cara melentikkan bulu mata
8 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami yang Bisa Dicoba Dirumah
September 6, 2018
cara membuat gelang dari tali kur
Cara Membuat Gelang Dari Tali Kur Dengan Mudah Dirumah
September 6, 2018

15 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

manfaat daun kersen

Manfaat Daun Kersen – Daun kersen merupakan bagian dari tanaman kersen. Pohon kersen ini sering disebut juga pohon talok atau ceri jawa. Pohon kersen tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis.

Pohon ini banyak ditemui di Indonesia terutama di pulau Jawa. Pohon kersen biasa tumbuh liar di kebun ataupun di pinggir jalan tanpa perawatan. Kebanyakan orang belum mengetahui manfaat daun kersen sehingga sebagian orang masih mengabaikan keberadaan pohon tersebut.

Tinggi pohon kersen dapat mencapai 12 meter, namun kebanyakan yang tumbuh di Indonesia rata – rata hanya mencapai 4 – 6 meter. Pohon kersen ini tidak memiliki musim buah dan dapat berbuah sepanjang waktu dalam musim hujan maupun musim kemarau. Bentuk pohonnya yang rindang biasanya digunakan untuk berteduh.

Mengenal Pohon Kersen

Pohon kersen memiliki buah yang berbentuk bulat dan terdapat titik hitam ditengahnya. Buahnya rasanya manis dan lunak sehingga jika dipencet biji dan cairan di dalamnya gampang keluar. Buah kersen muda berwarna hijau dan yang tua atau matang berwarna merah.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

Sedangkan daunnya berwarna hijau berbentuk oval dan berujung runcing serta bergerigi tepiannya. Daun kersen mengandung karbohidarat, lemak, protein, vitamin C, zat besi, serat, kalsium, fosfor, karoten, tianin, niacin, saponin dan riboflavin. Daun kersen menghasilkan energi senilai 380 KJ per 100 gram. Dengan kandungan tianin, riboflavin dan saponin menjadikan daun kersen bersifat antibakteri dan antiseptik.

manfaat daun kersen

Inilah 15 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam daun kersen menjadikan daun kersen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan berikut ini beberapa manfaat dari daun kersen untuk kesehatan pria dan wanita diantaranya :

1. Mengobati diabetes

Manfaat daun kersen mampu mencegah naiknya kadar gula dalam darah sehingga daun kersen dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Saponin dan flavonoid yang terkandung di dalam daun kersen akan membantu tubuh menyekresi hormon insulin yang mengatur kadar gula dalam darah.

2. Sebagai antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan respon dari kekebalan tubuh untuk mengeluarkan sel – sel rusak, iritasi atau patogen. Manfaat daun kersen ini sebagai antiinflamasi yang dapat melindungi tubuh dengan mengobati peradangan yang dialami oleh tubuh.

3. Sebagai antiseptik

Daun kersen memiliki kandungan saponin, tianin dan flavonoid yang berguna sebagai antiseptik. Senyawa tersebut membuat daun kersen bersifat antibakteri sehingga daun kersen ini mampu melawan bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Senyawa ini dapat membunuh beberapa bakteri seperti C.Diptheriae, P.Vulgaris, S, Epidemidis, K. Rhizopil dan S. Aureus.

4. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat dari daun kersen ini dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Dengan meminum air rebusan daun kersen dapat mengontrol kadar kolesterol pada batas normal. Caranya dengan merebus segenggam daun kersen yang segar bersama 3 gelas air sampai mendidih. Biarkan hingga air tersisa 1 gelas dan minumlah 3 kali sehari.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

5. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang berbahaya bagi semua orang. Daun kersen bermanfaat menjaga fungsi otot – otot jantung. Dengan mengonsumsi teh daun kersen akan membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung. Sehingga orang yang mengonsumsi daun kersen akan terhindar dari penyakit jantung koroner maupun serangan jantung.

6. Mencegah penyakit hipertensi

Manfaat daun kersen dipercaya dapat mengontrol tekanan darah sehingga akan mencegah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mengonsumsi teh daun kersen dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi daun kersen disertai pola hidup sehat dipercaya dapat mengatasi hipertensi.

7. Melancarkan aliran darah

Manfaat daun kersen dapat melancarkan aliran darah. Jika Anda mengonsumsi daun kersen, peredaran darah dalam tubuh Anda akan lancar sehingga Anda akan terhindar dari penyakit penyumbatan darah.

8. Membantu meredakan nyeri

Di dalam  terdapat senyawa yang dapat membantu meredakan nyeri. Manfaat daun kersen ini dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri yang menyerang tubuh Anda.

manfaat daun kersen

9. Mengatasi asam urat

Biasanya asam urat dialami oleh orang yang lanjut usia. Untuk mengobati penyakit asam urat, bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh daun kersen. Jika nyeri asam urat sudah mereda atau hilang, Anda bisa berhenti mengonsumsi teh daun kersen ini.

10. Mengecilkan perut

Manfaat daun kersen mampu menurunkan berat badan dan membakar lemak khususnya di daerah perut. Dengan mengonsumsi air rebusan daun kersen 2 kali sehari dan diimbangi dengan olahraga secara teratur akan membantu Anda mengecilkan perut Anda.

11. Mengatasi penyakit rematik

Penderita penyakit rematik biasanya merasakan kaku pada beberapa bagian sendi di tubuhnya. Daun kersen memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi penyakit pinggang atau punggung.

Sakit pinggang merupakan salah satu penyakit rematik yang dapat diatasi dengan meminum air rebusan daun kersen 2 kali sehari selama 3 minggu secara teratur.

12. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan seseorang akan kesulitan untuk tidur. Biasanya insomnia muncul karena faktor lingkungan ataupun faktor psikologis. Manfaat dari daun kersen dapat membuat Anda lebih tenang sehingga bisa tidur di malam hari.

13. Mengobati flu dan batuk

Mengonsumsi teh daun kersen dapat membantu mengatasi flu dan batuk yang menyerang Anda. Teh daun kersen dapat dibuat dengan merebus daun kersen yang sudah dikeringkan lalu buang ampasnya kemudian diminum.

14. Mencegah stroke

Di dalam daun kersen terdapat zat yang dapat merangsang peroksisom proliferator atau PPAR pada jaringan tubuh. PPAR berguna untuk mengatur gen yang berperan dalam proses metabolisme glukosa dan lemak dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi air rebusan daun kersen dapat membantu mencegah dan meminimalisir terserang penyakit stroke.

15. Mencegah tumor

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun kersen dapat bermanfaat untuk mencegah timbulnya tumor.

Itulah tadi berbagai macam manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh manusia dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *