minum air kelapa saat haid
Apakah Aman Minum Air Kelapa Saat Haid? Dan 5 Manfaat Air Kelapa
November 19, 2018
ciri ciri campak
Sudahkah Mengenal Ciri Ciri Campak Pada Anak Dengan Benar?
November 21, 2018

Apa Itu Terapi Gurah dan Apa Manfaat Gurah Bagi Kesehatan

manfaat gurah

Manfaat Gurah – apa sih gurah itu? bagi beberapa orang kuno pasti sudah mengenal apa itu gurah namun bagi masyarakat modern pasti masih asing mendengar kata gurah.

Baca Juga  Mengobati Hipertensi Dengan 8 Jus Penurun Darah Tinggi

Gurah adalah sebuah pengobatan tradisional yang berasal dari Imogiri, Bnatuk Yogyakarta. Awalnya adalah digunakan untuk mengatasi masalah sinusitis, masalah tenggorokan dan masalah pernapasa yang lainnya namun kini pengobatan gurah berkembang di berbagai macam bidang.

Apa Itu Terapi Gurah?

Cara gurah adalah dengan memasukan beberapa campuran ramuan herbal ke dalam hidung pasian ketika sedang tidur terlentang. Kemudian pasien akan disuruh untuk duduk membungkuk sehingga ada banyak mucus yang diproduksi oleh hidung dan mulut.

Nah cairan mucus ini akan dikeluarkan bersama dengan penyakit atu bakteri yang ada di dalamnya. Efeknya adalah dengan cara ini maka pasien akan kehilangan rasa sakit pada saat pengobatan yang berlangsung lama ini. Pengobatan gurah ini pun sangat murah karena berkisar mulai 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantu siapa yang melakukan dan bahan herbal apa yang digunakan.

Untuk tanaman herbal sendiri yang banyak digunakan adalah kulit akar tanaman clerodendron javanicum. Tanaman ini adalah tanaman di Jawa yang mudah ditemukan dan sering dikenal dengan nama sagunggu atau sriganggu. Untuk meramunya dan melakukan cara gurah hidung sendiri maka akar dicuci besih kemudian dijemur hingga kering setelah kering ditumbuk hingga halus. Sebelum digunakan bubuk akar akan dicampur dengan air kemudian diaplikasikan pada hidung.

Baca Juga  5 Penyebab Rambut Rontok Parah Dan Cara Mudah Mencegahnya

Walaupun pada beberapa orang metode gurah ini cukup berhasil namun pada beberapa orang lainnya gurah ini akan menmbulkan efek samping. Efek samping gurah tetes hidung misalnya kemampuan membau yang hilang karena terjadinya kekeringan pembuluh darah di dalam hidung.

Kondisi kemampuan penciuman yang hilang ini akan menggiring pasien yang mengalami penyakit anosmia yakni penyakit dimana Anda tidak lagi bisa menggunakan indra penciuman. Maka bagi Anda yang tidak cocok atau ingin melakukan gurah sendiri sebaiknya berhenti atau memilih jalur pengobatan dengan dokter spesialis THT untuk menghilangkan lendir secara efektif dengan alat modern.

Pantangan Para Penguna Gurah?

manfaat gurah
Manfaat gurah memang sangat beragam namun ada beberapa pantangan yang harus diingat para pengguna gurah. Pantangan setelah gurah dilakukan adalah sebagai berikut ini:

• Tidak boleh makan makanan pedas

Setelah melakukan gurah maka ada banyak bagian tenggorokan yang sesitif. Jika mengkonsumsi makanan pedas maka bisa menimbulkan iritasi pada hidung dan menimbulkan penyakit. Anda dilarang untuk mengkonsumsi makanan pedas setidaknya selama 1 minggu.

• Tidak boleh minum es

Es atau semua jenis makanan dingin baik itu baru saja keluar dari freezer atau lemari pendingin harus dihindari. Hidung dan tenggorokan yang masih sensitif ini akan langsung dingin dan memicu timbulnya penyakit flu. Bahkan es juga akan menimbulkan pita suara yang rusak. Maka jangan kosumsi es setelah 10 hari terapi gurah dilakukan.

Baca Juga  Ternyata Ini 5 Manfaat Kebugaran Jasmani Untuk Tubuh Dan Rohani

• Tidak boleh makan makanan berminyak

Minyak dalam makanan akan memproduksi lendir kembali dalam tenggorokan. Jadi terapi yang sudah dilakukan dengan harga mahal akan sia-sia jika setelahnya Anda makan makanan berminyak. Minyak akan mengumpul di tenggorolan dan membuat kotor. Anda akan langsung merasa terganggu karena lendir yang terbentuk.

• Jangan merokok dan gunakan masker

Hindari merokok paska terapi gurah selama kurang lebih 10 hari. Merokok adalah sumber timbulnya lendir dala tenggorokan. Akan sangat baik jika Anda tidak merokok dan menggunakan masker. Debu yang ada di lingkungan terutama polusi akan menimbulkan kotoran pada hidung dan tenggorokan yang baru saja dibersihkan.

manfaat gurah

Berbagai Manfaat Gurah Bagi Kesehatan Tubuh

Kini terapi gurah tidak hanya dikhususkan pada bagian hidung dan tenggorokan saja untuk menghilangkan lendir. Namun ada banyak manfaat gurah lainnya yang terdapat pada seluruh bagian tubuh yang terganggu kesehatannya. Anda bisa melakukannya dengan rutin atau dilakukan ketika kesehatan sedang terganggu saja.

Namun ingat terapi ini harus dilakukan oleh orang yang ahli dan menggunakan ramuan yang terpercaya. Jangan sampai Anda melakukannya sedniri atau dengan ramuan yang belum tentu baik untuk digunakan pada tubuh. Ini akan menghindari efek samping gurah yang justru berbahaya pada tubuh Anda. Berikut ini berbagai macam manfaat gurah bagi tubuh yang perlu diketahui.

1. Manfaat gurah tenggorokan

Secara umum gurah memang awalnya digunakan untuk tenggorokan. Masalah karena flu yang berkepanjangan mengakibatkan tenggorokan terserang lendir. Lendir ini sangat mengganggu dan bisa menimbulkan insomnia, untuk menghilangkannya terapi gurang dibutuhkan. Lendir pada tenggorokan yang menuju pada paru-paru akan benar-benar hilang dengan baik.

Baca Juga  Apakah Aman Minum Air Kelapa Saat Haid? Dan 5 Manfaat Air Kelapa

Selain mengeluarkan lendir, jamur yang bersarang pada tenggorokan juga akan hilang. Anda bisa terhindari dari masalah kanker tenggorokan karena penumpukan lendir yang berlebih. Cara menggunakan gurah adalah melalui hidung untuk menghilangkan lendir di tenggorokan.

2. Penggunaan gurah pada telinga

Masih menjadi satu pada saluran pernapasan yakni telinga. Metode gurah dapat dilakukan pada telinga yang memiliki kotoran tidak terjangkau dihilangkan dengan cotton bud. Telinga yang rusak pendengarannya akibat kotoran ini harus segera diobati menggunakan gurah. Bakteri yang terdapat dalam lubang telinga dan menibulkan gatal akan diobati dengan baik menggunakan gurah.

Cara menggunakannya adalah sama seperti ketika Anda menggunakan pembersih telinga ear candle. Rampah akan dibakar di atas telinga sehingga kotoran dalam telinga akan keluar. Setelah itu Anda akan merasakan pendengaran kembali menjadi bersih.

3. Manfaat gurah mata

Memiliki mata minus maka terapi gurah bisa digunakan untuk mengobatinya. Memiliki mata misu dan menggunakan kacamata membuat sebagian besar tidak percaya diri. Dengan melakukan gurah maka Anda bisa memperbaiki penglihatan dan menghilangkan racun yang berada di dalam mata. Debu dan kotoran sering masuk apalagi bagi Anda yang sering berkendara menggunakan motor tanpa kacamata.

Nah untuk itu terapi gurang perlu dilakukan untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut. Cara menggunakannya adalag gurah diteteskan ke mata. Ramuan yang digunakan juga khusus bukan seperti gurah untuk hidung.

4. Terapi gurah untuk organ kewanitaan

Tidak hanya saluran pernapasan saja yang membutuhkan gurah. Bagi kaum hawa gurah sangat bai digunakan pada organ kewanitaan. Gurah yang digunakan pada organ kewanitaan akan membersihkan jamur atau bakteri jahat serta menghilangkah bau tak sedap akibat keputihan berlebih. Bahkan jika dilakukan dengan rutin gurah untuk vagina akan menghindarkan sel kanker serviks.

Baca Juga  Manfaat Cream Temulawak dan 11 Khasiatnya Untuk Kecantikan

Bagi wanita yang tidak lancar mengalami datang bulan maka terai gurah akan melancarkannya. Sama halnya untuk kesuburan bagi Anda yang ingin segera memiliki momongab. Untuk menggunakan terapi gurah pada vagina adalah dengan menggunakannya sebagai ratus. Ramuan khusus yang telah dibuat akan diuapkan ke arah vagina sehingga menjadi lebih nyaman.

Nah itulah manfaat gurah bagi seluruh bagian tubuh. Bagi Anda yang ingin melakukannya ada banya tempat terapi gurah dengan varian harga tertentu. Anda bisa mencobanya untuk tujuan kesehatan.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *