manfaat buah markisa
14 Manfaat Buah Markisa yang Jarang Diketahui Banyak Orang
October 1, 2018
belajar bahasa jerman untuk pemula
Jangan Putus Asa, Ini Tips Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula
October 1, 2018

Selain Bernutrisi, Inilah 10 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

manfaat kolang kaling

Manfaat Kolang Kaling – Kolang Kaling adalah salah satu jenis olahan makanan yang sering digunakan dan di beberapa rumah tangga, kolang kaling menjadi menu wajib dalam beberapa jenis makanan.

Seperti ketika membuat es, membuat campuran kolak dan campuran sup buah, serta menjadi bahan yang sering dipakai di tukang es buah keliling atau restauran besar.

Apakah Buah Kolang Kaling Itu?

Kolang kaling sendiri merupakan buah dari salah satu jenis pohon palma dari keluarga pohon aren atau enau. Selain disebut kolang kaling, buah yang satu ini disebut buah atap. Atau dalam beberapa sebutan di daerah anda mungkin berbeda seperti di masyarakat sunda jawa barat disebut cengkaleng.

Baca Juga  14 Manfaat Buah Markisa yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Di Indonesia, bagi masyarakat muslim Kolang kaling adalah menu wajib yang tersedia di meja makan ketika berbuka puasa. Baik di masjid atau menyiapkan berbuka di rumah olahan kolang kaling menjadi familiar ditemui di kolak, campuran es dan sirup, terutama sirup warna-warni yang menarik perhatian anak-anak serta menjadi topping campuran dalam beberapa makanan.

Karena seringnya menjadi makanan yang disajikan. Kolang kaling menjadi makanan yang mudah didapat. Baik di pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket. Permintaan kolang kaling akan naik pesat ketika bulan Ramadhan, libur Idul Fitri, libur-libur nasional lainnya seperti Tahun Baru Islam, Tahun Baru Imlek hingga perayaan pernikahan di bulan Syawal.

manfaat kolang kaling

Selain Bernutrisi, Inilah 10 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Selama anda mengkonsumsi kolang kaling. Pernahkah terpikir apakah kolang kaling memiliki manfaat. Karena seringkali kita makan makanan hanya karena ikut-ikutan trend. Atau menjadikan makanan sebagai makanan khas bulan bulan tertentu. Sehingga kita susah mencarinya ketika dibutuhkan di bulan lain.

Kelas kolang kaling akan naik drastis ketika bulan ramadhan dan libur nasional, serta perayaan pernikahan. Tetapi akan merosot drastis diluar hari-hari tersebut. Sehingga kita menganggap kolang kaling tak lebih sebagai makanan pelengkap atau pendamping. Bukan makanan utama.

Padahal kolang kaling yang seringkali dipandang sebelah mata ini. Memiliki segudang manfaat yang jarang diketahui orang. Bahkan mereka yang setiap hari menjadikan kolang kaling sebagai menu wajib buka puasa belum tentu mengetahui manfaat kolang kaling.

Dan ternyata selain mengandung banyak nutrisi kolang kaling memliki banyak manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh, diataranya:

1.Kolang Kaling bermanfaat bagi saluran pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi. Kolang kaling mampu melancarkan salurna pencernaan, mencegah sembelit dan konstipasi. Serta mampu menjadi pendukung proses pengeluaran zat-zat beracun dari saluran pencernaan.

2.Kolang kaling bermanfaat dalam melancarkan metabolisme tubuh

Hal ini disebabkan kandungan berbagai mineral yang ada di dalam kolang kaling seperti zat besi, zink, kalium dan kalsium. Mineral mineral tersebut berfungsi dalam membantu metabolisme sel-sel di dalam tubuh. Jika metabolisme dalam sel-sel tubuh berjalan lancar. Maka anda akan senantiasa bugar, tidak lemas dan malas.

3.Kolang kaling bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang

Bagi anda yang merasa mempunyai potensi osteoporosis. Maka mengonsumsi kolang kaling secara rutin dapat mencegah anda terkena osteoporosis. Hal ini disebabkan kandungan kalsium dalam kolang kaling bermanfaat memperkuat ketahanan tulang.

Baca Juga  Penyebab Cantengan dan Cara Mudah Mengatasinnya

4.Kolang kaling bermanfaat mencegah dehidrasi

Karena kandungan air dan beberapa mineral yang ada di dalam kolang-kaling. Maka mengonsumi kolang kaling dalam campuran es, sup buah dan kolak. Dipercaya dapat membantu tubuh menyerap cairan, mencegah tubuh kehilangan cairan dan kembali menyegarkan tubuh anda. Sehingga anda bisa kembali sehat berenergi.

 

5. Bermanfaat mencegah anemia (penyakit kekurangan darah)

Manfaat kolang kaling dapat mencegah anemia, hal ini karena kolang kaling mengandung zat besi yang berguna dalam pembentukan hemoglobin (salah satu pembentuk sel darah merah). sehingga memastikan pembentukan sel darah merah dan pasokan oksigen merata ke seluruh tubuh.

6. Bermanfaat dalam mengobati radang sendi

Radang sendi sendiri merupakan penyakit yang sering menyerang sendi lutu dan beberapa sendidi tubuh. Sehingga membuat pergerakan anda susah. Buah kolang kaling ini bisa digunakan asupan mengobati radang sendi. Caranya dengan merebus buah kolang kaling tanpa disertai gula pasir atau pewarna. Namun anda bisa menambahkan gula batu, jahe atau pandan sebagai pewangi.

Baca Juga  8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak

Jadikan cemilan rebusan tersebut dengan rutin mengonsumsi 100 sampai 200 gram setiap hari. Dengan rutin mengonsumsi kolang kaling. Maka zat dalam kolang kaling bernama galaktomanan dapat berfungsi mengobati radang sendi anda. Sehingga pelan-pelan sakit radang sendi anda bisa berkurang.

7. Bermanfaat mengobati gatal-gatal karena getah pohon

Beberapa orang telah mencoba mengonsumi kolang kaling setelah terkena getah pohon penyebab gatal-gatal, karena manfaat kolang kaling bisa mengatasi atau mengobati gatal gatal.

8. Bermanfaat dalam mengobati penyakit ringan

Penyakit ringan tersebut seperti influenza dan sariawan hal ini disebabkan kandungan vitamin C dalam kolang kaling mampu menyembuhkan sariawan. Serta menopang kekebalan tubuh dalam melawan virus influenza.

9.Kolang kaling bermanfaat mempercepat kenyang

Bagi anda yang sedang diet dan ingin camilan bermanfaat. Maka kolang kaling ini bisa menjadi salah satu pilihan. Kandungan gelatin yang ada di dalam kolang kaling bermanfaat dalam mempercepat kenyang dan menghentikan nafsu makan.

10. Mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Beberapa vitamin yang dikandung kolang kaling adalah vitamin A, Vitamin B7 (biotin), asam folat, zat besi, kalium, kalsium dan zink. Selain itu kolang kaling juga mengandung serat dan air yang cukup tinggi.

Baca Juga  Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Karena seringnya menyantap kolang kaling dalam berbagai olahan makanan. Anda patut juga mewaspadai resiko terlalu banyak makan kolang kaling dalam campuran makanan. Kebanyakan karena kolang kaling dicampur dalam makanan atau minuman yang mani (sup buah, jus dan kolak). maka anda harus mengukur diri agar tidak terkena penyakit kegemukan (obesitas) dan diabetes akibat terlalu banyak makan gula.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *