mash potato resep
Cara Membuat Mash Potato Resep dan Resep Mashed Potato
September 27, 2018
kedutaan jerman di jakarta
Ini Cara Mengurus Visa Schengen Di Kedutaan Jerman Di Jakarta
September 28, 2018

Tidak Sekedar Tanaman Liar, Inilah Manfaat Enceng Gondok

manfaat eceng gondok

Manfaat Eceng Gondok – Enceng gondok merupakan tanaman yang hidup mengapung di air dan terkadang berakar di tanah.

Enceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga sering dianggap sebagai gulma atau tanaman liar yang merusak lingkungan perairan.

Selain itu, keberadaan enceng gondok sering menjadi masalah bagi masyarakat perkotaan karena dianggap merusak keindahan danau-danau kecil yang menjadi tempat rekreasi keluarga. Danau atau Kolam yang dipenuhi enceng gondok akan terlihat kumuh.

eceng gondok

Tanaman Eceng Gondok Sering Menjadi Pengganggu

Tanaman ini bisa tumbuh di tanah basah, rawa, kolam yang dangkal, danau, sungai, maupun tempat dengan aliran air yang lambat.

Pertumbuhannya yang cepat dikarenakan habitat air mengandung kandungan nutrien, terutama nitrogen, fosfat, dan potasium yang tinggi.

Baca Juga  16 Manfaat Kunir Asem Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Pertumbuhan enceng gondok akan melambat pada lingkungan air yang mengandung kadar garam. Hal ini terjadi di daerah pantai Afrika Barat dimana pertumbuhan enceng gondok bertambah saat musim hujan dan berkurang saat kadar garam naik pada musim kemarau.

Dibalik efek negatifnya sebagai gulma (tanaman pengganggu), enceng gondok juga memiliki manfaat dan nilai jual tinggi lho. Berikut beberapa manfaat dan kelebihan enceng gondok. Ingin tahu? Yuk, ikuti ulasan mengenai manfaat enceng gondok berikut ini.

manfaat eceng gondok

Tidak Sekedar Tanaman Liar, Inilah Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan dan Lingkungan

1.Sebagai bahan dasar kerajinan

Dengan ide dan kreativitas, enceng gondok dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan yang memiliki nilau jual tinggi. Sudah banyak para pengrajin yang mengembangkan enceng gondok menjadi berbagai jenis produk seperti tas, meja & kursi, topi, dan sandal.

Hal ini akan sangat menguntungkan karena tanaman enceng gondok bisa didapatkan dengan murah. Kemudian dengan kreativitas berubah menjadi produk yang bernilai jual tinggi, bahkan sudah mencapai pangsa pasar mancanegara.

2.Rumah alami bagi unggas

Beberapa unggas seperti burung bangau dan belibis liar memanfaatkan kumpulan enceng gondok sebagai rumah dan tempat berlindung.

Mereka dapat bersarang, bertelur, dan merawat anak-anaknya diantara batang enceng gondok dengan aman. Bahkan di beberapa konservasi alam, petugas menjadikan enceng gondok sebagai rumah alami bagi beberapa unggas.

Baca Juga  Manfaat Buah Okra yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

3.Menaungi ikan dari terik matahari

Enceng gondok juga disukai oleh peternak atau pembudidaya ikan karena tanaman yang mengambang di kolam ini digunakan ikan untuk tempat berteduh dari terik matahari.

Kolam atau sungai yang ada enceng gondoknya memudahkan ikan untuk bertelur karena akarnya bisa dijadikan tempat bersarang. Itulah sebabnya ikan akan mudah berkembang biak di tempat yang ada enceng gondoknya.

Selain itu beberapa jenis ikan suka bersembunyi di daerah akar enceng gondok untuk berlindung dari predator. Bahkan ikan tersebut juga memakan daun-daun enceng gondok. Sehingga ikan menjadikan enceng gondok sebagai makanan sekaligus tempat berlindung dari predator.

4.Mengendalikan pertumbuhan ganggang

Manfaat eceng gondok selanjutnya adalah untuk mengendalikan pertumbuhan ganggang. Tumbuhnya ganggang yang melimpah akan berefek buruk bagi lingkungan perairan karena limpahan tersebut dapat menutupi permukaan perairan sehingga jumlah matahari dan oksigen yang dibutuhkan organisme lain akan berkurang.

Enceng gondok menghambat pertumbuhan ganggang dengan cara menyedot nutrisi yang dibutuhkan oleh ganggang untuk tumbuh.

5.Sebagai bahan baku pupuk organik

Manfaat lainnya dari enceng gondok adalah bisa menjadi bahan untuk membuat pupuk kompos atau organik. Hal ini karena pada enceng gondok terkandung asam humat yang berperan dalam proses pertumbuhan akar tanaman.

Baca Juga  Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan dan Dampak Negatifnya

Pupuk kompos memiliki keuntungan dibanding pupuk kimia, yaitu lebih aman bagi kelestarian lingkungan. Caranya pembuatan pupuk kompos menggunakan enceng gondok cukup mudah, hancurkan enceng gondok kemudian campur dengan decomposer mikroDek (Em4). Lalu campuran tersebut difermentasi selama beberapa hari, dan pupuk siap untuk digunakan.

6.Sebagai makanan ternak

Enceng gondok juga bermanfaat bagi hewan ternak karena tanaman ini bisa diolah menjadi pakan ternak. Hal ini karena enceng gondok mengandung sejumlah zat dan vitamin yang diperlukan oleh makhluk hidup, termasuk hewan untuk tumbuh dan berkembang.

7.Dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan

Fungsi lain dari enceng gondok adalah pemanfaatan enceng gondok sebagai bahan energi alternatif. Kandungan enceng gondok bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan briket enceng gondok menjadi biogas. Biogas dari enceng gondok ini bisa dipakai sebagai pengganti bahan bakar minyak yang jumlahnya makin menipis.

8.Untuk memurnikan dan menjernihkan air

Menurut penelitian yang dilakukan di beberapa negara maju, ditemukan bahwa enceng gondok bisa digunakan untuk memurnikan air. Hal ini karena sistem akar enceng gondok memiliki kekuatan luar biasa untuk menyerap kotoran.

Bahkan saat ini enceng gondok telah banyak dimanfaatkan oleh pusat penanganan limbah di beberapa kota besar di Amerika. Tak hanya itu, enceng gondok juga memiliki kemampuan untuk menyerap limbah logam berat dan residu pestisida yang seringkali mencemari lingkungan.

9.Menyembuhkan penyakit

Tanaman enceng gondok ternyata memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh, diantaranya kalsium, kalium, magnesium, mangan, fosfat, dan lainnya.

Baca Juga  Manfaat Daun Krokot Untuk Kesehatan Berikut Kandungan Nutrisi

Senyawa yang dikandung dalam enceng gondok tersebut berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat enceng gondok dalam kesehatan :

•Meringankan sakit maag

•Meredakan gatal pada kulit

•Mengatasi sakit gigi

•Mengobati panas dalam

•Mengobati asma

•Mengeringkan bisul

•Menurunkan suhu tubuh yang tinggi

•Melancarkan buang air kecil

Nah, itulah beberapa manfaat eceng gondok bagi lingkungan dan kesehatan. Ternyata dibalik kesan sebagai tanaman liar dan pengganggu, enceng gondok memiliki sangat banyak manfaat bagi alam.

Tanaman enceng gondok ini juga begitu mudah didapat di sekitar kita, tapi memang tidak banyak orang yang mengetahui manfaat tanaman ini. Semoga dengan tulisan ini, kita bisa memanfaatkan enceng gondonk dalam kehidupan kita.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *