cara alami menghilangkan flek hitam di pipi
Inilah 5 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Pipi
October 27, 2018
les bahasa jerman
4 Tips Memilih Tempat Les Bahasa Jerman Agar Cepat Mahir
October 27, 2018

Luar Biasa, Inilah 12 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

manfaat buah kelengkeng

Manfaat Buah Kelengkeng – Buah kelengkeng atau lengkeng merupakan buah yang banyak digemari karena memiliki rasa manis dan enak.

Kebanyakan orang hanya mengetahui kenikmatan buah kelengkeng tapi tak banyak orang yang tahu mengenai manfaat yang dimiliki buah ini.

Kandungan Nutrisi Buah Lengkeng

Buah kelengkeng pada awalnya berasal dari pegunungan di Myanmar kemudian menyebar ke Tiongkok selatan, Thailand, Taiwan, Indonesia, Australia dan Amerika Serikat.

Buah ini bisa dimakan secara langsung atau bisa juga dikeringkan dan juga dapat dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.

Di dalam buah kelengkeng terkandung nutrisi – nutrisi seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, B1,B2,B3, vitamin C, fosfor, mangan, kalium, magnesium, seng, asam tartarik serta senyawa fitokimia dan senyawa lainnya.

manfaat buah kelengkeng
Luar Biasa, Inilah 12 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Dan Tahukah Anda bahwa ternyata buah yang sekilas penampakannya hampir mirip dengan buah duku ini ternyata menyimpan banyak khasiat dan manfaat, lalu apa saja manfaaat buah kelengkeng?

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah kelengkeng kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Setengah mangkok buah kelengkeng dapat memenuhi asupan harian vitamin C sekitar 80%.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C sangat baik untuk memaksimalkan penyerapan zat besi.

2. Mengatasi insomnia

Apakah kamu memiliki masalah insomnia? Insomnia atau susah tidur kerap terjadi saat seseorang sedang banyak pikiran atau tertekan akibat pekerjaan yang menumpuk serta stres.

Mengonsumi buah kelengkeng secara rutin dapat membantu mengatasi masalah insomia yang kamu miliki karena kandungan nutrisi pada buah kelengkeng ini menjadikan manfaat buah kelengkeng memberikan efek menenangkan yang mampu membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak.

3. Menyembuhkan luka

Buah kelengkeng mengandung polifenol yangg berguna untuk menangkal serangan radikal bebas dan dapat mencegah kerusakan sel – sel tubuh.

Dengan kandungan tersebut, buah ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

4. Mengobati luka bakar

Bagi kamu yang suka memasak di dapur tentunya pernah mengalami luka bakar.

Manfaat buah kelengkeng ini bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Yang kamu manfaatkan dari buah ini adalah bagian kulitnya.

Baca Juga  Manfaat Buah Mahoni, Si Pahit yang Disepelekan

Kamu cukup membakar kulit buah kelengkeng hingga menjadi arang kemudian menghaluskan arang tersebut dengan cara menumbuknya.

Selanjutnya campurkan arang ini pada minyak dan oleskan ke bagian luka bakar.

manfaat buah kelengkeng

5. Sebagai anti depresan

Siapa saja bisa mengalami stres. Biasanya semakin bertambahnya umur seseorang, maka semakin mudah orang tersebut mengalami stres.

Stres bisa timbul karena adanya tekanan dari lingkungan ataupun pekerjaan dan juga dari penyebab stres lainnya.

Salah satu manfaat buah kelengkeng dapat digunakan untuk membantu mengatasi stres karena buah kelengkeng ini bisa dijadikan ramuan anti depresan.

Caranya dengan mendidihkan 500 gram kelengkeng dan 500 gram gula pasir bersama air secukupnya hingga menjadi kental, kemudian minum ramuan ini satu sendok tiap harinya.

6. Mencegah demam dan flu

Kandungan vitamin C pada buah kelengkeng membuat manfaat buah kelengkeng bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mengonsumsi buah ini dapat mencegah demam dan flu.

7. Menjaga kesehatan mata

Di dalam buah kelengkeng terkandung senyawa riboflavin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Tercukupinya zat riboflavin pada tubuh dapat menurunkan risiko terkena gangguan mata seperti penyakit katarak.

8. Baik untuk diet

Buah kelengkeng mengandung protein dan lemak yang relatif rendah sehingga buah kelengkeng ini bisa cocok di dalam menu makanan orang yang sedang menjalani program diet.

Jika kamu sedang menjalani program diet, konsumsilah buah kelengkeng karena setengah cangkir buah kelengkeng hanya mengandung 35 kalori saja.

9. Menjaga kesehatan jantung

Antioksidan yang terkandung dalam buah kelengkeng menjadikan manfaat buah kelengkeng ini baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan tersebut mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga  Manfaat Okra Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

10. Mengatasi anemia

Kekurangan sel – sel darah merah pada tubuh akan menyebabkan anemia. Efek yang dialami tubuh akibat anemia yaitu tubuh menjadi letih, lemah dan lesu. Untuk mengatasi masalah anemia, kamu dapat menggunakan manfaat buah kelengkeng. Kandungan nutrisi yang ada pada buah kelengkeng dapat meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh dan juga meningkatkan sirkulasi darah. Mengonsumsi buah ini dapat mencegah dan mengatasi anemia.

11. Menambah energi

Buah kelengkeng selain mengandung kalori yang cukup rendah juga mengandung karbohidrat komplek dan karbohidrat komplek diperlukan tubuh sebagai sumber energi untuk menjaga stamina.

12. Mencegah osteoporosis

Buah kelengkeng merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu menguatkan tulang sehingga manfaat buah kelengkeng ini dapat menjauhkan kita dari penyakit osteoporosis.

13. Meningkatkan performa seksual

Dalam tradisi turun temurun masyarakat Tiongkok, buah kelengkeng dipercaya dapat meningkatkan performa saat melakukan hubungan seksual.

Baca Juga  Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Bahkan buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi wanita Tiongkok karena selain bermanfaat untuk kepuasan seksual, buah ini juga dapat membuat kulit menjadi lebih bersinar.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *