penyebab rambut rontok parah
5 Penyebab Rambut Rontok Parah Dan Cara Mudah Mencegahnya
November 3, 2018
penyebab batuk berdahak
Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC
November 3, 2018

9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

manfaat daun katuk

Manfaat Daun Katuk – Tanaman Katuk atau yang lebih sering disebut Daun Katuk adalah tanaman tropis yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan sayuran, terutama pada bagian daunnya. Tanaman Daun Katuk memiliki nama latin Sauropus adrogynus dan termasuk ke dalam keluarga Euphorbiaceae.

Selain hanya digunakan sebagai sumber makanan yang nikmat diolah, salah satu manfaat Daun Katuk yang cukup populer adalah kemampuannya untuk memacu kelenjar susu dan menghasilkan ASI bagi perempuan.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa zat dan senyawa yang telah diketahui terkandung dalam Tanaman Katuk, terutama pada bagian daunnya adalah protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin, B, vitamin C, metil pyrrolidinone, dan p-dodecylphenol pyroglutamate.

Sebagai tanaman berdaun hijau kaya klorofil, Tanaman Katuk juga mengandung bahan seperti energi, karbon, serat, abu, kalsium, karoten, dan tentu saja air. Tambah lagi, sebagai tanaman tropis yang memiliki kandungan klorofil tinggi, daun katuk mengandung sejumlah besar jenis antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan sangat penting untuk menangkal radikal bebas.


Luar Biasa, Inilah 9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil

Selain mencegah radikal bebas yang dapat mengganggu kekebalan tubuh, manfaat Daun Katuk lainnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Kurang Darah Merah atau Penyakit Anemia

Tanaman Daun katuk ternyata dapat sangat cepat mengatasi anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah. Berkenaan dengan darah juga, manfaat daun katuk yang lain adalah mampu untuk menyembuhkan bisul yang mengindikasikan mampu menghilangkan darah kotor. Kandungan tanaman ini juga disebut-sebut dapat menghambat munculnya penyakit pembuluh darah kronis.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Seperti yang kita sebut di awal, antioksidan dari daun katuk dapat berperan dalam mengusir penyakit. Beberapa penyakit ringan yang disebabkan oleh virus atau bakteri, seperti flu dan demam.

Antioksidan tersebut makin lengkap dengan kandungan vitamin Tanaman Katuk yang ternyata lebih besar daripapda jeruk dan jambu biji. Kandungan ini akan berperan penting dalam meningkatkan efektifitas penyerapan di saluran pencernaan, mencegah kelelahan, menyembuhkan luka, dan meningkatkan fungsi otak.

3. Menjaga Kesehatan Organ Mata

Anda percaya bahwa daun katuk mampu mencegah penyakit mata? Kenyataannya memang begitu. Kandungan tanaman ini akan meningkatkan pertumbuhan sel dan menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut berkat tingginya kandungan vitamin A pada daun kecil tanaman katuk.

Baca Juga  Manfaat VCO untuk Wajah Terawat Bebas Jerawat Dengan Kulit Sehat

4. Menjaga Vitalitas Pria

Anggapan selama ini bahwa daun katuk identik dengan perempuan rupanya sedikit keliru. Ternyata, manfaat katuk dapat dirasakan juga untuk pria. Dipercaya dan penelitian telah membuktikan bahwa daun katuk dapat meningkatkan vitalitas seksual dan meningkatkan kualitas serta jumlah sperma. Hal tersebut karena daun katuk kaya akan phytochemical.

5. Merawat Tulang

Mempertahankan kepadatan tulang adalah manfaat lain dari daun katuk, sebuah manfaat yang biasanya kita peroleh dari bayam. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan kalsiumnya yang tinggi pada daun katuk. Dengan fakta tersebut, secara tidak langsung daun katuk dipercaya dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Baca Juga  Luar Biasa, Ini 8 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh

6. Mengobati Jaringan Kulit

Selain dimakan, daun tanaman ini dapat digunakan secara langsung. Faktanya, dalam sebuah riset dihasilkan bahwa manfaat daun katuk yang bisa diperoleh tanpa harus memakannya adalah untuk mengobati luka pada kulit manusia.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat daun katuk menjadi ekstrak atau sekedar hanya melembutkannya. Selanjutnya bahan tersebut dapat diterapkan sebagai penutup luka kulit.

Baca Juga  7 Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

7. Memperlancar Air Susu Ibu

Seperti yang telah populer, manfaat tanaman katuk sangat baik bagi wanita yang sedang dalam masa pasca melahirkan atau menyusui. Banyak penelitian memang mengungkapkan bahwa daun katuk dapat meningkatkan galactagogue, prolaktin, dan gen oksitosin pada mamalia menyusui, termasuk juga manusia. Kaitannya adalah, bahwa prolaktin dan oksitosin merupakan dua hormon yang memengaruhi produksi kelenjar susu.

9. Mengobati Penyakit Influenza

Dalam kasus influenza, diketahui ada senyawa yang dapat menangkalnya, yaitu senyawa efedrin. Nah, seywara tersebut adalah salah satu senyawa yang terdapat pada tanaman katuk. Selain berperan dalam penyembuhan influenza, efedrin juga penting dalam penanganan anemia melalui menekan produksi zat besi.

Baca Juga  10 Manfaat Teh Daun Kelor Ini Ternyata Luar Biasa

10. Baik untuk Janin dan Ibu Hamil

Kebaikan daun katuk dikonsumsi perempuan bukan hanya soal air susu, namun juga beberapa hal lainnya. Setidaknya ada tujuh zat di dalam daun katuk yang merangsang pertumbuhan khusus perempuan, seperti hormon-hormon steroid yang meliputi progesteron, estradiol, testosteron, dan glukokortiroid, serta senyawa eicosanoid.

manfaat daun katuk
Awas, Inilah Efek Samping Tanaman Katuk

Ini betul-betul perlu diperhatikan. Selain banyak menawarkan manfaat seperti yang dijelaskan di atas, daun katuk ternyata juga memiliki beberapa efek samping. Apabila dikonsumsi berlebihan, maka akan berdampak negatif pada paru-paru yang bisa saja mengakibatkan bronchiolitis. Oleh sebab itu, ibu juga harus memiliki takaran yang baik supaya hanya mendapat efek baiknya saja dalam mengonsumsi daun katuk.

Hal tersebut karena daun katuk memiliki kandungan papaverina. Papaverina merupakan senyawa alkaloid yang biasanya terkandung juga dalam opium. Intinya, jika konsumsi berlebihan maka akan menyebabkan kemungkinan keracunan dan bahkan kematian pada ibu hamil.

Selain dua efek samping di atas, penelitian lain menyimpulkan bahwa konsumsi daun katuk secara mentah sebanyak 150 mg per hari setidaknya selama dua minggu hingga tujuh bulan akan menyebabkan gejala seperti sesak nafas, kehilangan nafsu makan, dan kesulitan tidur.

Membatasi jumlah konsumsi daun katuk sangat perlu. Baik juga jika daun katuk segar direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, sebab pemanasan pada daun katuk akan menghancurkan sifat anti-protozoa, yang membuat racun di daun katuk dapat menurun. Dengan kata lain, konsumsi daun katuk mentah sangat dilarang bagi ibu kondisi hamil.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya penelitian mengenai “daun katuk yang dimakan sebagai sayuran akan membantu meningkatkan produksi ASI” belum secara resmi dilakukan, sehingga kita belum dapat dipastikan seberapa bahan ini akan memiliki dampak bagi tubuh. Namun, yang pasti daun katuk sudah diketahui mengandung papaverina, yaitu senyawa alkaloid yang umumnya ada di dalam opium.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai daun katuk dan manfaat daun katuk yang ternyata bukan hanya baik bagi wanita hamil. Namun, pada intinya kita memang harus selalu menjaga porsi makan agar kandungan yang diterima tubuh juga tidak berlebihan dan malah menimbulkan efek negatif.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *