makanan yang mengandung vitamin b
Ingin Hidup Sehat? Konsumsi 6 Makanan yang Mengandung Vitamin B Ini
November 19, 2018
minum air kelapa saat haid
Apakah Aman Minum Air Kelapa Saat Haid? Dan 5 Manfaat Air Kelapa
November 19, 2018

Istimewa, Ini 6 Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak Hingga Wajah

manfaat daun pegagan

Manfaat Daun Pegagan – Indonesia terkenal dengan banyak tanaman obat yang diracik dar zaman nenek moyang. Banyak tanaman obat yang tumbuh dengan liar kemudian dibudidayakan hingga dapat digunakan secara massal. Pegagan adalah salah satu tanaman obat yang banyak tumbuh namun dianggap sebagai tanaman untuk makanan ternak sapi dan kambing.

Pegagan yang mudah tumbuh membuat banyak orang mengira bahwa tanaman ini mengganggu lahan mereka sehingga dibersihkan dan digunakan sebagai pakan ternak. Beberapa masyarakat juga ada yang mengkonsumsi pegagan sebagai lalapan atau sayuran yang dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga  Selain Mengkonsumsi Daun Katuk, Inilah 7 Cara Memperbanyak Asi

Jika dikonsumsi rasanya memang enak, namun sebenarnya pegagan adalah tanaman obat yang memiliki nama berbeda di masaing-masing daerah. Misalnya saja di daerah sunda menyebutnya sebagai tanaman antanan sedangkan di wilayah Jawa Tengah masyarakat menyebutnya dengan tanaman kerok batok.

manfaat daun pegagan
Ciri Ciri Daun Peagan yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-ciri daun pegagan adalah berbentuk seperti hati denga ukuran daun yang kecil. Daunnya lebar sehingga dapat membentuk hati dengan batangnya yang kecil dan tipis. Warna daunnya sangat hijau yang mengandung banyak zat seperti asam asiatik, asam akrobat, potassium, kalsium, beta carotene dan juga fosfor.

Selama ini cara mengkonsumsi daun pegagan sangat bervariasi, beberapa orang langsung mengkonsumsi sebagai lalapan beberapa yang lainnya menggunakannya sebagai teh herbal. Jika dikonsumsi langsung rasanya sangat pahit sehingga lebih banyak yang menyeduhnya mejadi teh dengan menambahkan madu sebagai perasa manis.

Baca Juga  Khasiat Daun Sambiloto Untuk Menggobati Pilek Hingga Jantung

Sejak zaman dahulu daun pegagan ini digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti obat kulit, pelancar peredaran darah dan juga untuk mengobati gangguan saraf. Modern ini banyak manfaat yang ditemukan dalam daun pegagan untuk kesehatan otak hingga wajah.

manfaat daun pegagan
Istimewa, Ini 6 Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak Hingga Wajah

Mengenal manfaat dari daun pegagan maka Anda juga harus mengenali bagaimana cara mengkonsumsinya agar mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Baik itu untuk kesehatan dan juga kecantikan daun pegagan memiliki dosis tertentu yang harus dibatasi. Jika tidak maka efek samping daun pegagan yang buruk bisa muncul.

Beberapa efek samping yang muncul antara lain seperti kesulitan untuk hamil, meningkatkan gula darah sehingga tidak baik digunakan oleh penderita diabetes, serta tidak boleh diminum oleh Anda yang sedang menjalani operasi atau pasca operasi.

Maka sangat penting bagi Anda yang ingin menggunakan daun pegagan sebagai pengobatan selalu menggunakannya sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Berikut ini apa saja manfaat yang akan didapatkan untuk Anda jika menggunakan daun pegagan.

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kanker adalah penyakit yang hingga saat ini belu ada obatnya. Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi kanker adalah operasi pengangkatan sel kanker. Namun sel kanker yang sudah tertanam dalam tubuh akan sulit dihilangkan bahkan dengan operasi. Cara paling efektif adalah mencegah pertumbuhan sel kanker menjadi berbahaya.

Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun Wardah Untuk Kecantikan Berikut Harganya

Daun pegagan memiliki efek yang bagus untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum ekstrak daun pegagan yang sudah menjadi kapsul. Anda bisa meminumnya dua kali sehari.

2. Menjaga kecerdasan otak

Otak memiliki banyak sistem saraf. Inilah yang akan dijaga oleh ekstrak daun pegagan jika Anda mengkonsumsinya dengan rutin. Dalam daun pegagan terdapat kandungan antioksidan yang akan melancarkan aliran darah dan juga oksigen ke dalam otak.

Sehingga memastikan bahwa nutrisi pada otak akan tetap terpenuhi sehingga kemampuan otak untuk berfikir dapat semakin meningkat.

Anda bisa mendapatkan manfaat daun pegagan untuk otak dengan mengkonsumsinya. Masih dengan cara yang sama dan mudah Anda cukup mengkonsumsi ekstrak daun pegagan maksimal hingga 500 mg satu bulannya. Cara ini akan meningkatkan kecerdasan otak dengan cepat.

3. Mengatasi pembengkakan hati

Pembengkakan hati dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang salah. Sehingga racun yang seharusnya dapat diatasi oleh hati justru membuat kerusakan pada hati. Akhirnya racun dapat menyebar dan hati membengkak. Munculnya masalah ini harus segera diatasi agar kinerja hati dapat berjalan dengan normal kembali.

Daun pegagan dapat mengatasi masalah ini. Caranya cukup mudah yakni dengan merebus 600 gram daun pegagan dengan dua gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas air kemudian minum dengan rutin. Anda bisa meminumnya 3 kali sehari untuk segera membuat hati menjadi normal.

4. Demam

Masalah demam adalah masalah yang tidak dapat dianggap sepele khususnya demam yang muncul pada anak-anak.

Demam yang tidak kunjung turun selama beberapa hari pertanda terdapat penyakit atau infeksi pada tubuhm Anda harus waspada jika mengatasi demam. Apabila pada hari pertama demam tidak kunjung turun Anda bisa menggunakan daun pegagan.

Baca Juga  10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami Dan Manjur

Daun pegagan dapat menurunkan panas ketika demam menyerang. Cara menggunakannya adalah merebus daun pegagan ditambah dengan 3 butir adas dan kulit batang pulosari serta satu siung biji bawang merah. Rebus bahan-bahan tersebt dengan 3 gelas air sampai berkurang menjadi 1 gelas. Minumkan pada pasien yang terkena demam. Meminum dengan rutin akan menurunkan demam dengan cepat.

5. Mengatasi bekas luka di kulit

Jika Anda memiliki bekas luka di kulit akibat terbakar atau bekas sayatan operasi yang tidak kunjung hilang maka manfaat daun pegagan bisa mengatasinya. Penampilan akibat bekas luka di kulit seringkali tidak membuat percaya diri, sehingga harus segera di atasi. Jika menggunakan obat salep maka proses penyebuhannya cukup lama dan harganya pun tidak murah.

Berbeda dengan daun pegagan yang bisa Anda dapatkan tanpa harus membeli. Nah cara menggunaknnya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun kemudian menempelkannya pada permukaan kulit yang terlukan. Diamkan selama beberapa jam kemudian bilas. Lakukan langah ini setiap akan tidur hingga bekas luka benar-benar hilang.

6. Mengatasi jerawat dan bekasnya

Manfaat daun pegagan untuk wajah adalah mengatasi masalah jerawat dan bekas yang ditimbulkannya. Jerawat timbul akibat bakteri dan kotoran yang menyebabkan untuk menutup pori wajah. Sehingga munculnya pembengkakan di bawah kulit mengandung air dan inti jerawat pun muncul.

Banyak wanita yang mengalami jerawat dan tidak pecaya diri. Belum lagi bekas jerawat yang bisa menimbulkan flek hitam. Menutupinya dengan kosmetik saja tidak cukup, Anda harus mengobatinya dengan daun pegagan.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun pegagan hingga cukup dijadikan sebagai masker wajah. Tempelkan pada seluruh wajah khususnya pada bagian yang berjerawat.

Diamkan hingga daun bekerja pada jerawat dan bekas jerawat, bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya setiap hari pada waktu sore atau hendak tidur.

Baca Juga  9 Daftar Makanan Berprotein Tinggi Untuk Anda yang Sedang Diet

Jika menjaga kesehatan dengan obat-obatan herbal dapat dilakukan maka akan mengurangi penggunaan obat-obatan kimia yang akan memperpendek umur manusia. Obat herbal seperti daun pegagan tidak memiliki banyak efek samping membahayakan khususnya pada ginjal.

Kesehatan akan menjadi tolak ukur umur panjang, jadi jika ingin berumur panjang sebaiknya rawat dengan baik diri Anda dan pastikan jaga pola hidup dengan yang sehat.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *