cara menghilangkan kapalan di tangan
10 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan Dengan Bahan Alami
September 10, 2018
Girls, Ini Dia Cara Melukis Alis yang Benar Mudah Tanpa Ribet
September 10, 2018

11 Manfaat Daun Sambung Nyawa Ini Jarang Diketahui Banyak orang

manfaat daun sambung nyawa

Manfaat Daun Sambung Nyawa – Daun Sambung nyawa ini memiliki nama latin Gynura procumbens. Di Indonesia, ada yang menyebutnya akar seblak dan sebagian orang Jawa yang menyebutnya sambung nyowo. Tanaman ini asli Indonesia dan banyak tersebar di pulau Jawa, Sumatera dan sebagian tumbuh secara liar di pulau Bali.

Daun sambung nyawa merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak khasiat dan manfaatnya serta sudah digunakan secara turun – temurun.

Olahan daun sambung nyawa ini sudah lama digunakan menjadi obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kegunaan daun sambung nyawa didapatkan dari senyawa yang terkandung di dalamnya. Senyawa tersebut diantaranya minyak asiri, flavonoid dan saponin. Selain itu, daun sambung nyawa ini bersifat dingin, netral, antikanker, antiradang, antitoksik, dan hiportensif.

Baca Juga  13 Khasiat Bawang Lanang Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Dengan kandungan – kandungan tersebut, daun sambung nyawa dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti maag, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan beragam penyakit lainnya. Jika Anda ingin mengambil manfaat daun sambung nyawa, sebaiknya Anda menyimak manfaat – manfaat daun sambung nyawa berikut ini:

11 Manfaat Daun Sambung Nyawa Ini Jarang Diketahui Banyak orang

manfaat daun sambung nyawa

1. Mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi

Untuk mengatasi hipertensi, Anda bisa menggunakan daun sambung nyawa ini sebagai obat tradisonal. Sifat hiportensif yang ada pada daun ini berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara penggunaannya yaitu sediakan 7 lembar daun segar dan 1 buah mengkudu muda. Kemudian seduh dalam 110 ml air mendidih. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari selama 1 bulan.

2. Mengobati maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang umumnya timbul akibat pola makan yang tidak teratur sehingga memicu asam lambung berlebih. Penyakit maag dapat diatasi dengan mengonsumsi daun sambung nyawa secara langsung yang sudah dibersihkan.

3. Mengatasi penyakit ambeien

Penyakit ambeien bisa diobati dengan menggunakan daun sambung nyawa. Manfaat daun sambung nyawa ini bisa Anda peroleh dnegan memakan daun sambung nyawa segar sebagai lalapan setiap makan. Selain itu Anda juga bisa mengolah daun sambung nyawa ini menjadi jus segar dan mengonsumsinya 1 kali sehari.

Baca Juga  15 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

4. Mengobati penyakit diabetes

Mengonsumsi daun sambung nyawa dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes. Anda bisa mengonsumsi daun ini sebagai lalapan maupun membuatnya menjadi ramuan.

Caranya adalah dengan menyeduh 5 lembar daun sambung nyawa ke dalam 110 ml air panas. Minum ramuan ini 1 kali sehari.

5. Mengobati penyakit liver

Daun sambung nyawa dipercaya mampu menyembuhkan penyakit liver. Anda bisa memakannya langsung ataupun mengolahnya menjadi jus segar. Disamping mengonsumsi daun sambung nyawa, penderita penyakit liver dianjurkan untuk menghindari makanan – makanan yang mengandung banyak lemak.

6. Mengatasi kolesterol

Manfaat daun sambung nyawa yang lain yaitu daun sambung nyawa mampu membuang kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk mengatasi masala kolesterol, Anda cukup mengonsumsi 3 lembar daun sambung nyawa sebagai lalapan atau teman makan nasi setiap kali makan secara teratur.

7. Mengatasi tumor dan kanker

Daun sambung nyawa dapat membantu menyembuhkan penyakit berat seperti tumor dan kanker. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan daun ini sebagai lalapan secara rutin dan mengonsumsi ramuan herbal daun sambung nyawa.

manfaat daun sambung nyawa

Cara membuat ramuan herbal ini :

– Sediakan 4 gram daun sambung nyawa, 7 gram akar tanaman daruju dan 3 gram daun benalu.

– Cuci sampai bersih bahan – bahan yang telah disiapkan.

– Masukkan bahan tadi ke dalam wadah kemudian tambahkan air mendidih 120 ml.

– Tumbuk atau haluskan semua bahan hingga tercampur.

– Setelah itu diamkan ramuan hingga dingin. Lalu saring ramuan tadi.

– Minum seluruhnya 1 kali sehari.

Baca Juga  Daun Mangkokan Punya 5 Manfaat Mengejutkan, Apa Sajakah Itu?

8. Mengobati batuk

Batuk dapat disembuhkan menggunakan daun sambung nyawa. Cara penggunaannya cukup sederhana yaitu dengan meminum air rebusan daun sambung nyawa sebanyak ½ gelas 3 kali dalam 1 hari.

9. Membersihkan luka

Manfaaat daun sambung nyawa sebagai pembersih luka dapat Anda peroleh dengan cara menumbuk daun tersebut lalu memasukkannya ke dalam air. Selanjutnya rendam luka Anda ke dalam air tersebut selama 30 menit.

10. Mengobati eksim

Daun sambung nyawa dapat digunakan untuk mengobati eksim dengan membuat ramuan herbal berikut:

– Sediakan 7 lembar daun sambung nyawa segar, asam 10 gram, kencur 2 jari, bangle ½ jari, rimpang temulawak 3 jari dan gula enau 3 jari.

– Rebus semua bahan tadi dengan 4 gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan menjadi tersisa 3 gelas.

– Saring ramuan tadi dan minum setiap hari secara rutin.

11. Mengobati bisul

Mengobati bisul dapat dilakukan dengan menumbuk daun sambung nyawa sebanyak 10 lembar. Tumbuk dan tempelkan daun sambung nyawa tadi pada bisul selama 15 menit.

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat daun sambung nyawa yang jarang diketahui oleh banyak orang dan semoga saja artikel di atas dapat menambah wawasan kita semua yah, selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *