khasiat daun kemangi
7 Khasiat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui Banyak Orang
January 9, 2019
manfaat buah srikaya
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Paling Lengkap
January 11, 2019

Manfaat Daun Kumis Kucing, Cara Mengolah Hingga Efek Samping

manfaat daun kumis kucing

Manfaat Daun Kumis Kucing – Kumis kucing bukan hanya arti sebenarnya dan juga merupakan nama sebuah tanaman. Tanaman kumis kucing memiliki nama lain yakni Orthosiphon aristatus adalah sebuah tanaman obat. Tanaman ini memiliki banyak manfaat sekaligus efek samping apabila penggunaannya salah.

Bagi yang belum mengenal tanaman kumis kucing coba perhatikan apakah di sekitar rumah terdapat tanaman ini. Bentuknya tegak dan basah dengan tinggi yang bisa mencapai 2 meter. Bagian bunganya memiliki kelopak dengan kelenjar. Pada bagian benang sari berukuran sangat panjang menyerupai kumis kucing asli. Inilah alasan tanaman ini disebut dengan kumis kucing.

Baca Juga  11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Pada bagian daun berukuran panjang 1 hingga 10 cm dan lebar hingga 1.5 cm. Jika menemukan tanaman dengan ciri tersebut kemungkinan besar adalah tanaman kumis kucing. Bukan hanya sebagai tanaman biasa dan penghias ruangan karena bunganya yang unik tanaman kumis kucing memiliki banyak khasiat untuk kesehatan khususnya pada bagian daun.

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Dan Tahukah Anda bahwa daun kumis kucing dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit ringan hingga penyakit dalam yang berat. Tanaman yang berasal dari Afrika ini sudah banyak dikembangkan di Asia. Bahkan beberapa toko obat tradisional pasti menjual daun kumis kucing yang sudah dikeringkan sebagai bahan obat.

Lalu apa saja manfaat daun dari tanaman kumis kucing bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat yang perlu dipelajari:

khasiat daun kumis kucing
1. Mengatasi Flu dan masuk angin

Setiap orang yang sedang mengalami penurunan ketahanan tubuh pasti rentan terhadap virus flu dan masuk angin. Musim hujan yang tiba akan memicu virus ini berkembang dengan cepat di dalam tubuh.

Manfaat Daun kumis kucing adalah tanaman yang dapat menghangatkan tubuh sehingga flu dan masuk angin benar-benar hilang.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Apabila sudah merasakan gejala seperti diare, perut kembung, mata merah dan terasa panas maka segera obati dengan daun ini. Cara menggunakannya cukup dengan merebus beberapa lembar daun yang sudah dicuci bersih. Rebus hingga air menyusut setengah kemudian minum air selagi hangat satu kali sehari. Rasakan khasiatnya yang menghangatkan badan.

2. Mengatasi Sembelit

Sembelit sangat sering dialami oleh orang dewasa. Sembelit diakibatkan konsumsi serat yang sangat kurang. Jika sembelit tidak segera diatasi maka akan menimbulkan ambeyen yang sudah tidak dapat disembuhkan kembali. Manfaat daun kumis kucing berkhasiat untuk mengatasi sembelit bagi mereka yang kurang asupan serta.

Cara menggunakannya adalah cukup merebus daun yang sudah dicuci bersih. Minum air rebusan daun satu kali sehari. Jika sembelit sudah teratasi hentikan mengkonsumsi daun ini karena akan menimbulkan masalah pencernaan lainnya.

3. Alergi

Masalah alergi kulit sering muncul karena cuaca atau salah mengkonsumsi makanan. Rasa gatal yang tidak tertahankan akan diiringi dengan warna kulit berubah menjadi merah bahkan bengkak. Meredakan rasa gatal dan alergi pada kulit cukup dengan daun kumis kucing.

Bahan tambahan lain yang diperlukan adalah temulawak, daun sambiloto dan daun meniran. Rebus bahan tersebut dengan manfaat daun kumis kucing kemudian minum satu gelas satu hari. Rasa gatal akan mulai berkurang dan alergi pun akan hilang.

4. Kencing batu

Masalah kencing batu (batu ginjal) seringkali melanda mereka yang jarang minum air putih. Adanya batu ginjal sangat berbahaya bagi fungsi pencernaan yang lainnya, Jika tidak segera diatasi maka rasa sakit yang tidak tertahankan akan dirasakan. Cara meluruhkan batu ginjal dapat dengan ramuan daun kumis kucing.

Baca Juga  Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol Yang Jarang Diketahui

Cara menggunakannya adalah dengan merebus 20 lembar daun kumis kucing dan 5 lembar daun keji beling. Rebus daun tersebut hingga mendidih dan minum air ketika masih hangat. Konsumsi ramuan hingga rasa nyeri hilang, jika rasa sakit tak kunjung hilang bisa langsung memeriksakan ke dokter terdekat.

5. Diabetes

Kadar gula tinggi akan sangat berbahaya dan menjadi penyakit diabetes. Apabila tidak segera diatasi akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Apabila merasakan gejala seperti terlalu sering buang air kecil. mudah lelah, berat badan yang menurun drastis serat sering kesemutan merupakan gejala diabetes. Perlu memeriksa berapa kadar gula darah di apotik terdekat.

Apabila kadar gula darah tinggi, cobalah untuk membuat rebusan daun kumis kucing sebanyak 15 lembar. Minum air rebusan yang sudah hangat sekali setiap hari. Minum hingga kadar gula menurun kembali. Setelah itu jaga diri agar tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis.

6. Darah Tinggi

Masalah darah tinggi dan hipertensi seringkali melanda, tanpa disadari darah tinggi bisa menyebabkan kematian. Jika ingin menghindari hipertensi sebaiknya jangan terlalu lelah bekerja dengan tekanan yang tinggi. Terjadinya penyempitan pembuluh darah akan mempengaruhi kinerja jantung.

Dan ternyata dengan meminum air rebusan daun kumis kucing setiap hari akan menurunkan hipertensi dengan cepat.

Awas, Inilah Efek Samping Daun Kumis Kucing

efek samping daun kumis kucing

Tanaman kumis kucing merupakan tanaman obat dan adapun efek sampingnya yang harus diketahui. Efek samping ini bisa disebabkan oleh salah cara mengkonsumsi dan juga mengolah bisa juga efek samping karena penyembuhan sedang berlangsung.

Maka sebaiknya pastikan untuk mengolah dan mengkonsumsi ramuan daun kumis kucing dengan tepat. Berikut ini beberapa efek samping yang harus diwaspadai dan segera hentikan konsumsi karena terjadinya penolakan dari dalam tubuh.

Baca Juga  Lupakan Bau, Inilah 5 Khasiat Jengkol dan Manfaat Jengkol

– Alergi sehingga muncul bintik merah pada kulit

– Tekanan darah yang terlalu rendah karena konsumsi berlebihan

– Penyakit ginjal karena ramuan yang terlalu kental dan terlalu sering dikonsumsi

– Sesak nafas

– Sakit perut karena tidak cocok dengan sifat asam dari ramuan

– Keracunan

– Reaksi tubuh terhadap ramuan ini bisa berbeda-beda jadi tidak semua akan menerima dan penyakit dapat disembuhkan dengan cepat.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *