Jangan Dibuang, Ini Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang
September 14, 2018
urutan pemakaian acnes treatment series
Urutan Pemakaian Acnes Treatment Series Untuk Wajah
September 15, 2018

11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Beluntas – Daun beluntas sudah banyak dikenal di beberapa daerah di Indonesia. Penyebutan daun beluntas antara satu daerah dengan daerah lain berbeda beda. Misalnya di Jawa Barat atau Sunda disebut baluntas atau baruntas, di Jawa disebut luntas, di daerah Timor disebut Lenabou, di Makassar di sebut lamutasa dan sebagainya. Sedangkan nama latin daun beluntas adalah pluchea indica.

Daun beluntas berbentuk oval dengan ujung yang meruncing dan tepi daun yang bergerigi. Daun beluntas memiliki tangkai yang pendek dan tumbuh berselang – seling pada batang tanaman. Ciri dan tekstur daun beluntas khas dengan rasanya yang getir.

Baca Juga  15 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Bagian batangnya memiliki cabang yang rimbun, sehingga di daerah pedesaan tanaman ini biasanya dijadikan tanaman pagar. Tanaman beluntas dapat tumbuh liar dan jika dibiarkan tinggi tanaman ini bisa mencapai 3 meter.

11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

manfaat daun beluntas
Daun beluntas mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan asam amino. Terkandung juga mineral penting seperti kalsium, zat fosfor, magnesium dan natrium. Selain itu, terdapat senyawa flavonoid, tannin, alkaaloida dan minyak atsiri.

Daun beluntas biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran maupun lalapan. Namun karena daun ini memiliki efek farmakologis dan bersifat antibakteri membuat daun beluntas dapat digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Pada zaman dahulu orang – orang menggunakan daun beluntas sebagai obat tradisional.

Di Kalimantan daun beluntas ini banyak tumbuh dan terkenal dalam pengobatan suku Dayak dan beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi menggunakan manfaat daun beluntas yaitu :

1. Menghilangkan bau badan

Deodorant digunakan untuk mengatasi bau badan dari luar dan biasanya hanya bertahan beberapa jam saja. Jika Anda ingin mengatasi bau badan dari dalam, Anda dapat memanfaatkan daun beluntas. Dengan minum daun beluntas secara rutin dan menjaga kebersihan tubuh akan mampu mengatasi bau badan tak sedap.

2. Mengatasi nyeri pinggang

Penderita nyeri pinggang merasakan sakit hingga terkadang tidak sanggup bergerak. Manfaat daun beluntas dapat mengatasi nyeri pinggang dengan cara meminum air rebusan atau mengonsumsi daun beluntas yang telah diolah menjadi masakan.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

3. Mengatasi rematik

Penyakit rematik biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian lutut dan tumit. Umumnya rasa sakit tersebut dirasakan pada pagi hari, malam ataupun saat udara dingin. Risiko terkena penyakit rematik semakin besar pada orang yang berusia lanjut. Manfaat daun beluntas mampu mencegah dan mengatasi penyakit rematik.

4. Mengatasi perut kembung

Perut kembung bisa disebabkan karena gas yang terjebak di dalam lambung. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan daun beluntas dengan cara merebus segenggam daun beluntas dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air mendidih kemudian angkat. Minumlah setelah airnya menjadi hangat.

5. Mengatasi nyeri haid

Nyeri haid akan terasa sangat menyiksa bagi sebagian wanita. Salah satu manfaat daun beluntas adalah untuk mengatasi nyeri haid dengan cara meminum air rebusan daun beluntas.

6. Mengatasi masalah keputihan

Keputihan dapat terjadi sebelum menstruasi ataupun setelahnya. Manfaat daun beluntas dipercaya dapat mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi keputihan, rebuslah 20 lembar daun beluntas dan akar tanaman tapak liman bersama 2 gelas air. Tunggu hingga air mendidih kemudian biarkan sampai air tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut pada pagi dan malam hari.

manfaat daun beluntas

7. Meredakan pegal linu

Daun beluntas berguna untuk meredakan rasa pegal dan capek. Cara penggunaannya dengan minum air rebusan daun beluntas sebanyak 3 kali sehari.

8. Mengobati malaria

Penyakit malaria mempunyai gejala seperti demam, mudah lelah, sakit kepala dan muntah. Manfaat dari daun beluntas ini dapat digunakan untuk mengobati malaria dengan menjadikannya rempah – rempah.

9. Merelaksasi tubuh

Daun beluntas berguna untuk merelaksasi tubuh. Dengan menjadikan daun beluntas sebagai bahan untuk berendam. Aroma daun beluntas dapat menenangkan pikiran.

10. Membantu menyembuhkan penyakit kanker

Penyebab penyakit kanker beragam diantaranya kontaminasi bahan kimia berbahaya, faktor genetik, radiasi ultraviolet yang berlebihan, pola hidup tidak sehat, obesitas, infeksi virus dan lainnya. Sel kanker cepat berkembang sehingga pengobatan kanker menjadi cukup rumit.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

Pengobatan herbal bisa dilakukan namun membutuhkan kesabaran dalam pengobatannya. Daun beluntas memiliki kandungan yang dapat mebantu melawan kanker. Beberapa senyawa yang berperan dalam melawan kanker yaitu flavonoid, fenol dan minyak atsiri. Senyawa tersebut bersifat antibakteri dan dapat menangkal radikal bebas. Umumnya daun beluntas banyak dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan penyakit kanker serviks dan kanker kolon.

11. Mengobati TBC pada kelenjar leher

Penyakit TBC tidak hanya menyerang organ paru – paru saja melainkan juga dapat menyerang kelenjar getah bening di leher. Manfaat dari daun beluntas dapat mengobati TBC kelenjar getah bening di leher, dengan menggunakan ramuan yang terdiri dari daun beluntas, rumput laut dan gelatin dari kulit sapi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *