cara memakai eyeliner cair
Tips dan Trik Serta Cara Memakai Eyeliner Cair Untuk Pemula
September 17, 2018
kegunaan baking powder
Gak Cuman Untuk Kue, Ini 11 Kegunaan Baking Powder Lainnya
September 17, 2018

8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak

manfaat petai cina

Manfaat Petai Cina – Tanaman petai cina biasanya hanya dijadikan santapan sayur semata. Olahan petai cina yang biasa dikonsumsi adalah botok, pepes, atau penunjang olahan sayur mayur lainnya di meja makan.

Masyarakat Indonesia hanya menjadikan petai cina sebagai makanan pendamping nasi. Serta sebatas pengisi perut belaka. Padahal, tanaman yang berasa di lidah antara hambar dan manis ini. Merupakan salah satu sayuran yang mempunyai segudang manfaat penting.

Baca Juga  7 Makanan Penyubur Sperma Salah Satunya Makanan Simbol Cinta

Petai cina atau dalam bahasa lokal disebut lamtoro. Memiliki biji kecil-kecil bernama asli latin Leucaena Leucocephala merupakan tanaman yang bermanfaat bagi tubuh dan pencegahan penyakit. Berikut manfaat petai cina yang seharusnya anda ketahui:

manfaat petai cina

8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak

Memang untuk memiliki otak yang cerdas dibutuhkan latihan belajar yang rutin, selain itu juga harus dibantu dengan memberikan mmakanan otak untuk mencerdaskan, dan salah satunya adalah denga mengkonsumsi petai cina, dan berikut di bawah ini adalah manfaat petai cina lainnya:

1.Petai cina bermanfaat menyembuhkan penyakit diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit umum masyarakat Indonesia. Serta termasuk dalma 5 besar penyakit paling banyak diderita masyarakat. Pasiennya mulai dari anak muda hingga orang tua yang diakibatkan gaya hidup tidak baik, terutama dalam menjaga asupan glukosa/gula.

Tanaman petai cina membantu tubuh menghasilkan hormon insulin dalam mengontrol kadar gula di dalam darah. Biji petai cina yang sudah kering bisa ditumbuk halus dan diseduh seperti menyeduh teh. Minum air seduhan petai cina mampu membantu penyembuhan diabetes.

2.Petai cina bermanfaat dalam mencegah timbulnya kanker

Penyakit kanker disebabkan oleh paparan radikal bebas di dalam tubuh atau timbulnya keganasan sel-sel tubuh yang kemudian menyerang sel tubuh lainnya.

Lamtoro atau petai cina mempunyai kandungan antioksidan yang mampu mengontrol paparan radikal bebas ke dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi petai cina secara rutin dengan beragam olahan di meja makan.

3.Petai cina bermanfaat dalam mengatasi penyakit cacingan

Penyakit yang menyerang anak-anak usia sekolah ini menyebabkan tubuh kekurangan zat gizi. Akibat telur-telur cacing yang terus tumbuh dan berkembang di saluran pencernaan.

Penyakit cacingan dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi petai cina. Bagi anak kecil, petai cina bisa dijadikan olahan sayur yang dicampur dengan saos manis atau lalapan makanan si kecil.

manfaat petai cina

4.Petai cina bermanfaat mencegah osteoporosis

Tanaman yang sering dijual di pasar-pasar tradisional ini mempunyai kandungan kalsium dan fosfor. Sebagai salah satu zat pembentuk kepadatan tulang dan gigi. Sehingga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis bagi orang dewasa lanjut usia. Bagi orang dewasa lanjut usia, petai cina bisa disajikan sebagai olahan lalapan makanan.

Baca Juga  Jangan Dibuang, Ini Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang

5.Petai cina bermanfaat menopang mineral dan gizi tubuh

Rutin mengkonsumi petai cina bisa menjadi asupan nutrisi untuk tubuh. Petai cina mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1. Serta beberapa mineral penting seperti zat besi, fosfor dan kalsium.

6.Petai cina bermanfaat melawan bakteri dan virus

Kandungan zat tanin yang ada di dalam petai cina mampu melawan bakteri dan virus-virus yang menyebabkan tubuh sakit. Zat tanin ini juga berfungsi dalma menawar racun yang masuk ke dalam tubuh.

7.Petai cina bermanfaat meningkatkan kecerdasan

Kandungan B1 yang ada di dalam petai cina menjadi asupan sel-sel saraf dalam beraktifitas. Sehingga sel-sel saraf yang beraktivitas dengan baik akan menopang sistem kecerdasan manusia dengan baik pula.

8.Petai cina bermanfaat mencegah diare dan melancarkan haid

Anda merasa sering terserang diare dan mengalami siklus haid yang berat? Cobalah rutin mengkonsumsi petai cina. Kandungan flavonoid dan tanin yang ada di dalam petai cina bermanfaat untuk mencegah diare. Sementara kandungan vitamin A berfungsi mengembalikan darah yang hilang selama haid dan membersihkan darah kotor.

Selain lima manfaat utama ini. Petai cina mempunyai manfaat lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Seperti menjadi pakan ternak. Bagi anda yang hidup di pedesaan.

Baca Juga  11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Ranting dan daun-daun sisa petai cina bisa dijadikan pakan ternak hewan-hewan herbivora. Selain pakan ternak, batang petai cina yang masih bagus bisa diolah menjadi furniture hiasan di dalam rumah. Anda bisa berkreasi dengan menjadikannya hiasan vas bunga atau hiasan dinding.

Petai cina juga bisa dijadikan suplemen seperti mengurangi insomnia dan membangkitkan mood ketika sedang tidak baik. Menjadikan petai cina sebagai suplemen cukup dengan memasaknya dengan matang, lalu dijadikan santapan atau cemilan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *