khasiat pinang muda
8 Khasiat Pinang Muda Untuk Kesehatan dan Kecantikan
January 3, 2019
manfaat jeruk lemon untuk diet
Manfaat Jeruk Lemon Untuk Diet Sehat dan 7 Alasannya
January 4, 2019

Luar Biasa Inilah 13 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

manfaar daun kenikir

Manfaat Daun Kenikir – Beberapa nama lain daun kenikir yaitu cosmos caudatus dan ulam raja. Daun kenikir memiliki ciri khas berbentuk majemuk menjari. Daun kenikir ini memiliki wangi khas yang semerbak. Dengan aromanya yang menyengat, daun kenikir ampuh mengusir hama dan serangga yang ada di kebun.

Dari zaman dahulu daun kenikir sudah dimanfaatkan sebagai makanan. Kebanyakan masyarakat Melayu dan Jawa sudah lama memanfaatkan daun kenikir sebagai lalapan dan diolah menjadi sayuran. Namun belum banyak orang yang tahu jika khasiat daun kenikir ini bisa dijadikan obat herbal.

Baca Juga  Istimewa, Ini 6 Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak Hingga Wajah

Daun kenikir mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin A, flavonoid, saponin, protein, minyak atsiri dan masih banyak lainnya. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut menjadikan manfaat daun kenikir ini menjadi obat herbal.

manfaar daun kenikir

Manfaat daun kenikir

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui khasiat daun kenikir ini. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Life Science, daun kenikir ini telah digunakan dalam pengobatan China dan dapat membunuh sel – sel kanker payudara.

Penelitian lain dilakukan dua ilmuwan bernama Henry Lai dan Narendra Singh dari University of Washington yang menemukan bahwa ekstrak tanaman kenikir telah digunakan di China untuk melawan penyakit malaria dari ribuan tahun yang lalu.

Beberapa manfaat daun kenikir yang lain yaitu :

1. Mengatasi bau mulut

Di dalam daun kenikir terdapat koniferil alkohol yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa makanan. Senyawa itu mampu membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun kenikir mengandung vitamin A dan vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu terdapat vitamin C yang dapat meningkatkan metabolisme dan juga senawa protein yang membantu pembentukan fagosit.

3. Sebagai penambah nafsu makan

Khasiat daun kenikir dapat berfungsi sebagai penambah nafsu makan. Senyawa kuersetin yang ada di dalam daun kenikir dapat meningkatkan nafsu makan sehingga daun kenikir ini baik digunakan untuk menambah nafsu makan seseorang setelah operasi tertentu agar staminanya cepat kembali.

4. Menguatkan tulang

Daun kenikir mengandung mineral, kalsium dan magnesium tinggi yang mampu membantu pertumbuhan tulang. Manfaat daun kenikir ini juga dapat membantu memperkuat tulang. Daun kenikir ini dapat dikonsumsi sebagai lalapan atau dengan meminum air rebusan daun kenikir dicampur dengan madu.

5. Mengobati gondongan

Khasiat daun kenikir dapat digunakan untuk mengobati gondongan. Dengan senyawa polifenol yang terkandung dalam daun kenikir bermanfaat untuk meredakan peradangan akibat gondongan.

Caranya dengan menumbuk daun kenikir hingga halus kemudian mencampurkannya dengan cuka 1 : 1. Selanjutnya ramuan tersebut dioleskan pada bagian yang sakit 3 kali sehari.

6. Mengobati payudara yang bengkak

Mengeluarkan ASI terus – menerus dapat menyebabkan payudara menjadi bengkak. Manfaat daun kenikir ini dapat mengobati payudara yang bengkak karena daun kenikir ini memiliki senyawa terpenoid dan antiinflamasi yang dapat meredakan pembengkakan yang terjadi.

Cara penggunaannya, siapkan beberapa helai daun lalu siapkan juga kompor dengan api kecil kemudian bakar hingga daun kenikir layu. Usapkan daun tadi ke sekitar payudara selagi hangat. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari.

7. Mengobati maag

Daun kenikir mengandung polifenol, tokoferol dan hidroksieugenol yang berguna untuk menetralkan asam lambung. Untuk mengonsumsi daun kenikir ini dapat merebusnya dengan menambahkan garam kemudian menjadikannya lalapan.

8. Membantu mengobati lemah jantung

Antioksidan dan flavonoid yang terkandung dalam daun kenikir berfungsi memperbaiki sel – sel rusak. Dengan senyawa flavonoid tersebut membuat manfaat daun kenikir ini mampu memperlancar aliran darah dan memperkuat otot jantung serta pembuluh darah.

Cara memanfaatkan daun kenikir ini dengan merebus 5 lembar daun kenikir bersama dengan 250 ml lalu meminum air rebusan 2 kali sehari.

9. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan senyawa flavonoid, saponin dan terpenoid serta antioksidan pada daun kenikir mampu melawan kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat daun kenikir ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi rebusan daun kenikir secara rutin.

manfaar daun kenikir

10. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Racun terkadang dapat masuk ke dalam sistem peredaran darah bersama makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Jika racun – racun dibiarkan dan mengendap, ditambah lagi dengan pola hidup tidak sehat akan memicu timbulnya berbagai penyakit.

Khasiat daun kenikir dapat mengeluarkan toksin atau racun yang ada di dalam tubuh karena daun ini mengandung vitamin E dan flavonoid.

Baca Juga  Khasiat Daun Sambiloto Untuk Menggobati Pilek Hingga Jantung

11. Mencegah penuaan dini

Daun kenikir mengandung antioksidan tinggi yang mampu menghambat penuaan dini pada kulit. Dengan mengonsumsi daun ini secara teratur kurang lebih 1 – 3 kali seminggu dan mengolahnya menjadi masker dapat membantu mencegah penuaan dini.

12. Meningkatkan daya ingat

Zat yang ada di dalam daun kenikir dipercaya dapat memperbaiki sel – sel otak yang rusak sehingga khasiat daun kenikir ini mampu memperbaiki daya ingat dan mencegah kepikunan. Orang lanjut usia biasanya mengalami penurunan daya ingat dan dapat berisiko terserang penyakit pikun.

Dengan mengonsumsi olahan daun kenikir ataupun rebusan air daun kenikir dapat membantu mencegah kepikunan.

Baca Juga  Selain Mengkonsumsi Daun Katuk, Inilah 7 Cara Memperbanyak Asi

13. Menangkal radikal bebas

Makanan yang terkontaminasi bahan kimia, polusi udara, buah dan sayur yang tidak sehat dapat menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan memicu tumbuhnya sel kanker. Dengan mengonsumsi daun kenikir dapat membantu melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

 

 

 

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *