penyebab pembuluh darah pecah
6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah dan Tips Mencegahnya
August 6, 2018
ciri ciri asam lambung kumat
9 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui
August 7, 2018

10 Manfaat Daun Sirih Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat daun sirih merah

Manfaat Daun Sirih Merah – Daun sirih merah adalah sejenis tanaman herbal yang kaya akan manfaat, bahkan dalam satu lembar daun sirih mengandung minyak atsiri yang beperan sebagai penangkal racun dalam tubuh.

Selain itu terdapat pula senyawa propane, fenil, hidroksikvicol, kavicol, dan berbagai macam senyawa lainnya yang mampu melawan berbagai macam jenis penyakit baik jenis penyakit berat maupun ringan.

Dan berikut di bawah ini adalah ulasan mengenai beberapa khasiat daun sirih merah didalam dunia kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang, diantaranya:

10 Manfaat Daun Sirih Merah dan Khasiat Daun Sirih

daun sirih merah

1. Mengobati luka bakar kadar ringan

Ternyata kandungan zat antioksidan, alkaloid dan vitamin C di dalam daun sirih merah terbukti dapat mengobati luka bakar ringan, sehingga manfaat daun sirih merah ini bisa Anda manfaatkan.

Caranya penggunannya, cukup tumbuk lima lembar daun sirih merah lalu campurkan dengan 2 sendok teh madu kemudian oleskan ke bagian yang luka setiap dua kali sehari.

2. Mengobati Penyakit magh

Khasiat daun sirih merah yang kedua adalah mampu mengobati sakit magh. Penyakit yang berkaitan dengan pencernaan ini dapat diatasi jika Anda rutin meminum rebusan air daun sirih merah setiap tiga kali sehari.

3. Obat Sariawan

Ternyata manfaat daun sirih merah juga berkhasiat untuk mengobati sariawan lantaran kandungan vitamin C dan zat antiseptic yang dibawanya.

Caranya adalah kunyah satu hingga dua lembar daun sirih merah, tunggu setidaknya sepuluh menit kemudian buang. Jika dilakukan secara teratur selama dua hari sekali dapat dipastikan sariawan akan sembuh dengan sendirinya.

Selain dapat mengobati sariawan, kandungan saponin, mineral kalsium, fosfor dan taninnya terbukti dapat mengobati peradangan gusi.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 10 lembar daun sirih merah kemudian rebus, saring lalu dinginkan dan gunakan untuk berkumur.

4. Mengobati Bronchitis

Minumlah rebusan air daun sirih merah secara rutin untuk Anda atau si kecil yang sedang memilki penyakit bronchitis. Kandungan taninnya dibuktikan ampuh menyembuhkan bronchitis tanpa perlu pengobatan medis.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Mengobati Penyakit Diabetes

Diabetes adalah jenis penyakit kronis akibat naiknya kadar gula dalam darah dimana prankeas sudah tidak mampu lagi untuk memprokdusi insulin dalam tubuh.

Seseorang yang menderita diabetes biasanya akan mudah lapar, mudah haus, sering buang air kecil hingga jika memiliki luka yang dalam masa penyembuhannya memakan waktu cukup lama.

Selain penyembuhan dengan penyuntikan insulin, cara mengobati penyakit diabetes juga dapat dilakukan dengan menggunakan daun sirih merah.

Selain mudah didapat daun sirih merah juga tidak mengandung zat-zat kimia yang semakin memperburuk kondisi si penderita diabetes.

Cara Membuat Ramuan Daun Sirih Untuk Penderita Diabetes:

khasiat daun sirih merah

● Siapkan kurang lebih 200 gram daun sirih merah yang sudah dicuci bersih.

● Rebus hingga mendidih dalam 1 liter air bersih lalu sisakan menjadi 100 ml.

● Saring, kemudian dinginkan. Untuk hasil maksimal, minum setidaknya dua kali dalam sehari.

6. Menyembuhkan Penyakit Tumor

Daun sirih merah terbukti memilki kandungan senyawa flavonoid, anti oksidan dan juga terpenoid dimana senyawa tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang menumbuhkan sel darah didalam tubuh hingga mampu menghancurkan sel-sel tumor atau zat karsonegenik dalam tubuh si penderita tumor.

Selain untuk kesehatan tubuh, kegunaan daun sirih merah juga dapat diguanakan untuk perawatan kulit dan wajah. Berikut liputan lengkapnya.

7. Mengobati Jerawat

Di dalam sirih merah terdapat kandungan antiinflamasi yang dapat meredam peradangan pada jerawat.

Caraya cukup oleskan daun sirih tersebut yang telah dilumatkan lalu usapkan pada jerawat tunggu kering lalu bilas dan cara ini sangat efektif membasmi jerawat jika dilakukan sebelum tidur.

8. Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Jerawat dan flek hitam adalah salah satu masalah yang biasa terjadi pada wajah wanita dewasa. Bekas jerawat dan flek hitam tentulah sangat mengganggu serta menjadikan kurang percaya diri.

Baca Juga  Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Kesehatan Tubuh

Namun Anda tidak perlu khawatir, daun sirih merah mampu mengatasi permasalahan kulit wajah tanpa harus capek-capek ke dokter.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun sirih dan campurkan dengan perasan air jeruk lemon kemudian usapkan pada wajah yang telah dibersihkan, tunggu hingga 20 menit lalu bilas. Lakukan secara teratur agar hasil lebih efektif.

9. Membersihkan Kotoran yang Menumpuk Pada Wajah

Wajah kusam akibat sering terpapar sinar matahari? Tenang, daun sirih ini bisa mengatasinya. Setelah bangun tidur lakukan ritual mencuci wajah dengan rebusan air daun sirih merah.

Lalu, diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih dan cara satu ini dirasa cukup efektif dalam membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang masih tersisa di wajah.

10. Menghilangkan Komedo

Komedo sama halnya dengan jerawat, flek hitam dan bekas jerawat. Semaunya sama-sama mengganggu dan merusak riasan wajah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Maka cobalah mulai mengganti facial foam Anda dengan rebusan daun sirih.

Ritualnya hampir sama dengan cara untuk meghilangkan bekas jerawat, hanya saja sebelumnya Anda perlu melembutkan daun sirih lalu usapkan ke wajah yang berkomedo (biasanya area hidung dan pipi) gosok pelan hingga semua komedo keluar.

Dan setelah semua komedo keluar bilas dengan air rebusan daun sirih yang telah Anda siapkan tadi. Lakukan secara teratur agar mendapat hasil maksimal.

Demikian manfaat daun sirih merah bagi eksehatan yang bisa Saya sajikan untuk Anda, memanfaatkan bahan alami untuk kesehatan memang menguntungkan.

Selain hemat, menggunkan bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan juga minim resiko negative. Mulailah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda agar tidak tergantung pada bahan-bahan kimia yang akan merugikan kita dimasa mendatang dan semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *