manfaat bawang putih hitam
Manfaat Bawang Putih Hitam yang Jarang Diketahui Banyak Orang
August 21, 2018
cara mengungkep ayam
Cara Mengungkep Ayam yang Enak dan Lezat yang Bisa Dicoba
August 23, 2018

22 Manfaat Rebusan daun sirsak dan Kegunaan Daun Sirsak

manfaat rebusan daun sirsak

Manfaat Rebusan Daun Sirsak– Tanaman sirsak sangat familiar dan mudah ditemui di sekitar kita. Tanaman sirsak ini dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropis dan mudah tumbuh di daerah yang cukup berair. Tanaman sirsak berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tapi tahukah Anda jika daun sirsak dapat mengobati kanker?

Manfaat rebusan daun sirsak semakin dikenal karena banyaknya penelitian yang menyebutkan bahwa berbagai kandungan nutrisi terdapat pada daun sirsak. Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, berbagai penyakit dapat diatasi dengan manfaat rebusan daun sirsak. Daun sirsak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker.

Baca Juga  Cara Merebus Daun Sirsak Agar Bermanfaat Dengan Cara yang Benar

Penelitian mengenai manfaat dan kegunaan daun sisak telah dilakukan sejak tahun 1970. Dari penellitian – penelitian tersebut diketahui kegunaan daun sirsak ternyata luar biasa. Daun sirsak memilki khasiat seperti menyerang sel – sel kanker secara efektif tanpa membahayakan sel sehat.

rebusan daun sirsak

Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk kesehatan

Di dalam daun sirsak terdapat beberapa nutrisi seperti kalsium, zink, garam dan zat besi. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan daun sirsak seperti tumor, kanker, vertigo, kolestrol tinggi, diabetes rematik, asam urat dan jantung.

Berbagai senyawa aktif yang terkandung dalam daun sirsak yaitu tannin, alcaloid, flavonoid, saponin, karbohidrat, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium oksalat dan fitosterol. Sedangkan senyawa annona acetogenins merupakan senyawa utama yang terkandung dalam daun sirsak. Beberapa kegunaan daun sirsak diantaranya :

1. Mengatasi peradangan

2. Mengurangi gejala arthtritis

3. Mengobati diare

4. Melawan pertumbuhan parasit yang ada di dalam tubuh

5. Menyembuhkan bisul

6. Mengatasi reumatik

7. Menambah kesuburan

8. Mengobati sakit punggung

9. Mengobati eksim

10. Mengobati radang ginjal

kegunaan daun sirsak

Kegunaan Daun Sirsak Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Berikut di bawah ini beberapa kegunaan daun sirsak dan manfaatnya untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menguatkan sistem imun

Daun sirsak memiliki senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas dan juga mikroorganisme penyebab beragam penyakit. Rebusan daun sirsak dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh.

2. Menurunkan demam

Biasanya jika terjadi gangguan peradangan atau terjadi masalah dalam tubuh, tubuh akan memberikan sinyal pada otak untuk menaikkan suhu badan seseorang. Demam tersebut biasanya terjadi saat tubuh membunuh bakeri atau virus penyebab peradangan.

Baca Juga  Manfaat Bawang Putih Hitam yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Senyawa aktif pada daun sirsak ini dapat menurunkan suhu tubuh dan mengatasi infeksi yang terjadi pada tubuh. Manfaat rebusan daun sirsak dapat membantu mengatasi demam dengan merebus beberapa helai daun sirsak lalu minum airnya dalam keadaan hangat

3. Membantu mengatasi sakit maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang disebabkan oleh buruknya pola makan. Kegunaan daun sirsak dapat membantu mengatasi maag karena daun sirsak memiliki senyawa antiperadangan yang dapat menghambat produksi asam lambung dan melindungi dinding lambung. Rebusan daun sirsak dapat membantu mengatasi maag.

4. Membantu menyembuhkan malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium dan ditularkan oleh nyamuk Anopheles. Di dalam daun sirsak terdapat ekstrak pentana yang dapat membunuh plasmodium penyebab malaria.

5. Menghilangkan kutu pada rambut

Daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan parasit. Sehingga kegunaan daun sirsak ini dapat menghilangkan parasit yang ada di rambut seperti kutu.

6. Mengatasi asam urat

Daun sirsak mampu mengatasi asam urat karena memiliki kandungan asam genstic, caclourin, acetogenin, linoleat dan annocatalin. Dengan manfaat rebusan daun sirsak, asam urat akan bisa diatasi.

7. Mengatasi kolesterol

Kegunaan daun sirsak yang lain yaitu dapat mengatasi kolesterol yang tinggi. Manfaat rebusan daun sirsak ini dapat melindungi Anda dari kolesterol.

8. Melawan kanker

Melawan kanker merupakan kegunaan daun sirsak yang paling terkenal. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi. Dari beberapa penelitian menyebutkan terdapat bahan aktif dalam daun sirsak yang lebih kuat dari kemoterapi. Manfaat dari rebusan daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati kanker.

9. Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi harus segera diatasi karena gejalanya sangat berbahaya. Manfaat rebusan daun sirsak dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Mengatasi diabetes

Batas kadar gula dalam darah normalnya antara 70 mg – 120 mg. Senyawa yang terdapat pada daun sirsak seperti polifenol, saponin dan bioflavonoid menjadikan kegunaan daun sirsak dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak dapat membantu menormalkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Cegukan dan Cara Mengatasi Cegukan

11. Mencegah munculnya tumor

Tumor merupakan sel tubuh yang mengalami pertumbuhan yang tidak sewajarnya. Manfaat dari rebusan daun sirsak yang dikonsumsi dapat mencegah munculnya tumor.

12. Mengobati kista ovarium

Kista ovarium merupakan tumor jinak yang muncul pada ovarium. Biasanya kita ovarium dialami oleh wanita. Jika ditemukan kista pada seseorang, segera lakukan pengobatan agar kista tidak berkembang menjadi kanker. Manfaat dari rebusan daun sirsak dapat membantu mengobati kista ovarium.

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat dari rebusan daun sirsak dan kegunaan daun sirsak untuk kesehatan tubuh dan semoga saja artikel di atas ini dapat menambah wawasan Kita semua dan bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *