universitas negeri di perancis
Daftar 8 Universitas Negeri di Perancis Terbaik Untuk Anda
March 12, 2019
bahasa jerman dasar
5 Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Jerman Dasar
March 13, 2019

20 Khasiat dan Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan

manfaat rebusan daun salam

Manfaat Rebusan Daun Salam – Siapa yang tidak mengenal daun salam? Daun yang familiar sebagai rempah pengharum masakan ini memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum. Daun salam dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Indonesian bay leaf.

Daun salam banyak di temukan di negara – negara Asia Tenggara seperti Thailand, Semenanjung Malaya, Burma dan juga di Indonesia. Selain sebagai bumbu masakan, daun salam ternyata memiliki khasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit seperti diare, asam urat, kolesterol, dan lainnya.

khasiay dan manfaat rebusan daun salam
20 Khasiat dan Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan

Hal ini dikarenakan dalam daun salam terkandung minyak atsiri, eugenol, metil kavikol, tannin, flavonoid. Selain itu, daun salam juga mengandung ekstrak etanol yang bersifat antibakteri dan antijamur. Ekstrak metanolnya memiliki fungsi sebagai anticacing. Simak berbagai manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan berikut ini.

1. Meredakan Demam

Daun salam memiliki manfaat untuk meredakan demam dan flu. Khasiat daun salam ini bisa diperoleh dengan cara merebus daun salam dan meminum air rebusan daun salam.

Baca Juga  Cara Merebus Daun Sirsak Agar Bermanfaat Dengan Cara yang Benar

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Daun salam mengandung fitonutrien yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi jantung. Kegunaan daun salam bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Manfaat daun salam untuk kesehatan jantung ini bisa diperoleh dengan merebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih kemudian saring air rebusan daun salam dan minum dalam keadaan hangat.

3. Mengatasi Asam Urat

Manfaat rebusan daun salam bisa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit asam urat. Caranya rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air. Tunggu hingga mendidih dan air rebusannya tersisa setengahnya. Untuk mengobati asam urat, Anda bisa minum ramuan ini 2 kali sehari.

Baca Juga  Inilah 9 Kegunaan Daun Sirih dan Cara Menggunakannya

4. Mengobati Diabetes

Kegunaan daun salam dapat mengobati penyakit diabetes tipe 2. Daun salam mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah, kolesterol, dan trigliserida. Antioksidan yang terkandung dalam daun salam dapat membantu tubuh menjadi lebih efisien dalam memproses insulin.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun salam mengandung vitamin seperti vitamin A, B6, B12, C, dan vitamin D yang menjadikan kegunaan daun salam dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Mengobati Maag

Naiknya asam lambung seringkali membuat perut terasa melilit. Manfaat rebusan daun salam dapat digunakan untuk mengobati penyakit maag. Namun, jika Anda memiliki maag yang sudah kronis, sebaiknya sebelum menggunakan khasiat daun salam Anda harus mengonsultasikannya dulu ke dokter.

7. Melunturkan Lemak

Sebagian wanita yang memiliki kelebihan berat badan mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badannya termasuk dengan menjalani program diet. Anda bisa menggunakan khasiat daun salam untuk melunturkan lemak Anda.

Air rebusan daun salam mengandung serat yang memberikan efek tidak mudah lapar dan melancarkan metabolisme tubuh serta meluruhkan lemak jahat yang ada di tubuh Anda. Ada beberapa cara memperoleh manfaat rebusan daun salam untuk membantu menurunkan berat badan, diantaranya yaitu:

Baca Juga  22 Manfaat Rebusan daun sirsak dan Kegunaan Daun Sirsak

• Rebus 30 lembar daun salam dan 2 gelas air putih hingga mendidih dan airnya tinggal setengahnya. Kemudian Anda bisa minum air rebusan selagi masih hangat.

• Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan daun salam ke dalam air tersebut. Anda bisa meminum air rebusan daun salam dalam keadaan hangat ataupun sudah dingin.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun salam untuk kesehatan, salah satunya bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya, rebus 7 – 10 lembar daun salam ke dalam 3 gelas air mendidih.

9. Menyehatkan Mata

Dalam daun salam terkandung vitamin A yang baik untuk menyehatkan mata. Anda bisa menambahkan daun salam pada masakan Anda.

10. Sebagai Anticacing

Daun salam mengandung metanol yang berfungsi sebagai anticacing. Anda bisa menggunakan daun salam untuk mengatasi masalah cacingan.

Baca Juga  Selain Untuk Pelangsing, Ini 6 Manfaat Daun Jati Cina Lainnya

11. Meredakan Migrain

Untuk meredakan migrain, Anda bisa menggunakan khasiat daun salam. Caranya, rebus beberapa lembar daun salam dan minum air rebusan daun salam tersebut.

12. Meringankan Nyeri

Daun salam memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan sehingga manfaat daun salam bisa digunakan untuk meringankan nyeri yang diakibatkan oleh keseleo, reumatik, arthritis, dan nyeri sendi.

13. Melawan Kanker

Daun salam mengandung beberapa zat yang berfungsi untuk melawan kanker. Beberapa zat yang terkandung dalam daun salam diantaranya eugenol, caffeic, quercetin, dan catechin.

manfaat daun salam
7 Manfaat Daun Salam Kering Untuk Kesehatan

Selain daun salam yang segar, ternyata daun salam kering juga memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

1. Membantu mengatasi sembelit

2. Mengatasi perut mulas

3. Mengatasi perut kembung

4. Menjadikan tidur lebih nyenyak

Baca Juga  Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Paling Lengkap

5. Meringankan gejala flu dan demam

6. Sebagai steam wajah untuk kulit lelah

7. Digunakan untuk mengatasi mimisan

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *