cara membuat oralit
Cara Membuat Oralit Dirumah Untuk Mengobati Diare
August 28, 2018
manfaat air cucian beras
9 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Perawatan Kulit
August 29, 2018

Manfaat Okra Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

manfaat okra merah

Manfaat Okra Merah – Okra merupakan salah satu jenis sayuran yang cocok ditanam di daerah tropis dan subtropis. Pohon okra berasal dari benua Afrika, yang dibawa ke Amerika oleh budak Afrika sekitar 3 abad yang lalu. Pohon okra termasuk famili kapas – kapasan dan berjenis semak. Ada 2 jenis okra yaitu okra merah dan okra hijau.

Okra berbentuk panjang agak runcing di bagian ujungnya mirip dengan jari – jari lentik wanita. Karena bentuk itulah okra sering disebut Lady’s Finger.

Pohon okra bisa dimanfaatkan daun, buah dan bijinya. Buah okra biasa dimanfaatkan sebagai sayur dan obat. Daun okra dapat digunakan sebagai pakan ternak, namun jarang digunakan. Biji okra mengandung 20 % minyak dan 20 % protein. Biji okra dapat dikeringkan untuk diseduh sebagai pengganti kopi.

Baca Juga  Cara Membuat Oralit Dirumah Untuk Mengobati Diare

Penanaman okra berpusat di India, Amerika Latin dan Afrika Barat. Namun di beberapa negara lain seperti Thailand, Malaysia, Filipina dan Vietnam okra juga dikenal luas. Di Indonesia, okra sudah dibudidayakan sebagai sayuran di Kalimantan Barat sejak tahun 1877. Walaupun okra sudah dibudidayakan sejak lama, tapi sebagian orang di Indonesia masih belum tau khasiat dan manfaat okra.

Okra merupakan tanaman yang dapat diolah menjadi sayur okra. Okra mengandung banyak lendir jika direbus. Lendir okra dapat digunakan untuk membersihkan toksin dan kolesterol yang ada di liver. Lendir okra juga dapat digunakan untuk keperluan industri kertas dan makanan.

Okra merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak, tetapi kandungan flavonoidnya lebih rendah sekitar 0,88 % dibandingkan okra hijau.

Beberapa kandungan senyawa yang terdapat pada okra merah yaitu :

okra merah

– Lemak 2,05 %

– Kalium 6,68 %

– Minyak biji okra 40 %

– Fosfor 0,77 %

– Glutation

Selain kandungan senyawa tersebut sayur okra juga kaya akan serat. Terdapat 2 jenis serat pada sayur okra yaitu serat larut dan serat tidak larut.

Yang dimaksud dengan serat larut yaitu serat yang mudah larut di dalam air dan bisa menahan reabsorpsi garam empedu yang ada pada usus sehingga garam empedu dapat dieksresi. Sedangkan serat tidak larut adalah serat yang meningkatkan volume feses yang berguna untuk mencairkan konsentrasi pada karsinogen sehingga dapat mencegah risiko terjadinya kanker usus.

Manfaat Okra Merah Untuk Kesehatan Ini Jarang Diketahui

manfaat okra

1. Memperbaiki kerusakan sel tubuh

Okra merah mengandung protein nabati yang tinggi. Protein nabati jauh lebih baik dibandingkan protein hewani. Dengan adanya protein nabati tersebut okra merah bermanfaat untuk memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak.

2. Membantu mengontrol gula darah

Penderita diabetes harus menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Khasiat sayur okra dapat membantu mengontrol gula darah.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh bagus, Anda menjadi tidak mudah sakit. Sayur okra merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam 100 gram okra terdapat 23 mg vitamin C. Mengonsumsi sayur okra dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Sebagai sumber serat alami

Di dalam okra merah terdapat serat yang tinggi. Okra merah cocok untuk menurunkan berat badan karena di dalam okra merah terkandung jenis serat larut seperti yang ada di dalam oatmeal.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Sayur okra kaya akan antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga  Penyebab Anyang Anyangan Dan Cara Mengatasi Anyang Anyangan

6. Mengatasi stres

Hampir sebagian orang pernah mengalami stres, karena masalah pekerjaan ataupun karena kehidupan sehari – hari. Jika Anda merasa stres karena hal tertentu, Anda bisa mengonsumsi sayur okra.

Sayuran okra juga dapat merangsang produksi hormon dopamin dan serotonin yang berfungsi sebagai anti – depresan. Jika tubuh memproduksi lebih banyak dopamin dan serotonin maka akan membuat suasana hati menjadi lebih bahagia.

7. Meningkatkan hasrat seksual

Hasrat seksual cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia. Mengonsumsi okra merah terbukti bisa meningkatkan hasrat bercinta. Hal ini dikarenakan di dalam sayur okra merah terkandung magnesium, Folat, vitamin B, Zinc dan zat besi yang dapat membantu memelihara kesehatan organ intim.

8. Mengobati sariawan

Tingginya vitamin C pada sayuran ini dapat membantu mencegah dan mengobati sariawan di mulut.

9. Mengatasi asam urat

Manfaat okra merah yang lain yaitu dapat membantu mengatasi asam urat karena di dalam okra terkandung zat yang mempu mengobati asam urat.

10. Mencegah penuaan dini

Sayur okra bermanfaat untuk mencegah penuaan dini karena okra kaya akan antioksidan.

11. Mengatasi rematik

Penyakit rematik biasanya menyerang saat pagi hari dan menyebabkan jari tangan dan kaki mengalami sakit yang parah hingga sulit digerakkan. Sebagian orang mengobati rematik dengan rendaman okra merah.

Baca Juga  13 Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

12. Mengatasi sembelit

Jika Anda mengalami konstipasi atau susah buang air besar, mungkin Anda kekurangan serat di dalam tubuh Anda. Sayur okra kaya akan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat mencegah dan mengobati sembelit.

13. Mengatasi penyakit ginjal

Ginjal berperan untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh manusia dan membuangnya bersama dengan air seni dan dipercaya dapat memperbaiki fungsi ginjal dan dapat mengatasi penyakit ginjal.

14. Mempercepat pemulihan dari sakit

Sayuran hijau dapat mempercepat pemulihan dari sakit dan menurunkan tingkat kelelahan. Anda bisa memasukkan sayur okra ke dalam menu makanan Anda saat masa pemulihan sambil diiringi dengan olahraga rutin.

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat okra merah untuk kesehatan tubuh dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah selamat mencoba.

Artikel Terkait

Comments are closed.