Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan
September 19, 2018
Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya
September 19, 2018

Manfaat Bunga Rosella untuk Penyakit Ringan hingga Serius

Manfaat Bunga Rosella – Tahukah kamu tentang tanaman rosella? Tanaman yang cantik sebagai penghias halaman rumah ini memiliki manfaat yang terletak pada bunganya. Hal itu tidak salah, karena pada dasarnya tanaman rosella memang tanaman herbal dan bukan tanaman hias. Apa saja manfaat bunga rosella?

Dilihat dari warnanya, bunga pada tanaman yang bernama latin hibiscus sabdariffa ini memiliki banyak sekali jenis, mulai dari rosella merah, kuning, putih, hingga warna persik. Namun, yang kerap ditemui di Indonesia adalah tanaman rosella berbunga merah. Terlepas dari warna bunganya itu, rosella memiliki sebutan yang bermacam-macam seperti bunga paya, asam kumbang, asam susur, atau rosela.

Tanaman ini berasal dari Afrika. Di tanah asalnya, bunga rosella dijadikan selai atau jeli. Hal tersebut karena pada kelopak bunga rosella terkandung serat yang cukup tinggi. Beda halnya dengan penduduk Jamaika yang mengolah bunga rosella sebagai salah buah yang dimakan secara mentah. Di Mesir, bunga rosella dijadikan minuman yang akan disajikan hangat pada musim dingin dan sebaliknya pada musim panas. Ada lagi masyarakat Sudan yang menyantapnya sehari-hari dengan bumbu merica, garam, dan air tebu.

Dunia mengenal Cina dan Thailand sebagai penghasil bunga rosella yang dikirim ke seluruh dunia. Walaupun demikian, produk bunga rosella dari Sudan adalah yang paling unggul secara kandungan. Sementara itu, di Indonesia, kini juga mulai banyak pembudidaya tanaman rosella untuk diambil bagian bunganya. Bunga tersebut akan dikeringkan dan dijadikan teh.

Di Indonesia, teh rosella hanya dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh bisa, namun di Afrika sana minuman yang terbuat dari rosella kerap dijadikan sebagai obat penetralisir alkohol yang menyebabkan mabuk. Selain itu, layaknya gula jagung, bunga rosella adalah cara untuk mengontrol gula pada penderita diabetes. Lain halnya dengan India, tepatnya di daerah Delta Sungai Gangga, rosella banyak ditanam untuk diolah sebagai serat nabati yang diproduksi dan dinikmati masyarakat lokal. Di sana, bunga rosella disebut mesta.

Di berbagai dunia, penamaan bunga rosella sangat berbeda-beda. Bahkan mengenai anatomi dalam tanaman rosella pun berbeda nama. Di Indonesia, bagian merasa yang biasa diolah pada tanaman rosella disebut sebagai bunga. Namun di Australia disebut sebagai buah. Hal tersebut karena bentuk bunga tanaman ini sangatlah berbeda dari bunga biasanya. Bunga rosella memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi ketimbang daunnya. Bahkan, teksturnya justru menyerupai buah.

Baca Juga  Guaifenesin Adalah Untuk Mengecerkan dan Melembutkan Lendir

Bunga rosella mengandung banyak air dan vitamin C, sehingga apabila dimakan langsung akan terasa asam. Karena rasa asamnya itulah bunga ini disebut sebagai sour tea. Namun sebaiknya bunga rosella diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal tersebut karena bunga rosella memiliki bulu-bulu halus di bagian kulit bunganya. Jika tidak berhati-hati, Anda bisa terserang alergi ataupun gatal pada tenggorokan.

Meskipun demikian, rupanya bunga rosella memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan fruit acid di dalam bunga rosella dapat dijadikan sebagai pembersih atau pencahar perut. Selain itu, kandungan lainnya disebut-sebut dapat menurunkan demam, menurunkan tekanan darah, mengurangi kejang pada perut, serta merilekskan usus dan rahim. Dalam pengolahan yang higenis, manfaat bunga rosella yang akan kita dapat adalah sebagai antibiotik pembunuh bakteri dan cacing.

Selain itu, bunga rosella sering digunakan dalam pengobatan penyakit jantung dan saraf, nyeri saluran pernapasan bagian atas, retensi cairan, iritasi lambung, mengencerkan dahak, sebagai diuretik yang meningkatkan pembuangan urine, dan menciptakan efek kemopreventif yang mencegah sel tumor tumbuh dan berkembang dengan sifat anti inflamasinya.

Dalam satu kelopak bunga rosella, setidaknya terdapat zat-zat berkhasiat seperti vitamin C, vitamin A, protein asensial, kalsium, arginia, legnin, dan 18 jenis asam amino lainnya. Kandungan tersebut dapat bertambah jika bunga rosella diubah ke dalam olah lain seperti teh atau ekstrak. Dalam ekstrak bunga rosella, terkandung antibiotik yang mencegah penyakit ringan, aprodisiak yang meningkatkan gairah seks, diuritik yang melancarkan buang air kecil, hingga zat sedatif yang berguna sebagai obat penenang alami. Bahkan penelitian di Taiwan membuktikan bahwa rosella dapat dijadikan sebagai obat jantung.


Sifat zat di dalam bunga rosella juga dipercaya sangat berguna untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Ekstrak bunga rosella memiliki efek terhadap metabolisme tubuh manusia sehingga juga dapat mencegah obesitas dan menghalau penumpukan lemak dalam hati. Di beberapa kasus, bunga rosella juga dijadikan sebagai campuran untuk obat pembasmi kutu rambut.
Itu tadi adalah manfaat bunga rosella dalam penyakit-penyakit ringan. Namun, rupanya bunga rosella memiliki khasiat yang cukup dahsyat sehingga dapat mengobati penyakit serius. Beberapa manfaat bunga rosella yang lainnya untuk mengobati penyakit serius adalah sebagai berikut.

1. Manfaat bunga rosella sebagai obat kanker
Menurut penelitian, bunga pada tanaman rosella telah menunjukan adanya pontensi untuk pengobatan penyakit kanker. Dalam penelitian tersebut membuktikan bahwa di dalam bunga rosella mengandung anthocyanin yang bersifat antikanker.

Baca Juga  4 Cara Memerahkan Bibir Dengan Madu, Good Bye Bibir Hitam

Ada beberapa catatan bagi kaum ibu. Khususnya pada kaum ibu yang sedang mengandung dan menyusui.
Meskipun sangat berguna untuk menurunkan hipertensi, efek bunga rosella juga mengenai penderita penderita darah rendah. Untuk itu bagi Anda yang mengalami tekanan darah rendah agar berhati-hati dalam mengkonsumsi bunga rosella.

Bagi seseorang yang akan menjalani operasi, teh rosella menjadi bahan makanan yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan yang mempengaruhi kadar gula dalam tubuh sehingga nantinya dikhawatirkan akan mengganggu pengontrolan gula darah pada selama atau setelah proses operasi. Pasien operasi disarankan untuk tidak berhubungan dengan minuman atau segala olahan dari bunga rosella setidaknya dua minggu setelah operasi dan dua minggu sebelum operasi.

Nah, sahabat, dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa bunga rosella adalah hasil tanaman yang sangat bermanfaat. Namun, hal tersebut harus diimbangi pemahaman tentang bagaimana kondisi tubuh kita. Jangan sampai dengan harapan menyembuhkan satu penyakit, justru penyakit lain muncul. Sahabat, selalu kenali aa yang Anda konsumsi, ya!

2. Manfaat bunga rosella untuk pengobatan hipertensi dan hiperlipidemia.
Penyakit yang kerap ditemui dan belum terdapat obat yang efektif adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bunga rosella memberi harapan untuk itu. menurut penelitian, manfaat bunga rosella adalah sebagai pemicu turunnya tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik pada orang usia dewasa. Hal tersebut tentu terjadi pada hipertensi ringan atau pada penderita diabetes tipe 2.

Mengkonsumsi teh rosella secara rutin juga baik untuk memberi pengaruh pada lipid dan menurunkan kolesterol. Pada bagian kelopak bunga rosella, terdapat anthocyanin yang berguna sebagai fitokimia yang bertanggung jawab sebagai antihipertensi dan hipokolesterolemia. Selanjutnya, kandungan polifenol yang terdapat pada fruit acid bunga rosella memiliki fungsi yang sama dengan anthocyanin. Kandungan antioksidannya juga berperan penting dalam penghambatan ateroskleosidan atau faktor yang meningkatkan penyakit kardiovaskular. Sayangnya, penelitian ini belum menemukan dosis yang tepat sehingga efek manfaat bunga rosella bekerja secara maksimal.

Nah sahabat, memang ada baiknya jika ingin mengkonsumsi tanaman herbal terlebih dahulu kita bertanya kepada apoteker atau orang yang lebih berpengalaman. Tetap jaga porsi dan dosis bahan yang kamu konsumsi ya!

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *