kuliah di jerman
Biaya Kuliah Di Jerman dan Syarat Kuliah Di Jerman
September 25, 2018
susu formula bayi yang mendekati asi
6 Susu Formula Bayi Yang Mendekati ASI Untuk Si Kecil
September 26, 2018

Manfaat Buah Okra yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah okra

Manfaat Buah Okra – Halo, sahabat sehat! Sudahkan Anda kenal dengan buah okra yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh? Anda mungkin pernah mendengar buah ini dengan sebutan lain, yaitu “jari wanita” atau pun “bamia”.

Apa pun sebutannya, yang pasti itu merujuk pada buah yang memiliki bentuk menyerupai oyong, namun lebih kecil dan hanya memiliki panjang sekitar satu jengkal tangan orang dewasa.

Baca Juga  Manfaat Okra Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Meskipun dalam anatomi tumbuhannya termasuk ke dalam buah, namun buah okra adalah salah satu sayur-sayuran. Cara konsumsinya pun tidak bisa langsung atau artinya perlu pemasakan terlebih dahulu. Pada awalnya, tanaman okra berasal dari Afrika dan kini menyebar ke seluruh daerah tropis.

Sayangnya, di Indonesia tanaman ini kurang diminati pembudidaya. Walau demikian, bukan berarti okra tidak tersedia di pasar bahan makanan Indonesia. Beberapa mini market kini sudah mulai menyediakan buah okra di meja khusus sayuran.

manfaat buah okra
Manfaat Buah Okra yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda bahwa ternyata di banyak negara seperti Filipina dan Arab Saudi, okra banyak dikonsumsi karena dipertimbangkan kandungan nutrisinya.

Menurut uji laboratorium, kandungan nutrisi buah okra ini memang sangatlah banyak. Secara singkat, setidaknya buah okra mengandung enrgi, karbohidrat, protein, lemak, serat, folat, niacin, asam pantotenat, pyridoxin, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin, C, vitamin E, vitamin K, sodium, potasium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, seng, beta karoten, beta crypto xantamin, dan lutein zeaxanthin.

Dari kandungan yang familiar maupun yang masih asing di telinga kita itu, buah okra memiliki beberapa khasiat yang dipercaya akan berefek sangat positif bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah okra.

1. Manfaat buah okra yang pertama adalah sebagai penurun berat badan

Buah okra atau bamia diketahui sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki kadar kalori rendah. Dalam uji laboratorium, dalam 100 gram buah okra mengandung hanya 30 kalori. Tambah baiknya, di dalamnya tidak terdapat lemak jenuh atau pun kolesterol.

Baca Juga  13 Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Oleh karena itu buah okra sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki masalah lemak atau pun kolesterol. Efek yang didapatkan secara nyata adalah turunnya berat badan.

2. Manfaat buah okra yang kedua adalah sebagai pencaga kesehatan pencernaan

Sebagai bahan makanan yang mengandung banyak sekali serat serta vitamin-vitamin, okra atau bamia menjadi pencegah gangguan oencernaan yang sangat baik. Masalah pencernaan seperti sembelit pun dapat dengan mudah ditangani.

3. Manfaaat buah okra yang ketiga adalah sebagai pelindung paru-paru

Diketahui bahwa di dalam buah okra mengandung senyawa flavanoid yang berfungsi penting sebagai antioksidan. Hal itu menjadi tambah baik dengan didukung kandungan beta karoten, xhantin, dan lutein untuk menjaga kesehatan paru-paru.

4. Manfaat buah okra yang keempat adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan mata.

Seperti paagraf sebelumnya, telah disebutkan bahwa buah okra memiliki kandungan vitamin A dan E. Jumlah kandungan vitamin ini tidak tanggung-tanggung. Dalam satu buah okra, 12 persennya adalah vitamin A dan 2.5 persenya adalah vitamin E.

Kandungan tersebut sangat cukup untuk menjaga kebutuhan tubuh. Selain itu, terdapat juga vitamin K yang kadarnya sangat tinggi, yaitu 44%. Hal tersebut sangat berguna dalam menjaga kulit dari luka. Luka menjadi cepat kering dan tidak mudah berbekas.

5. Manfaat buah okra yang selanjutnya adalah untuk mencegah kanker rongga mulut

Antioksidan yang terkandung dalam buah okra disinyalir sebagai kandungan antioksidan yang paling ampuh untuk mencegah sel kanker tumbuh pada rongga mulut.

6. Manfaat buah okra sebagai pencegah kecacatan janin

Bagi ibu hamil, kandungan folat sangat dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan janin. Nah, buah okra menjawabnya dengan baik. Dalam 100 gram buah okra, setidaknya mengandung asam folat sebanyak 22 %.

manfaat buah okra

7. Manfaat buah okra untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium pada buah okra sangat bagi untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak. Hal tersebut juga membuat tulang tidak mudah keropos pada orang tua. selain itu, kandungan vitamin K yang akan menjaga baiknya pembekuan darah terhadap luka juga memiliki efek positif sebagai penunjang penjaga tulang.

8. Manfaat buah okra untuk penderita diabetes

Salah satu perhatian penting pada buah okra adalah faktanya yang dapat menurunkan kandungan gula darah pada penderita diabetes. Buah okra dapat mengurangi penyerapan gula karena memiliki indeks glikemik rendah, yaitu sekitar 20.

Baca Juga  Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Namun, untuk mendapatkan manfaat optimalnya tanpa efek samping, usahakan mengkonsumsi buah okra tidak bersamaan bahan makanan yang mengandung metforin karena hal tersebut justru dapat menambah kadar gula dalam tubuh

Nah, sahabat, itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai buah kaya manfaat yaitu buah okra. Manfaat mengkonsumsi buah okra yang kami rangkum belumlah seberapa dibandingkan penelitian yang hingga kini masih berlanjut. Nah, untu Anda yang penasaran dengan buah yang dijadikan sayuran ini dapat mencoba langsung dan menemukan khasiatnya. Tetap jaga kesehatan, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *