoang yang pertama adalah melancarkan proses pencernaan. Bengkoang kaya akan serat dan mengandung air yang sangat banyak.

Baca Juga  Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Makanan

Dua kebaikan tersebut membuat bengkoang baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Hal ini membuat kamu akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, diare, sulit buang air besar, perut kembung dan gangguan pencernaan lainya.

2.Menjaga kesehatan tulang

Dalam buah bengkoang terkandung berbagai mineral diantaranya kalsium, magnesium, zat besi, dan tembaga.

Mineral tersebut memiliki peran sangat penting dalam menjaga kepadatan tulang dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak.

Sehingga dengan mengkonsumsi buah bengkoang akan mengurangi risiko tulang keropos atau osteoporosis.

3.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam 100 gr buah bengkoang mengandung setidaknya 20 gr vitamin C. Kandungan vitamin C tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya.

Selain itu, kandungan vitamin C juga bisa berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang berasal dari polusi, lingkungan, maupun makanan yang tidak sehat. Radikal bebas ini sangat berbahaya bagi tubuh karena berpotensi menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan kerusakan pada otak.

4.Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat yang tinggi pada bengkoang bermanfaat untuk menurunkan gula darah. Selain itu, bengkoang juga memiliki kadar gula atau glukosa yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes militus. Untuk mengontrol kadar gula darah tetap normal, bengkoang dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau diparut dan disaring sarinya lalu diminum sarinya tersebut.

5.Menjaga kesehatan kulit

Mengkonsumsi bengkoang secara teratur juga bisa menjadikan kulit sehat dan segar alami. Hal ini karena bengkoang memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga  14 Manfaat Buah Markisa yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Selain itu vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang menjadikan penuaan dini. Kandungan vitamin C ini juga mampu mencegah kulit kering dan melindungi dari paparan sinar matahari.

manfaat buah bengkoang

6.Menurunkan kolesterol

Kebiasaan pola makan yang buruk bisa memicu kadar kolesterol jahat berlebih, sehingga berisiko memicu serangan jantung dan hipertensi. Bengkoang memiliki kandungan air dan serat yang dapat mengontrol kadar kolesterol darah. Selain itu, kandungan vitamin C dalam bengkoang juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga  Manfaat Buah Mahoni, Si Pahit yang Disepelekan

7.Mengembangkan kemampuan otak

Dalam buah bengkoang terdapat vitamin B6 yang berguna untuk merangsang kemampuan kognitif dan meningkatan kinerja otak. Hal ini sangat bermanfaat dalam memperkuat daya ingat, terutama bagi orang tua atau lansia.

8.Mengobati demam

Demam ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi bengkoang karena buah ini mengandung senyawa pachyrhizon, rotenon, vitamin C, dan vitamin B1 yang berkhasiat sebagai penurun demam.

Vitamin C sendiri berfungsi juga memperkuat daya tubuh, sehingga akan melindungi kamu dari berbagai penyakit yang diakibatkan virus dan bakteri. Untuk mengobati demam, anda bisa minum jus buah secara rutin setiap pagi dan sore hari.

9.Membantu diet

Buah bengkoang mengandung rendah kalori tetapi kaya akan nutrisi dan vitamin. Dengan mengkonsumsi bengkoang, kebutuhan nutrisi tubuh kamu dapat terpenuhi dan juga membuatmu merasa kenyang tanpa khawatir dengan kenaikan berat badan. Sehingga buah bengkoang ini sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badannya.

Baca Juga  7 Manfaat Tumbuhan Paku yang Jarang Diketahui Orang

10.Mencegah anemia

Bengkoang juga kaya akan mineral zat besi dan tembaga. Kedua zat tadi merupakan nutrisi yang diperlukan untuk membentuk sel darah merah. Dengan adanya jumlah sel darah merah yang mencukupi, kamu akan terhindar dari anemia dan juga suplai oksigen ke berbagai organ tubuh menjadi lancar.

Demikian tadi 10 manfaat buah bengkoang yang sangat baik bagi kesehatan dan mencegah dari berbagai jenis penyakit. Semoga menambah wawasan kita mengenai pemanfaatan buah-buahan untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan dan malakukan gaya hidup sehat ya!!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *