cara menghilangkan bekas koreng
Cara Menghilangkan Bekas Koreng Paling Ampuh yang Bisa Dicoba
October 17, 2018
cara memerahkan bibir yang hitam
Jangan Minder, Ini 5 Cara Memerahkan Bibir Yang Hitam Dengan Alami
October 18, 2018

9 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan, Apa Sajakah Itu?

manfaat cuka apel untuk kecantikan

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan – Cuka apel merupakan fermentasi sari buah apel yang menghasilkan antioksidan dan antibakteri. Cuka apel ini sering digunakan untuk memasak dan kesehatan.

Selain banyak digunakan dalam kesehatan ternyata manfaat cuka apel untuk kecantikan juga populer belakangan ini.

Manfaat cuka apel untuk kecantikan telah banyak dibuktikan hingga produk ini menjadi booming di kalangan beauty blogger dan vlogger.

Banyak beauty blogger dan beauty vlogger yang me-review dan merekomendasikan cuka apel ini untuk kecantikan.

manfaat cuka apel untuk kecantikan
9 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan, Apa Sajakah Itu?

Apa saja manfaat cuka apel untuk kecantikan? Simak ulasannya lengkanya berikut ini.

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat seringkali menjadi masalah, karena jerawat ini dapat mengacaukan penampilan. Bahkan sebagian besar orang yang memiliki masalah jerawat menjadi kurang percaya diri saat tampil di depan umum.

Cuka apel bersifat antibakteri dan antijamur sehingga manfaat cuka apel untuk kecantikan ini sering dijadikan sebagai toner salah satunya untuk mengatasi jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan cuka apel ini dengan mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1 : 2.

Kemudian celupkan bola kapas pada air campuran tadi dan tempelkan pada jerawat untuk mempercepat jerawat mengempes. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan proses toner secara rutin.

2. Mengatasi kulit kering

Kulit yang kering dan sensitif bisa disebabkan karena kadar pH pada kulit terlalu basa. Manfaat cuka apel ini dapat mengatasi kulit kering. Kandungan asam pada cuka apel mampu menyeimbangkan kadar pH sehingga kulit menjadi tidak kering.

3. Mengangkat Sel – Sel Kulit Mati Pada Wajah

Kandungan bahan aktif Alha Hydroxy Acid atau AHA yang terdapat pada cuka apel membuat cuka apel dapat mengangkat sel – sel kulit mati. Fungsi cuka apel tersebut menjadikan toner cuka apel ampuh sebagai exfoliating toner.

4. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

AHA yang terkandung dalam cuka apel ini selain dapat mengangkat sel kulit mati ternyata juga dapat mempercepat pembentukan sel – sel kulit yang baru. Manfaat cuka apel untuk kecantikan ini dapat memudarkan dan menghilangkan noda – noda hitam bekas jerawat.

5. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

pH (potential hydrogen) merupakan ukuran yang digunakan untuk mengukur kadar keasaman. pH kulit berpengaruh besar pada kesehatan kulit. Beberapa masalah kulit yang bisa timbul akibat tidak seimbangnya kadar pH pada kulit wajah yaitu kulit menjadi mudah berjerawat, sensitif, kulit terlalu kering, muncul kerutan di sekitar mata hingga dapat menimbulkan peradangan.

Salah satu manfaat cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga menjadikan kulit terbebas dari masalah – masalah seperti masalah jerawat kulit kusam, kerut di area sekitar mata serta masalah kulit lainnya.

Baca Juga  Kegunaan Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kandungan Zatnya

6. Sebagai Anti Aging

Munculnya garis – garis halus, kerutan serta bintik – bintik hitam pada wajah merupakan tanda – tanda penuaan dini. Manfaat cuka apel untuk kecantikan dapat mengatasi masalah tersebut karena cuka apel mengandung sulfur yang berguna untuk melawan tanda – tanda penuaan dini.

Itu sebabnya cuka apel dapat digunakan sebagai anti aging yang berfungsi mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya garis – garis halus dan keriput pada wajah.

manfaat cuka apel untuk kecantikan

7. Meminimalisir Efek Sunburn

Sering melakukan aktivitas di luar rumah tentunya membuat kulit menjadi sering terpapar sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar atau sunburn. Manfaat cuka apel untuk kecantikan salah satunya dapat meminimalisir efek sunburn.

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu mengisi botol semprot dengan cuka apel yang dicampur air lalu menyemprotkannya pada kulit yang terbakar matahari.

8. Mengatasi selulit

Jika kamu memiliki selulit di tubuhmu, kamu bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasi selulit tersebut. Manfaat cuka apel untuk kecantikan ini diperoleh dari kandungan mineral, kalium dan magnesium yang ada di dalam cuka apel.

Caranya, campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1 : 2. Lalu tambahkan madu secukupnya. Oleskan cuka apel ini pada area tubuh yang ada selulitnya.

9. Mendetoksifikasi kulit wajah

Penggunaan berbagai kosmetik yang mengandung berbagai bahan kimia dalam jangka panjang akan berdampak buruk pada kesehatan kulit. Cuka apel mampu mengeluarkan racun – racun di dalam kulit wajahmu. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam cuka apel ini mampu menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi di sekitarmu.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *