cara menggunakan peditox
Cara Menggunakan Peditox Untuk Membasmi Kutu Nakal Di Rambut
August 8, 2018
efek samping kb iud
Banyak yang Gak Tahu, Inilah 7 Efek Samping KB IUD
August 9, 2018

Manfaat Jinten Hitam Untuk kesehatan tubuh dan Untuk Kecantikan

manfaat jinten hitam

Manfaat Jinten Hitam – Jintan hitam merupakan obat herbal yang sudah tidak asing lagi di dunia kesehatan. Habbatussauda atau yang lebih dikenal dengan sebutan jintan hitam ini merupakan sejenis obat-obatan yang sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu.

Dan bahkan Nabi Muhammad SAW pun sangat menganjurkan umatnya untuk menggunakan jintan hitam sebagai obat herbal untuk berbagai macam jenis penyakit.

Baca Juga  Tak Perlu Ke Dokter, 8 Buah Penurun Tensi Ini Harus Kamu Konsumsi

Di bidang kedokteran atau farmasi jintan hitam berguna untuk pengobatan seperti analgesic, anti bakteri, anti magh, anti jamur, hipertensi, antioksidan, anti kolergenik, hipotensi,renoprotektif dan berbagai macam jenis pengobatan lainnya.

 manfaat jinten hitam

Manfaat Jinten Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Asma

Tahukah Anda bahwa Thymoquinone merupakan unsur aktif di dalam jintan hitam yang terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit asma dibandingkan dengan obat fluticasone.

Karena efek jintan hitam untuk penderita asma juga mampu membuka saluran asma yang berfungsi agar pernafasan seseorang kembali berajalan dengan baik sehingga nantinya akan membuat lega saluran pernafasan.

2. Bermanfaat Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jinten hitam yang kedua adalah berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari segala macam bahaya penyakit hingga mengatasi gejala penyakit kanker yang sangat berbahaya.

3. Bermanfaat Untuk Detox Atau Menetralisir Racun

Tahukah Anda bahwa kandungan saponin yang terdapat di dalam jintan hitam terbukti ampuh untuk memerangi racun di dalam tubuh akibat makan-makanan tidak sehat, polusi ataupun karena gaya hidup tidak sehat.

4. Anti bakteri Pada Sistem Pencernaan

Biasanya ampicillin adalah sejenis obat yang digunakan sebagai anti bakteri untuk pengobatan pada sistem pencernaan, namun apakah Anda tahu bahwa minyak volatile yang terkandung di dalam jintan hitam terbukti lebih ampuh untuk membunuh bakteri jahat pada sistem pencernaan Anda? Jadi Anda bisa mengkonsumsinya.

Baca Juga  7 Cara Menaikan Trombosit Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

5. Bermanfaat Uuntuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Otak

Asam linolenat atau yang lebih dikenal dengan omega 6 dan omega 9 merupakan salah satu nutrisi yang berguna untuk kecerdasan otak. Nah nutrisi tersebut dapat Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi jintan hitam.

6. Merupakan Sumber Nutrisi yang Baik Bagi Tubuh

Tahukah Anda bahwa ada setidaknya sembilan jenis asam amino yang sangat baik untuk kesehatan? Dan Anda dapat ada menemukannya pada jintan hitam.

7. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apakah Anda merupakan seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi? Jika ya maka tenang Anda dapat memanfaatkan jintan hitam untuk menstabilkan tekanan darah Anda.

Sehingga Anda bisa mengkonsumsi jintan hitam setidaknya 100-200 mg ekstrak jintan hitam setiap hari selama dua bulan dan rasakan manfaatnya.

8. Sebagai Pengobatan Kanker Usus Besar

Kanker usus besar merupakan jenis penyakit mematikan setelah jantung. Selain kemoterapi dan mengkonsumsi obat-obatan pembunuh sel-sel kanker dengan cara rutin mengkonsumsi jintan hitam.

Baca Juga  9 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui

9. Sebagai Bahan Herbal Untuk Penyakit Epilepsi

Biji jintan hitam yang diramu secara tradisional dibuktikan mampu mengurangi kejang pada penderita epilepsi. Hal ini lantaran di dalam biji jintan hitam memiliki sifat anticonvulsive yang memiliki manfaat untuk para penderita epilepsi.

10. Penyembuhan Untuk Penyakit Diabetes

Mengkonsumsi setidaknya dua sampai tiga gram jintan hitam dalam sehari terbukti ampuh untuk menurunkan kadar glokusa bagi penderita diabetes. Jintan hitam dapat juga sebagai cara untuk menurunkan resinstensi insulin dan hemoglobin glikosilasi pada penderita diabetes secara efektif.

11. Dapat Mengatasi Insomnia

Insomnia dapat menyerang siapa saja baik itu usia tua maupun usia muda dan penyakit susah tidur ini dapat diakibatkan lantaran stres, lelah dan adanya penyakit lain di dalam tubuh.

Dan tahukah Anda bahwa insomnia dapat membahayakan jiwa jika tidak segera diatasi, namun Anda jangan khwatir karena dengan mengkonsumsi jintan hitam terbukti dapat menyembuhkan insomnia secara segnifikan.

Karena zat saponin yang terdapat di dalam jintan hitam dapat berpengaruh pada fungsi ginjal, jantung dan otot dalam tubuh yang membantu untuk mengatasi insomnia.

12. Sebagai Anti Inflamasi

Manfaat jintan hitam yang terakhir adalah dapat digunakan sebagai anti inflamasi saat terjadi peradangan. Anti inflamasi adalah sejenis radang yang biasanya terjadi karena terbentur benda keras atau terjatuh.

Anti inflamasi dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jintan hitam secara rutin. Selain meyembuhkan anti inflamasi kandungan thymoquinine dalam jintan hitam dapat meredam rasa sakit akibat peradangan yang terjadi.

Khasiat Jinten Hitam Untuk Kecantikan

khasiat jinten hitam

Selain digunakan untuk kesehatan, khasiat jintan hitam juga sangat berguna untuk kecantikan wajah dan tubuh wanita, berikut diantaranya:

1. Jinten Hitam Ampuh Mengobati Jerawat Membandel

Khasiat jinten hitam yang pertama adalah ampuh mengobati jerasawat membandel, karena sifat anti infalmasi pada jintan hitam terbukti ampuh untuk membasmin jerawat yang meradang.

Caranya adalah ambil satu sendok minyak jintan hitam dan tambahkan satu sendok yogurt plain lalu buat masker dan aplikasikan ke wajah yang berjerawat.

2. Membantu Mengatasi Rambut Rontok

Khasiat jinten hitam yang selanjutnya adalah minyak jintan ampuh untuk mengatasi rambut rontok dan merangsangnya untuk tumbuh kembali. Minyak jintan juga dapat menjaga kelembapan rambut dan membuatnya lembut dan sehat.

Baca Juga  6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah dan Tips Mencegahnya

3. Melembabakan kulit

Jika kulit Anda terasa kering ada baiknya jika mulai menggunakan minyak jintan hitam sebagai bahan pelembab alami dan ini adalah salah satu khasiat jinten hitam.

Cara pembuatannya pun cukup mudah yaitu siapkan minyak jintan dan minyak kelapa dengan jumlah perbandingan yang sama, campur kedua bahan dan aplikasikan ke seluruh tubuh secara rutin.

4. Sebagai Anti Aging Atau Mencegah Penuaan Dini

Khasiat jintan hitam untuk kecantikan yang ke empat yaitu dapat digunakan untuk perawatan wajah sebagai anti aging atau encegah penuaan dini

Hal ini lantaran kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bereperan aktif untuk mencegah keriput dan kulit kusam, caranya adalah oleskan minyak jintan hitam ke wajah yang telah dibersihkan, lakukan treatment ini secara rutin sampai mendapat hasil maksimal.

Demikian ulasan mengenai berbagai macam manfaat jinten hitam untuk kesehatan dan khasiat jinten hitam untuk kecantikan selain itu ada baiknya patikan untuk selalu menekankan gaya hidup sehat serta makan-makanan bergizi agar menjaga kesehatan badan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *