7 Minuman Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Dengan Bahan Alami
September 19, 2018
Manfaat Bunga Rosella untuk Penyakit Ringan hingga Serius
September 19, 2018

Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jamu Beras Kencur -Bagi masyarakat adat Jawa, apalagi yang masih hidup dalam lingkungan perkampungan, tentu tidak asing dengan menuman herbal yang bernama jamu beras kencur. Jamu yang satu ini termasuk jamu-jamuan yang paling banyak diminati dan populer pada masyarakat.

     Seperti namanya, minuman herbal tradisional ini terbuat dari bahan utama beras dan kencur. Tentu saja beras dan kencur yang disajikan dalam berupa bubuk kering untuk selanjutnya diseduh dengan air panas.

     Rasa beras kencur memang sedikit pahit karena tidak mendapat tambahan gula. Bagi anak-anak, dapat diakali dengan menambahkan minuman perasa. Kalau dulu yang kerap dipakai tukang jamu keliling adalah bubuk sachet Cap Buyung Upik yang hanya punya dua rasa, yaitu jeruk dan stroberi. Namun, rasa yang pahit itu nyatanya tidak menghentikan kegemaran masyarakat untuk terus menkonsumsi jamu ini.

     Kegemaran masyarakat Jawa dalam mengkonsumsi jamu bukan tanpa alasan. Mereka percaya bahwa jamu memiliki banyak manfaat. Manfaat beras kencur yang telah dipercaya turun temurun adalah sebagai penjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit ringan seperti masuk angin, batuk, atau flu.

     Selain itu, manfaat beras kencur khususnya bagi perempuan adalah sebagai penjaga kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi secara rutih, kulit perempuan dipercaya akan menjadi sedap dipandang. Tidak heran kalau selama berabad-abad kulit perempuan Jawa dikenal memiliki karakter unik, yaitu bukan putih melainkan kekuning-kuningan.

     Banyak manfaat yang didapat dari beras kencur memang sangat memungkinkan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak di dalamnya pastilah terdapat karbohidrat yang membuat tubuh berenergi.

     Selain itu, dalam uji laboratorium, dalam jamu beras kencur setidaknya memiliki kandungan sebagai berikut, yaitu protein, kalori, serat pangan, omega 3 dan omega 6, mangan, magnesium, fosfor, lemak, tiamin, ribovlavin, niacin, pottasium, zink, vitamin B6 dan Vitamin E, kalsium, zat besi, pati, minyak atsiri, asam cinnamic, asam anistic, alkanoid, gom, borneol, asam metil kanil, khampene, penta dekaan, ethyl aster, paraeumarin, dan ineol.

Dari kandungannya tersebut, kemudian dapat dimengerti manfaat beras kencur bagi tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Manfaat jamu beras kencur untuk melancarkan haid.

Beras kencur sangat efektif untuk perempuan dalam melancarkan datang bulan atau haid. Efek yang diberikan adalah meluruhkan sel telur yang mati dari dinding rahim sehingga tidak menimbulkan penggumpalan. Beras kencur jauh lebih aman ketimbang obat non herbal karena terbukti tidak merusak dinding rahim.

  1. Manfaat beras kencur untuk membuat badan bugar.
Baca Juga  Kenali Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

Kandungan seperti protein, kalori, dan karbohidrat mempengaruhi penciptaan energi dalam tubuh sehingga akan terasa bugar dan optimis. Hal ini tentu harus diimbangi asupan nutrisi dari buah-buahan yang mengandung vitamin C.

  1. Manfaat jamu beras kencur untuk menjaga ginjal.

Jamu yang satu ini memang sangat ramah pada ginjal. Jamu beras kencur ini sangat baik bagi orang tua yang memiliki keluhan pada ginjal atau sistem absorsi dalam tubuh. Walaupun demikian, sebaiknya Anda tidak melupakan fungsi air mineral.

  1. Manfaat beras kencur untuk sendi.

Kandungan seperti fosfor, zat besi, dan mangan membuat sendi-sendi tulang mendapat efek dari mengkonsumsi minuman herbal ini. Terlebih bagi orang yang memang mengalami nyeri sendi. Dengan mengkonsumsi beras kencur secara teratur, sakit sendi dan linu akan berkurang.

  1. Manfaat jamu beras kencur untuk mengobati batuk.

     Salah satu manfaat beras kencur yang paling dicari adalah khasiatnya untuk mengobati batuk. Bahkan untuk batuk kronis pun bisa ditangani dengan jamu ini. Itulah sebabnya anak-anak juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beras kencur. Jamu ini akan meningkatkan sistem imuns dalam tubuh.

     Selain itu, manfaat beras kencur yang lain bagi tubuh adalah sebagai obat pilek, obat demam, menghilangkan rasa kantuk, menghangatkan tubuh, melegakan tenggorokan, mencegah panas dalam, mengatasi gangguan pernapasan, mengatasi gangguan paru-paru, mengobati sinusitis, meringankan migrain, mengatasi sariawan, mengatasi bau mulut dan menghilangkan bau badan.

     Itulah manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan. Beras kencur baik diminum bahkan sampai 3 gelas setiap harinya. Namun, yang perlu diingat adalah bahwa peran beras kencur yang tidak dapat menggantikan fungsi air mineral atau buah-buahan. Jadi, sebaiknya Anda mengkonsumsi beras kencur juga sambil terus menjaga pola konsumsi air mineral dan asupan vitamin, ya.

   

 Selain untuk masalah kesehatan tubuh, beras kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawat kecantikan. Dengan memberlakukannya sebagai minuman atau lulur, khasiatnya akan Anda dapatkan. Berikut ini adalah manfaat yang kita peroleh bila memanfaatkan beras kencur sebagai bahan perawat kecantikan alami.

  1. Manfaat jamu beras kencur untuk menghaluskan kulit

     Untuk memperoleh khasiat beras kencur sebagai penghalus kulit, Anda bisa meminumnya atau membuatnya jadi masker. Hal tersebut terjadi karena beras kencur dapat mengangkat sel kulit mati dan memicu pertumbuhan sel baru. Jaman dulu, perempuan Jawa harus meraciknya sendiri. Namun, sekarang sudah banyak masker beras kencur sachet yang harganya terjangkau.

  1. Manfaat jamu beras kencur untuk melembutkan kulit.
Baca Juga  Manfaat Buah Mahoni, Si Pahit yang Disepelekan

     Bagi perempuan yang telah memasuki usia dewasa, manfaat beras kencur yang satu ini sangat didambakan. Beras kencur dapat membuat efek kasar, bersisik, dan tidak kenyal pada kulit menjadi terobati.

  1. Manfaat beras kencur untuk mencerahkan kulit.

     Pada dasarnya, jamu-jamu khas Jawa akan membuat kulit menjadi terlihat bersih apabila dikonsumsi secara berkelanjutan. Khasiat yang akan didapat pun warna kuning langsat yang terpancar dari kulit.

  1. Manfaat jamu beras kencur dalam meregenerasi sel kulit.

     Bagi perempuan yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terkenal sinar matahari, beras kencur menjadi cara yang ampuh untuk menjaga kulit tetap sehat dan berseri. Beras kencur membuat sel kulit tumbuh dengan baik sehingga tidak terganggu jika ada sel kulit yang mati.

  1. Manfaat beras kencur untuk menghilangkan jerawat.

     Beras kencur sangat baik dalam mengatur kondusifitas minyak di sekitar kulit serta menjaga peredaran darah tetap lancar. Hal itu memungkinkan beras kencur dapat mencegah atau mengobati jerawat yang terjadi karena darah kotor atau pun pori-pori yang tersumbat minyak dan kotoran.

     Selain itu, manfaat jamu beras kencur lainnya adalah untuk meremajakan dan melembabkan kulit, mengangkat komedo bersama sel kulit mati, melembutkan mencerahkan kulit, menjaga kadar minyak pada kulit, membuat wajah selalu tampak segar, mencegah penuaan dini, mengatasi keriput pada bagian wajah, menghilangkan selulit, menyamarkan noda hitam bekas jerawat atau luka pada kulit, dan menghambat pertumbuhan bulu pada kulit.

     Nah, sahabat, itu tadi adalah manfaat beras kencur bagi kesehatan dan bagi kecantikan. Meskipun jamu beras kencur tidak termasuk ke dalam aturan makanan bergizi “empat sehat lima sempurna”, namun khasiatnya sudah tidak ada yang meragukan. Bahkan telah diuji oleh masyarakat selama ratusan tahun.

     Dengan pengimbangan makanan yang bernutrisi cukup, mengkonsumsi jamu adalah cara yang paling baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Sahabat, cintai terus makanan tradisional dan tetap sehat, ya!

 

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *