cara melentikan bulu mata
Cara Melentikkan Bulu Mata Dengan 7 Bahan Alami
August 18, 2018
cara memerahkan bibir secara alami
21 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Aman yang Wajib Dicoba
August 18, 2018

13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

manfaat daun sukun

Manfaat Daun Sukun – Tanaman sukun banyak dijumpai di Indonesia dan tanaman ini biasa hidup di daerah tropis yang panas dan lembab.

Kebanyakan orang hanya memanfaatkan buahnya saja untuk digoreng maupun direbus. Sedangkan daunnya hanya digunakan untuk pakan ternak. Daun sukun berbentuk lebar, beruas – ruas dan memiliki beberapa garis. Daunnya berwarna hijau segar sekilas tampak seperti daun pohon kluwih.

13 Manfaat Daun Sukun yang Harus Kamu Ketahui

 manfaat daun sukun

Belum banyak orang tahu bahwa daun sukun ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Sebuah riset menemukan senyawa kuat daun sukun kering seperti zat anti inflamasi, zat anti inflamasi, riboflavin, asetikolan, asam hidrosianat dan juga tanin. Selain itu daun sukun kering juga mengandung zat antioksidan tinggi serta beberapa jenis mineral lain dan berikut di bawah ini adalah manfaat daun sukun diantaranya:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Tingginya kolesterol dalam darah dapat menyebabkan tersumbatnya jalur peredaran darah. Dengan mengonsumsi daun sukun secara rutin akan menurunkan kadar kolesterol. Untuk penggunaannya cukup dikeringkan lalu diseduh dengan air.

2. Mengobati batu ginjal

Penyakit batu ginjal dapat diatasi dengan daun sukun karena di dalam daun sukun terdapat senyawa seperti saponin, polifenol, asetilkolin, tannin asam hidrosianat, kalium riboflavin dan phenol.

Baca Juga  5 Cara Mengolah Daun Kelor yang Wajib Kamu Ketahui

3. Menurunkan kadar gula dalam darah

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian LIPI, ditemukan bahwa senyawa flavonoid yang terdapat dalam daun sukun berguna sebagai anti diabetes yang kuat.

4. Mencegah peradangan

Manfaat daun sukun yang telah dipercaya dan terbukti. Daun sukun memiliki zat anti inflamasi sehingga dapat mencegah peradangan.

Caranya cukup dengan mencuci selembar daun sukun yang sudah tua lalu merebusnya dengan menggunakan 5 gelas air. Tunggu sampai air tersebut mendidih dan hanya tersisa separuh. Kemudian rebusan air daun sukun tersebut disaring dan bisa langsung diminum.

 manfaat daun sukun

5. Membantu mengobati maag

Zat Kalium yang terkandung dalam daun sukun dapat menstabilkan asam lambung sehingga dipercaya dapat meredakan sakit maag.

6. Sebagai penangkal radikal bebas

Daun sukun memiliki antioksidan yang tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas pemicu penyakit kanker. Mengonsumsi ramuan daun sukun dapat mencegah penyakit kanker.

7. Membantu mengatasi asam urat

Daun sukun juga bisa membantu mengatasi asam urat. Penggunaannya bisa dengan cara menyeduh segenggam daun sukun yang telah kering dengan air mendidih. Untuk menyamarkan rasa pahitnya, bisa ditambahakan madu.

8. Membantu mengobati penyakit liver

Manfaat daun sukun kering yang sudah direbus bisa membantu mengatasi pembengkakan hati. Pada saat melakukan pengobatan dengan daun sukun ini sebaiknya hindari konsumsi rokok dan alkohol.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9. Membantu mengatasi alergi

Biasanya alergi menyebabkan tubuh menjadi gatal – gatal. Salah satu khasiat daun sukun ini bisa mengatasi alergi. Saat mengonsumsi daun sukun ini, hindari hal – hal yang memicu alergi.

10. Membantu mengobati sakit gigi

Gigi yang berlubang biasanya menjadi penyebab sakit gigi. Kuman dan bakteri yang masuk ke lubang gigi memicu terjadinya sakit gigi. Khasiat daun sukun kering dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Cara pengobatannya yaitu berkumur dengan rebusan daun sukun kering.

 manfaat daun sukun

Khasiat  Daun Sukun Untuk Kecantikan

Daun sukun selain bisa untuk kesehatan ternyata khasiat daun sukun juga bisa untuk kecantikan. Manfaat daun sukun untuk kecantikan yaitu:

1. Membantu menghilangkan jerawat

Jerawat masih menjadi masalah yang seringkali dikeluhkan oleh sebagian orang. Daun sukun bisa membantu menghilangkan jerawat.

Dengan memakai masker rebusan daun sukun, jerawat bisa teratasi karena di dalamnya terdapat kandungan yang dapat melarutkan minyak pada wajah sehingga hal ini adalah salah satu khasiat daun sukun

2. Menjaga kesehatan rambut

Bagi wanita rambut merupakan mahkota. Saat rambut mulai rusak, daun sukun bisa membantu mengatasinya. Di dalam daun sukun terdapat omega 6 yang berkhasiat menjaga rambut agar tetap sehat.

3. Membantu mencerahkan kulit tubuh dan wajah

Daun sukun bisa dijadikan masker kecantikan maupun lulur. Kandungan vitamin A dan vitamin E di dalamnya dapat membantu mencerahkan kulit sehingga kulit tampak lebih cerah serta kencang.

Ramuan herbal dari daun sukun

Melihat potensi yang dimiliki daun sukun, beberapa mahasiswa dari Universitas Gajah Mada yang bernama Suhartono, Retno Wulandari dan Yunita Praptiwi mulai merintis pembuatan teh herbal daun sukun. Mereka mengembangkan dan memproduksi teh herbal daun sukun di daerah Sleman Yogyakarta.

Baca Juga  23 Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Cara pengolahan daun sukun ini terbilang sederhana. Daun sukun yang masih muda dan segar dipetik langsung dari pohon lalu dicuci sampai bersih. Kemudian daun – daun tersebut dipotong – potong dan dijemur di bawah sinar matahari selama 3 – 4 hingga mengering. Untuk proses selanjutnya, daun – daun sukun kering dihaluskan lalu di oven dan dikemas menjadi teh celup.

Banyaknya manfaat daun sukun, membuat daun sukun bisa dijadikan ramuan herbal. Untuk membuat ramuan herbal, dibutuhkan daun sukun yang masih segar dan masih menempel pada batang. Berikut ini tips membuat ramuan herbal dari daun sukun:

– Petik beberapa helai daun sukun yang sudah tua. Daun yang sudah tua biasanya berwarna hijau tua disertai garis – garis tegas.

– Cuci daun sukun yang baru dipetik dengan air mengalir sampai bersih. Pilih daun yang masih bagus dan tidak berkerak.

– Potong – potong daun sukun yang sudah dicuci.

– Jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Pastikan menjemur di tempat yang bersih.

– Rebus daun sukun yang telah kering sampai air rebusan tersisa setengahnya. Jika sudah tersisa setengahnya bisa ditambahkan air lagi hingga benar – benar berwarna cokelat dan kental.

– Saring rebusan daun sukun tersebut lalu bisa langsung dikonsumsi.

– Untuk menghilangkan efek pahit, bisa ditambahkan madu atau gula batu.

Itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai manfaat daun sukun atau khasiat daun sukun dan semoga saja artikel di atas dapat menambah wawasan Kita semua yah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *