kegunaan cuka apel
Kegunaan Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kandungan Zatnya
September 29, 2018
manfaat kolang kaling
Selain Bernutrisi, Inilah 10 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan
October 1, 2018

14 Manfaat Buah Markisa yang Jarang Diketahui Banyak Orang

manfaat buah markisa

Manfaat Buah Markisa – Markisa merupakan buah yang familiar ditemukan di supermarket maupun pasar tradisional. Karena seringnya dijadikan olahan makanan dan minuman

Apalagi markisa juga menjadi primadona oleh-oleh dari Medan. Disana anda bisa mendapatkan sirup buah markisa sebagai oleh-oleh dari berkunjung dan jalan-jalan di Medan, Sumatera Utara.

Selain sirup markisa, bolu meranti dan bika ambon juga wajib dibeli menemani perjalanan pulang anda. Namun, kini sirup markisa sudah menjadi trademark di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Kegunaan Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kandungan Zatnya

Sirup hasil olahan dari buah markisa ini menjadi salah satu minuman favorit menjelang berbuka puasa, berkumpul bersama keluarga, atau merayakan hari-hari besar umat beragama.

Selain berbentuk sirup, markisa asli dari buahnya juga diolah menjadi berbagai penganan yang memanjakan lidah anda. Buah Markisa dibedakan menjadi buah markisa ungu dan kuning.

14 Manfaat Buah Markisa yang Jarang Diketahui Banyak Orang

manfaat buah markisa
Buah markisa kuning Berbentuk lebih besar dari buah markisa pada umumnya. Mempunyai kulit buah berwarna kuning cerah apabila sudah memasuki fase matang. Buah ini merupakan hasil variasi dari buah markisa umum yang berwarna ungu.

Sementara buah markisa ungu berbentuk bulat telur agak kecil atau bulat penuh. Mempunyai garis tengah sepanjang badannya sekitar 5-6 centimeter. Berikut manfaat buah markisa kuning dan ungu bagi kesehatan anda:

1.Segelas jus markisa membuat tidur anda lebih pulas

Bagi penderita insomnia, disarankan untuk meminum segelas jus markisa sebelum tidur. Hal ini dikarenakan jus markisa memiliki efek menenangkan saraf-saraf yang tegang. Bagi anda yang sering bekerja lembur dan banyak tekanan. Sering-seringlah mengonsumsi jus markisa untuk merilekskan pikiran anda.

2. Bermanfaat menurunkan berat badan

Hal ini karena kalori yang terkandung dalam buah markisa hanya sedikit sekitar 97 kalori per 100 gram.

3.Buah markisa bermanfaat menurunkan kolesterol dan mempercepat pemulihan tubuh

Hal ini dikarenakan markisa kaya akan gula alami dan karbohidrat sehingga mempunyai efek menurunkan kolesterol dan memulihkan tenaga tubuh yang hilang.

Baca Juga  Manfaat Buah Okra yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

4. Bermanfaat menyembuhkan luka serta mencegah infeksi

Kandungan vitamin c dan antioksidan di dalam buah markisa. Menunjang untuk mencegah tubuh terhindar dari radikal bebas, paparan infeksi dan bagi anda yang sering luka-luka. Atau anak anda yang sering bermain dan kemudian luka. Buah markisa bermanfaat untuk menyembuhkan lukanya.

5. Bermanfaat mengurangi intensitas serangan asma

Bagi anda penderita asma. Manfaat ini perlu anda coba. Karena buah markisa memiliki vitamin C yang sangat berperan dalam menghadang histamin penyebab serangan asma.

6.Bermanfaat untuk kelancaran pencernaan anda

Kandungan serta buah markisa yang tinggi akan memperlancar saluran cerna anda. Sehingga membuat anda terhindar dari penyakit sembelit atau konstipasi. Serta kadang-kadang buah markisa dijadikan obat pencahar.

manfaat buah markisa

7. Melindungi tubuh dari serangan jantung, kanker dan penyakit kronis

Hal ini karena adanya kandungan polifenol dalam buah markisa yang berpotensi mencegah paparan penyakit kronis.

8. Bermanfaat dalam mencegah penuaan dini di kulit

Bagi anda yang merasa kulit cepat keriput dan merasa kelihatan lebih tua. Maka kandungan vitamin C, beta karoten dan antioksidan di dalam buah markisa bermanfaat mencegah penunaan dini pada kulit anda.

9. Memperkuat kekebalan tubuh

Antioksidan yang terdapat di dalam buah markisa bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh.

Baca Juga  Tidak Sekedar Tanaman Liar, Inilah Manfaat Enceng Gondok

10.Buah markisa merupakan sumber nutrisi yang baik

Hal ini karena dalam setiap 100 gram daging buah markisa. Mengandung vitamin C, vitamin A dan juga kalium. Nutrisi-nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terutama kulit dan mata.

11. Mengontrol tekanan darah

Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang ada dalam buah markisa berperan sebagai vasolidator. Fungsi vasilidator ini kalium akan menenangkan pembuluh darah, memperlancar saluran darah, serta menjadi pengatur gerakan membran dalam aliran darah.

12. Mengandung zat besi yang berfungsi menjaga kesehatan anda

Zat besi sangat dibutukan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Sehingga mengonsumsi satu cangkir buah markisa, anda bisa mengonsumsi 4 miligram zat besi.

13. Mengandung asam folat yang berguna bagi pertumbuhan janin dan bayi

Bagi anda ibu hamil dan menyusui, mengonsumsi buah markisa secara teratur akan mendapatkan asam folat yang cukup untuk pertumbuhan anak anda.

14. Bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi

Kandungan beta karoten yang ada dalam buah markisa bermanfaat dalam menumbuhkan tulang, gigi, serta memperbaiki jaringan yang rusak. Serta menurunkan risiko terkena penyakit athritis, parkinson dan depresi.

Baca Juga  Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Makanan

Karena sangat banyaknya manfaat buah markisa. Anda bisa mulai menjadikan markisa sebagai sajian buah makan siang. Atau menjadi jus pendamping makan. Simpan buah markisa di dalam kulkas karena jika terlalu lama di luar. Markisa akan membusuk dan kehilangan manfaat yang bisa dioptimalkan untuk kesehatan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *