kelopak mata bengkak
Selain Alergi, Inilah 6 Penyebab Kelopak Mata Bengkak
November 29, 2018
cara mengatasi bayi cegukan
Bunda, Inilah 5 Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Alami dan Aman
November 30, 2018

Manfaat Masker Tepung Beras Untuk Kecantikan dan Cara Pembuatannya

masker tepung beras

Manfaat Masker Tepung Beras – Beras tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok di banyak negara, tapi ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit.

Beras yang ditumbuk hingga menjadi tepung memiliki khasiat menjaga kulit wajah sehat, cerah dan berseri. Kok bisa? Tepung beras masih memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit wajah diantaranya zat besi, kalsium, protein, dan vitamin B.

5 Manfaat Masker Tepung Beras Untuk Kecantikan

masker tepung beras
Sebagai perawatan wajah, tepung beras seringkali dijadikan sebagai bahan utama masker wajah. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa manfaat masker tepung beras bagi kulit wajah

Baca Juga  Manfaat Cream Temulawak dan 11 Khasiatnya Untuk Kecantikan

1.Menghilangkan jerawat

Kulit berjerawat? Tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan masker tepung beras untuk menghambat pertumbuhan jerawat di wajah. Masker tepung beras berkhasiat menghilangkan jerawat karena dapat berperan sebagai antiseptik sehingga mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan nutrisi pada tepung beras juga bisa berfungsi mengencangkan pori-pori kulit yang pada akhirnya mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat

2.Mengatasi flek hitam

Flek atau bintik-bintik hitam pada wajah terjadi karena adanya produksi melanin atau pigmen kulit berlebih. Sebab utama flek hitam adalah paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama. Salah satu bahan alami untuk menghilangkan flek hitam adalah tepung beras. Untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu bisa membuat masker dari tepung beras dan putih telur. Kombinasi dari kedua bahan alami tadi sangat ampuh menghilangkan flek hitam di wajah.

3.Mengencangkan kulit

Buat kalian yang ingin mengencangkan kulit, kamu bisa menggunakan masker tepung beras dalam perawatan kulit wajahmu. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih ampuh, kamu bisa mengkombinasikan tepung beras dengan madu. Tepung beras memiliki kandungan antioksidan ferulic acid yang membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit sehingga kamu tetap terlihat awet muda.

4.Mengatasi kulit berminyak

Produksi minyak pada wajah berguna untuk melembabkan kulit. Namun produksi minyak berlebih bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah seperti komedo, jerawat, serta wajah tampak mengkilat. Masker tepung beras cocok digunakan buat kamu yang memiliki tipe kulit berminyak.

Kandungan vitamin C yang ada pada masker tepung beras ternyata mampu mengikat minyak berlebih pada wajah, sehingga membuat wajah tetap bersih dan bebas kilap.

Baca Juga  Inilah 7 Manfaat Masker Naturgo dan Cara Pemakaiannya

5.Mengatasi penuaan dini

Penuaan dini biasanya ditandai dengan wajak tampak berkeriput sehingga terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Hal ini bisa disebabkan oleh polusi, kelelahan, maupun penggunaan make up yang berlebihan. Nah, masker tepung beras ternyata juga berkhasiat menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah.

Kandungan nutrisi pada masker tepung beras mampu mengangkat toksin dan radikal bebas yang menempel pada kulit, sehingga wajah tampak muda kembali.

Bagaimanakah Cara Membuat Masker Tepung Beras?

masker tepung beras

Untuk membuat ramuan masker alami, tepung beras bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain agar menjadi masker wajah berkualitas tinggi. Berikut ini beberapa resep masker tepung beras yang bisa kamu gunakan untuk perawatan kulit

1.Tepung beras murni

Masker dari tepung beras murni tanpa campuran apapun sudah sangat baik merawat kecantikan wajah asal dilakukan secara rutin dan teratur. Untuk mendapatkan tepung beras, kalian bisa melakukannya dengan menumbuk beras bijian atau menghancurkan dengan blender. Kemudian ambil 1 sampai 2 sendok tepung beras dan tambahkan dengan sedikit air panas. Aduk rata hingga terbentuk adonan seperti pasta.

2.Tepung beras dan putih telur

Kombinasi tepung beras dan putih telur sangat baik untuk mencerahkan dan menghilangkan komedo yang menempel di kulit wajah. Hal ini karena putih telur mengandung antioksidan alami yang ampuh mengangkat sel kulit mati serta memberikan perlindungan kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet.

Untuk membuat masker wajah sangat mudah, kalian tinggal mencampur tepung beras dan putih telur secukupnya. Lalu oleskan masker alami tersebut ke wajah dan diamkan sekitar 30 menit hingga mengering.

Baca Juga  8 Manfaat Sabun Pepaya bagi Kulit Berikut Cara Pemakaiannya

3.Tepung beras dan susu

Susu kaya akan nutrisi yang sangat baik menjaga kesehatan kulit diantaranya vitamin A, vitamin B, protein, serta AHA (Alpha Hydroxy Acid). Masker wajah alami bisa dibuat dengan mencampur masing-masing 1 sendok makan tepung beras dan susu cari. Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

4.Tepung beras dan madu

Mengkombinasikan tepung beras dengan madu merupakan salah satu cara untuk menambah khasiat masker tepung beras. Selain memutihkan, masker ini juga berkhasiat mengencangkan serta melindungi kulit wajah dari efek buruk radikal bebas. Cara membuat masker dari kedua bahan adalah dengan mencampur 2 sendok makan tepung beras dan 1 sendok makan madu. Kemudian tambahkan sedikit air panas dan aduk sampai rata hingga terbentuk pasta yang siap dipakai sebagai masker.

Demikian ulasan mengenai manfaat masker tepung beras beserta cara pembuatannya. Semoga bermanfaat buat kamu yang ingin melakukan perawatan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selamat mencoba dan selalu cantik ya!!

Artikel Terkait

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *