jus penurun darah tinggi
Mengobati Hipertensi Dengan 8 Jus Penurun Darah Tinggi
November 13, 2018
penyebab sakit pinggang sebelah kiri
Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan 6 Cara Mencegahnya
November 14, 2018

Minum Secara Rutin dan Dapatkan 12 Manfaat Jamu Kunyit Asam

manfaat jamu kunyit asam

Manfaat Jamu Kunyit Asam – Jamu kunyit asam merupakan minuman herbal khas Indonesia yang diwariskan secara turun-menurun dari zaman dahulu. Berbeda dengan jamu pada umumnya yang memiliki rasa pahit dan getir, kunyit asam atau kunir asem berasa asam dan segar sehingga banyak orang menyukainya.

Sampai saat ini jamu kunyit asam masih menjadi idola karena lebih alami dan tidak memiliki efek samping negatif bagi tubuh. Selain itu, cara pembuatannya juga sangat mudah dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan

Jamu kunyit asam yang merupakan kombinasi kunyit dan asam jawa ini terbukti berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Hal ini karena ternyata kunyit mengandung zat aktif yang mampu berperan sebagai analgesik (pereda nyeri), antipretik (anti demam), serta antiradang.

Minum Secara Rutin dan Dapatkan 12 Manfaat Jamu Kunyit Asam

manfaat jamu kunyit asam

Selain itu, kunyit juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya kandungan mineral zat besi, kalsium, kalium, natrium, vitamin A dan vitamin C, serta memiliki kandungan minyak atsiri. Nah, agar tahu lebih dalam lagi, berikut ini manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan dan kecantikan.

1.Mengatasi masalah haid

Jamu kunyit asam dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah perempuan, satu diantaranya adalah masalah haid. Ketika haid, beberapa bagian tubuh seperti perut, panggul, punggung bawah, maupun payudara bisa terasa sangat nyeri.

Nah, jamu kunyit asam mampu mengatasi nyeri haid karena sifat analgesik yang ada padanya. Selain itu kunyit juga mengandung senyawa aktif yang mampu menghambat produksi hormon prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

Khasiat lainnya bagi wanita haid adalah kemampuan kunyit asam untuk membantu melancarkan siklus haid jika dikonsumsi secara rutin. Kunyit bisa melancarkan haid secara aman dan alami karena mampu membantu produksi hormon estrogen secara efektif.

2.Menurunkan berat badan

Semua orang baik pria dan wanita tentu menginginkan berat badan yang ideal. Nah, Bagi seseorang yang tidak ingin bertambah gemuk atau sedang dalam program diet, mengkonsumsi jamu kunyit asam merupakan salah satu pilihan terbaik. Hal ini karena kombinasi kunyit dengan asam mampu memperlancar peredaran darah serta membuang lemak, sehingga berat badan menjadi terkontrol.

Baca Juga  Manfaat Cream Temulawak dan 11 Khasiatnya Untuk Kecantikan

Selain itu, kunyit asam merupakan minuman kaya nutrisi yang mampu membuat seseorang tahan rasa lapar dalam jangka waktu lama, sehingga dapat menurunkan berat badan tanpa mengurangi kondisi kesehatan. Nah, Untuk mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, bisa dilakukan dengan rutin minum jamu kunyit asam hangat setiap sebelum sarapan.

3.Sebagai detoksifikasi tubuh

Tanpa disadari, setiap hari tubuh kita mendapatkan racun yang berasal dari makanan ataupun obat-obatan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu manfaat jamu kunyit asam adalah mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi, sehingga tubuh menjadi lebih bersih, bugar, dan sehat. Hal ini karena kunyit kaya akan polifenol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

4.Mengontrol kadar gula darah

Tahukan anda bahwa mengonsumsi kunyit asam berkhasiat mengontrol kadar gula darah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kunyit mengandung zat aktif curcumin yang mampu menekan kadar gula darah. Tapi harus diperhatikan juga untuk tidak mengkonsumsi kunyit asam dalam jangka waktu lama, karena justru bisa mengakibatkan penurunan kadar gula darah secara gratis.

Baca Juga  Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5.Mengobati radang tenggorokan

Pada musim pancaroba banyak orang terkena radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Kunyit asam merupakan salah satu obat herbal tradisional yang mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Berbagai kandungan dalam kunyit seperti minyak atsiri, curcumin, turmeron, maupun zingiberen mampu berperan sebagai antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi (anti radang).

manfaat jamu kunyit asam

6.Menghilangkan bau badan tak sedap

Bau badan yang tak sedap serta keringat akibat banyaknya aktivitas seringkali menurunkan kepercayaan diri seseorang. Nah, agar terhindar dari masalah bau badan ini, anda bisa mencoba jamu kunyit asam secara rutin. Selain perawatan luar menggunakan deodoran, jamu kunyit asam bisa digunakan juga untuk perawatan dari dalam.

Hal ini dikarenakan minyak atsiri yang dikandungnya mampu mengikat keringan berlebit dan membunuh bakteri penyebab bau tak sedap, sehingga menjadikan badan tetap wangi. Bye bye bau badan dengan jamu kunyit asam.

7.Menjaga kesehatan kulit

Tidak harus mahal untuk mendapatkan kulit yang sehat dan indah, namun anda dapat memanfaatkan bahan-bahan tradisional, diantaranya jamu kunyit asam.

Baca Juga  Kandungan dan 7 Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Jamu kunyit asem diketahui memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bermanfaat membantu meremajakan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan curcumin pada kunyit mampu malawan kanker kulit.

8.Menjaga stamina tubuh

Manfaat jamu kunyit asam lainnya adalah membuat badan tetap sehat dan segar sepanjang waktu, apalagi bagi yang rutin mengkonsumsinya. Dengan rajin minum jamu kunyit asam ini, badan tidak akan cepat lelah meskipun berada pada tingkat aktivitas yang tinggi.

Selain manfaat jamu kunyit asam diatas, beberapa manfaat lainnya diantaranya

9.Membantu mengatasi anemia

10.Mengobati diare

11.Mampu memerangi kanker

12.Mengatasi perut kembung

Demikian tadi beberapa manfaat jamu kunyit asam bagi tubuh manusia. Berbagai manfaat ini bisa jadi tidak didapatkan dengan instan dan membutuhkan kekonsistenan dalam mengkonsumsi jamu kunyit asam. Tetapi kebiasaan minum jamu kunyit asam akan memberikan efek positip terhadap kesehatan secara aman dan alami. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera minum jamu kunyit asam

Artikel Terkait

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *