olahraga mengecilkan lengan
5 Olahraga Mengecilkan Lengan Paling Cepat yang Bisa Dicoba Dirumah
August 23, 2018
10 Cara Mengusir Tikus Curut yang Bandel Secara Alami
August 24, 2018

8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

manfaat daun binahong merah

Manfaat Daun Binahong Merah – Daun Binahong atau Gondola adalah salah satu tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan termasuk dalam ratusan bahan obat herbal di Indonesia, dan tidak hanya di Indonesia beberaoa negara di dunia juga meyakini daun binahon sebagai daun yang banyak khasiat dalam pengobatan banyak penyakit.

Daun binahong adalah tumbuhan yang menjalar, dan bisa tumbuh didaerah manapun walau paling subur tumbuh didaerah dengan curah hujan yang lebih tinggi. Daun binahong bentuknya seperti hati/love, sehingga di Ingris daun binahon dinamai dengan Heartleaf maderavine madevine. Untuk ukuran daun binahong kurang lebih 3 – 7 cm

Baca Juga  22 Manfaat Rebusan daun sirsak dan Kegunaan Daun Sirsak

Tidak hanya daun, tanaman binahong ternyata sangat bermanfaat secara keseluruhan dari daun, batang hingga akarnya. Namun yang akan kita bahas disini adalah manfaat daun binahong.

manfaat daun binahong merah

8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

Tahukah Anda bahwa ternyata daun binahong dapat digunakan sebagai pengobatan dari dalam dan juga pengobatan dari luar? Untuk lebih jelasnya, simak 8 manfaat daun binahong yang wajib anda ketahui berikut ini:

1. Menyembuhkan Memar & Luka Bakar

Memar akibat akibat jatuh atau terpukul benda tumpul bisa disembuhkan dengan manfaat daun binahong merah.

Karena kandungan protein yang ada pada binahong dapat mempercepat penyembuhan luka atau memar pada kulit.

Caranya cukup mudah yaitu, tumbuk daun binahong lalu letakkan diatas kulit yang memar atau luka bakar. Lakukan sesering mungkin untuk pengobatan yang lebih maksimal.

2. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi jika tidak ditangani dengan baik bisa berakibat fatal, hipertensi, dan juga berpotensi menjadi stroke.

Namun, manfaat daun binahong merah bisa menjadi solusi dari pengobatan kolesterol, caranya cukup dengan merebus daun binahong tentunya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Rebus hingga mendidih, kemudia dinginkan, dan sudah siap untuk di konsumsi.

Dan ramuan yang terbuat dari daun ini ternyata bisa diminum setiap hari dan tidak menimblkan efek buruk bagi tubuh.

3. Sesak Nafas

Sesak nafas bisa dikarenakan asma, atau mungkin karena flu atau ada penyumbatan pada pernafasan sehingga oksigen tidak bisa masuk dan keluar secara normal.

Dengan mengonsumsi daun binahong secara rutin, bisa mengurangi bahkan menyembuhkan keluahan sesak nafas anda.

Caranya dengan merebus daun binahong hingga mendidih, dinginkan, lalu konsumsi setiap harinya.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

daun binahong merah

4. Diabetes

Kandungan saponin dan kandungan alkaloid yang ada pada daun binahong sangat berperan aktif dalam menetralkan kandungan gula pada darah atau diabetes.

Caranya, dengan merebus daun binahong hingga mendidih, dan mengonsumsinya setelah dingin. Minum setiap hari jika kadar gula anda sudah terlalu tinggi.

5. Melancarkan Haid

Untuk anda yang haidnya tidak lancer atau juga tidak teratur, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun binahong, karen sangat berkahsiat untuk melancarkan haid, dan bisa juga untuk mengurangi nyeri saat haid.

Mengonsumsi daun binahong saat haid tidak bermasalah karena tidak ada efek sampingnya, jadi tidak perlu kwatir. Bisa diminum saat air rebusan daun binahon masih hangat, jadi perut terasa lebih nyaman dan mengurangi nyeri haid.

6. Maagh

Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur akibatnya adalah maagh, penyakit maagh saat tidak nyaman saat anda lapar ataupun kenyang. Bisa jadi ada luka dalam pencernaan anda, sehingga kandungan antioksidan yang ada pada binahong yang berkhasiat menyembuhkan penyakit maagh.

Caranya, rebus daun binahong yang sudah dibersihkan terlebih dahulu hingga mendidih, dinginkan dan konsumsi secara teratur setiap harinya.

7. Mengobati Jerawat

Kandungan antioksidan yang ada pada manfaat daun binahong merah ternyata sangat bermanfaat dalam penyembuhan jerawat, bahkan jerawat dengan tingkat keparahan yang tinggi.

Daun binahong bisa diolah menjadi seperti masker, caranya bersihkan daun binahong, tumbuh hingga halus, kemudian aplikasikan di kulit yang ditumbuhi jerawat. Mungkin akan terasa pedih untu jerawat ang sudah luka, tetapi tidak masalah karena akan memepercepat pengeringan luka jerawat dan juga menyembuhkan jerawat.

Maskeran dengan daun binahong setiap hari akan berdampak lebih cepat untuk penyembuhan jerawat anda.

Baca Juga  Inilah 6 Efek Samping Daun Kelor yang Perlu Diantisipasi

8. Penyakit Paru-paru

Penyakit paru-paru jika tidak ditangani dengan baik akan membuat sistem imun penderitanya semakin rendah, sehingga semakin lemah pula untuk melawan virus. Daun binahong, memiliki kandungan antioksidan yaitu kandungan berfungsi untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh, dan juga kandungan antiseptik yang bisa menyembuhkan paru-paru.

Setelah diteliti oleh para pakar kesehatan, penderita penyakit paru-paru yang mengonsumsi daun binahong, perkembangan kesehatannya cukup pesat.

Caranya cukup dengan meminih air rebusan dari daun binahong. Untuk beberapa penderita paru-paru, air rebusan daun binahong digunakan sebagai pengganti air mineral. Sehingga takaran untuk daun binahong setiap harinya dikonsumsi cukup banyak, dan tidak ada efek samping negatifnya pada tubuh penderita.

Sekian untuk 8 manfaat daun binahong merah yang wajib anda ketahui, dan sebai informasi tambahan saat ini ekstrak daun binahong sudah bisa didapatkan dalam bentuk kapsul. Jadi jika didaerah anda daun binahong sulit untuk ditemukan, anda bisa mengonsumsi dalam bentuk kapsul.

Tetapi untuk anda penderita penyakit berat seperti paru-paru, maagh kronis, dll konsumsilah ekstrak daun binahong sesuai resep dokter. Untuk daun binahong kapsul dapat anda dapatkan di toko obat atau apotik dan juga di online shop kepercayaan anda. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *