cara mengusir cicak
Cara Mengusir Cicak dan Cara Membasmi Cicak Di Rumah
August 27, 2018
cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis
Lupakan Lipstik, Ini Cara Memerahkan Bibir Dengan Jeruk Nipis
August 28, 2018

13 Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

manfaat okra hijau

Manfaat Okra Hijau – Okra hijau merupakan tanaman kapas – kapasan dengan jenis okra yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau dan manfaat okra hijau sudah banyak diketahui di luar negeri

Sehingga okra hijau sudah populer di berbagai negara yang ada di Asia, Eropa dan Australia. Bahkan okra sangat populer dan dipakai sebagai bahan dasar makanan di negara Philipina, Jepang, Arab Saudi, Sri Lanka dan beberapa negara di Eropa.

Namun, sayangnya di Indonesia, okra hijau masih belum populer dan masih jarang orang yang mengonsumsi okra hijau. Bahkan beberapa orang seringkali mengira okra hijau sebagai oyong. Padahal okra hijau dan oyong memiliki karekteristik yang berbeda.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

Tubuh kita membutuhkan cukup serat, jika tubuh kekurangan serat maka bisa memicu penyakit – penyakit seperti susah buang air besar, kolestrol tinggi, diabetes, obesitas dan kanker usus besar. Untuk menghindari diri dari penyakit – penyakit tersebut sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Salah satu sayuran yang banyak mengandung serat adalah okra hijau.

Okra hijau mengandung nutrisi seperti karbohidrat, kolesterol, energi, protein, folat lemak, zat besi, asam pantotenat, serat, sodium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, magnesium, tembaga, potasium, fosfor, mangan, riboflavin, crypto – xanthin dan lutein zeaxanthin.

9 Manfaat Okra Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat okra hijau

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat seseorang menjadi rentan sakit. Untuk mencegah melemahnya sistem imun, diperlukan asupan vitamin C yang cukup setiap harinya. Mengonsumsi okra hijau dapat bermanfaat menjaga kekebalan tubuh Anda.

2. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan kalsium yang terdapat di dalam okra hijau sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin K yang terkandung dalam okra hijau juga membantu memperkuat tulang.

3. Melancarkan pencernaan

Anda akan terhindar dari masalah pencernaan jika Anda mengonsumsi makanan berserat. Manfaat okra hijau ini salah satunya adalah melancarkan pencernaan karena dalam okra hijau terdapat serat yang baik untuk pencernaan.

4. Menurunkan kolesterol

Okra hijau mengandung lemak yang baik bagi tubuh. Lemak yang ada pada okra hijau bukanlah lemak jahat maupun lemak jenuh. Mengonsumsi okra hijau secara rutin membantu Anda menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan juga meningkatkan lemak baik di dalam tubuh.

Baca Juga  22 Manfaat Rebusan daun sirsak dan Kegunaan Daun Sirsak

5. Mencegah kanker rongga mulut

Di dalam okra hijau ini terkandung senyawa antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa antioksidan ini dapat mencegah kanker rongga mulut.

6. Melindungi paru – paru

Manfaat okra hijau dapat melindungi paru – paru karena kandungan antioksidan seperti lutein dan xanthin yang terdapat di dalam okra hijau.

7. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung dapat terjadi karena berbagai penyebab, salah satu penyebabnya adalah kolesterol. Namun untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung, Anda bisa mengonsumsi okra hijau yang mengandung antioksidan seperti epicatehin, quercetin dan procyanidin.

8. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A diketahui sangat baik untuk kesehatan mata. Jika Anda ingin menjaga kesehatan mata, rajin – rajinlah mengonsumsi okra hijau karena okra hijau kandungan vitamin A pada okra hijau sangat tinggi.

9. Mencegah penyakit diabetes

Dengan mengonsumsi okra hijau dapat membantu seseorang mengurangi kadar gula dalam darah. Serat yang ada pada okra hijau dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes.

manfaat okra hijau
Manfaat Okra Hijau Untuk Ibu Hamil

Ternyata okra hijau direkomendasikan untuk ibu hamil, karena manfaat okra hijau yang bisa mendukung tumbuh kembang janin. Manfaat dari okra hijau untuk kehamilan diantaranya :

1. Membantu pertumbuhan janin

Okra hijau mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh ibu hamil. Ada 13 vitamin C yang terkandung dalam secangkir jus okra.

Dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup maka kekebalan tubuh ibu hamil akan meningkat. Selain itu manfaat okra pada ibu hamil yaitu mengurangi masalah hipertensi, kardiovaskular dan juga membantu pertumbuhan janin di dalam rahim

2. Mengatasi sembelit akut selama kehamilan

Di dalam okra hijau terkandung serat larut dan selat tak larut. Untuk mengatasi sembelit akut selama kehamilan, ibu hamil disarankan mendapat 25 gram serat tak larut per hari.

Baca Juga  Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui

3. Menghambat radikal bebas yang merusak jaringan sel dan DNA

Dikutip dari African Journal of Biotechnolgy dan Nutrion Journal tahun 2011 dan 2010, okra merupakan sumber antioksidan yang baik dibandingkan sayuran lain. Antioksidan sangat berperan penting selama masa kehamilan karena dapat menghambat radikal bebas perusak jaringan sel dan DNA.

4. Mengurangi resiko bayi cacat lahir

Ibu hamil disarankan mendapatkan 400 miligram asam folat. Di dalam secangkir jus okra terkandung 37 miligram asam folat.

Berdasarkan riset yang dilakukan di Maryland Medical Center, dengan mengonsumsi asam folat secara teratur dapat terhindar dari risiko bayi cacat lahir.

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat dari okra hijau untuk kesehatan dan ibu hamil dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Kita semua yah selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *