139 cara menghilangkan keringat buntet
7 Cara Menghilangkan Keringat Buntet Secara Alami Dengan Mudah
January 7, 2019
khasiat daun kemangi
7 Khasiat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui Banyak Orang
January 9, 2019

Lupakan Bau, Inilah 5 Khasiat Jengkol dan Manfaat Jengkol

khasiat jengkol

Manfaat Jengkol – Bagi yang begitu memfavoritkan makanan satu ini, mendengar nama saja tentu akan menelan ludah karena rasa ingin yang tidak tertahankan.

Terutama saat mendengar makanan ini dimasak dengan kuah kental berbumbu dan aromanya yang menyengat, semakin menggugah selera dan nafsu makan. Semur jengkol, makanan khas betawi ini begitu banyak penikmatnya karena selain memiliki rasa yang lezat, rupanya jengkol memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh kita.

Sayangnya, para kaum milenial akan menghindari makanan satu ini sekalipun rasanya mampu menggoyang lidah. Pasalnya, baunya yang menyengat dan begitu nempel di mulut membuat orang akan berpikir dua kali untuk mengonsumsinya. Terutama saat akan melakukan pertemuan dengan banyak orang, bau yang ditimbulkan jengkol ini rasanya akan mengganngu.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Koreng Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

Namun, jangan karena takut menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, kita jadi mengesampingkan banyak manfaat yang terdapat di dalam jengkol guys. Coba konsumsi makanan satu ini disaat kalian libur sekolah atau bekerja. Jadi banunya tidak akan mengganggu oang lain. Lalu setelah makan, kalian juga bisa menggunakan obat kumur agar tidak ada yang tersisa di bagian gigi.

Lupakan Bau, Inilah 5 Khasiat Jengkol dan Manfaat Jengkol

manfaat jengkol
Karena sayang sekali jika hanya mempertimbangkan bau menyengat tapi kita mengabaikan segudang manfaat jengkol. Salah satunya yang paling vital adalah sebagai obat anemia. lalu apasajakah manfaat jengkol lainnya dan apa sajakah khasiat jengkol, sehingga harus sering-sering kita konsumsi. Simak yuk artikel di bawah ini.

1. Mencegah Anemia

Anemia menjadi perhatian besar bagi para pakar kesehatan terutama untuk kaum wanit. Pasalnya, wanita milenial sekarang banyak yang kurang menyadari pentingnya asupan makanan sehingga meningkatkan resiko anemia.

Terutama untuk wanita yang sudah menikah dan juga sedang dalam program hamil, pencegahan anemia sangat diperlukan karena nantinya dapat berpengaruh pada kondisi janin.

Kandungan yang terdapat dalam jengkol salah satunya adalah zat besi yang sangat penting untuk mencegaj dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan zat tersebut otomatis sel darah merah juga akan berkurang, akibatnya pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh menurun dan mengurangi kinerja sel dan dapat menyebabkan penyakit anemia.

2. Mencegah Osteoporosis

Khasiat jengkol tidak hanya mengandung zat besi dan protein saja, makanan berbentuk biji yang sedikit lempeng itu juga memiliki kalsium dan fosfor. sepertikita ketahui sebelumhya adanya kandungan dan fosfor tentu saja sangat berpengaruh untuk tulang, karena dapat menutrisi tulang sehingga memperkuat dan tidak mudah rapuh.

Baca Juga  Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Jadi, seringkali makan jengkol malah dapat membuat tulang menjadi kuat dan mengurangi resiko osteoporosis. Mengetahui hal tersebut, konsumsi jengkol untuk pria dan wanita yang berada di usia 40 tahunan sangat disarankan karena turut membantu dalam proses pembentukan kekuatan pada tulang. Jika tidak mau konsumsi susu karena rasanya yang terkadang sedikit aneh bagi lidah orang dewasa, maka semur jengkol bisa untuk alternatif.

3. Merampingkan Perut

Manfaat satu ini tentunya akan sangat menarik untuk para wanita, sebab akan sangat mempengaruhi penampilan. Tentu saja, jika perut buncit maka akan menurunkan kadar kepercayaan diri karena tidak bisa tampil seksi dan menarik. Daripada harus mengonsumsi obat diet yang kadang memiliki efek samping mengerikan, lebih baik produk alami saja.

Hal itu disebabkan khasiat jengkol yang memiliki kandungan serat tinggi. Sehingga meningkatkan metabolisme tubuh seseorang, agar rutin dan memperlancar proses pembuangan. Hal ini juga menyehatkan karena kita tidak akan menimbun terlalu lama makanan dalam usus kita, namun langsung dibuang dan tidak lagi membuat perut buncit.

manfaat makan jengkol

4. Membantu Mengatasi penyakit Jantung

Penyakit jantung ini selalu dianggap penyakit mengerikan karena banyak korban yang meninggal akibat penyakit ini secara mendadak. Terlambat maupun salah penanganan sedikit saja maka berakibat fatal dan berujung pada kematian. Tak heran jika kini banyak sekali produk dan obat untuk penyembuhan penyakit ini.

Baca Juga  9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Ini Jarang Diketahui

Namun sayangnya, efek samping selalu menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Lagipula tidak semua orang dapat mengonsumsi obat-obatan karena kondisi tubuhnya yang berbeda-beda. Lalu jalan satu-satunya adalah konsumsi makanan alami, salah satunya adalah jengkol.

Rupanya khasiat jengkol adalah makanan yang memiliki sifat diuretik itu artinya jengkol memiliki kecenderungan untuk membuat kita gampang buang air kecil. Kandungan diuretik itu berfungsi untuk melancarkan pembuangan urin. Hal ini sangat baik bagi penderita jantung.

5. Mencegah Diabetes

Penyakit lain yang sangat banyak menyerang masyarakat Indonesia adalah diabetes. Jika sebelumnya kasus diabetes merupakan penyakit turuna, kini sudah banyak penyakit diabetes akibat konsumsi makanan yang tidak beraturan dan salah kaprah.

Baca Juga  Lakukan 4 Cara Mencegah Penyakit Difteri Ini Pada Anak

Oleh sebab itu bayak juga formula yang diciptakan oleh ahli gizi untuk menanggulangi penyakit satu ini yaitu gula dari jagung yang aman untuk diabetes. Sayang gula ini memiliki harga yang cukup tinggi, karena manfaatnya tersebut.

Untuk sedikit menghemat kita bisa memanfaatkan jengkol sebagai salah satu obat dalam pencegahan diabetes.Jengkol rupanya mengandung asam jengkolat dalam bentuk kristal yang tidak larut dalam air yang dapat mencegah timbulnya diabetes.

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *