pantangan sakit maag
33 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Sakit Maag Paling Lengkap
November 16, 2018
makanan yang dilarang saat haid
6 Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Ini Perlu Kamu Hindari
November 17, 2018

8 Manfaat Sabun Pepaya bagi Kulit Berikut Cara Pemakaiannya

manfaat sabun pepaya

Manfaat Sabun Pepaya – Buah pepaya selama ini dikonsumsi secara langsung dalam bentuk rujak, asinan, jus, ataupun sebagai hidangan pencuci mulut.

Baca Juga  Inilah 7 Manfaat Masker Naturgo dan Cara Pemakaiannya

Selain itu, buah pepaya juga dikenal sebagai buah kaya serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan maupun sebagai obat diet alami. Namun ternyata masih ada khasiat lainnya, yaitu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun pepaya.

Kandungan Buah Pepaya

manfaat sabun pepaya

Tahukah Anda bahwa ternyata kandungan buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang dikenal sangat bagus untuk perawatan kulit.

Karena kandungannya inilah, saat ini sudah banyak perusahaan produk perawatan kulit yang memproduksi sabun dari buah pepaya ini. Selain aman karena menggunakan bahan alami, sabun ini juga memberikan dampak positip terhadap perbaikan kulit dengan lebih cepat. Berikut ini beberapa manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah

8 Manfaat Sabun Pepaya bagi Kulit

manfaat sabun pepaya
1.Mengangkat sel-sel kulit mati

Tahukah anda bahwa polusi, kotoran, dan minyak dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada wajah?

Penumpukan sel kulit mati tersebut akan mengakibatkan berbagai masalah kulit. Nah, kandungan antioksidan dan enzim papain pada sabun pepaya ternyata mampu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Manfaat sabun pepaya yang satu ini akan membuat kulit tetap segar dan sehat.

2.Menghilangkan jerawat dan flek hitam di wajah

Gangguan di wajah seperti jerawat dan flek hitam tentu akan mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri. Jika anda termasuk orang yang terganggu dengan adanya jerawat, maka coba gunakan sabun pepaya secara rutin.

Baca Juga  Inilah Cara Penggunaan dan Khasiat Masker Susu Dancow

Hal ini karena kandungan dalam sabun pepaya berkhasiat mengangkat sel kulit mati sehingga mampu mengusir jerawat dan membersihkan flek hitam.

3.Mencegah penuaan dini

Penuaan dini akan membuat penampilan seseorang lebih tua dari usia sebenarnya. Masalah ini sangat dikhawatirkan, terutama oleh wanita. Ternyata tidak harus membayar mahal agar terhindar dari penuaan dini, anda dapat menggunakan sabun pepaya untuk mencegahnya.

Hal ini dikarenakan beta karoten dalam buah pepaya mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan dengan menggunakan sabun pepaya merupakan salah satu upaya pencegahan penuaan dini, tetapi anda juga harus menerapkan upaya lainnya, seperti rajin berolahraga dan mengatur pola makan sehat.

4.Memutihkan kulit wajah

Manfaat sabun pepaya lainnya adalah untuk memutihkan kulit wajah. Kandungan vitamin A, C, dan E berkhasiat membantu merubah kulit kusam menjadi putih kembali. Selain itu, enzim papain pada sabun pepaya mampu menghilangkan kulit yang rusak atau kecoklatan akibat paparan sinar matahari.

Baca Juga  Manfaat Cream Temulawak dan 11 Khasiatnya Untuk Kecantikan

Sebagai pemutih kulit wajah, sabun pepaya bekerja dengan mengelupas lapisan kulit kering dan telah rusak, kemudian menggantinya dengan lapisan kulit baru. Nah, kalau anda bingung mencari pemutih wajah yang aman, sabun pepaya bisa dijadikan salah satu alternative.

5.Menghilangkan daki yang menempel di tubuh

Daki yang berupa kotoran bercampur dengan keringat seringkali sulit dihilangkan walaupun kita telah mandi. Tapi masalah ini bisa diatasi secara alami dan cepat menggunakan sabun pepaya. Kandungan alami pada sabun pepaya mampu mengangkat daki dari kulit kita sehingga kulit menjadi bersih kembali.

6.Melembutkan kulit

Banyak perempuan bahkan laki-laki menginginkan kulit yang lembut dan lembab alami. Lantas bagaimana cara melembutkan kulit secara alami? Caranya mudah, yaitu dengan menggunakan sabun pepaya saat mandi.

Sabun pepaya berkhasiat melembutkan kulit karena enzim papain yang ada padanya mampu mengelupas lapisan kulit kering. Jika lapisan kulit kering telah terangkat, maka kulit yang kasar menjadi lembut kembali. Selain itu kandungan vitamin A dan vitamin C membantu produksi kolagen di kulit sehingga menjadikan kulit tampak lembut dan indah.

7.Mengatasi gatal-gatal

Kulit terasa gatal biasanya akan muncul setelah digigit serangga. Tapi jangan khawatir, karena ternyata sabun pepaya juga bisa mengatasi gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Enzim papain diketahui mampu memecah protein dan menghilangkan racun akibat gigitan serangga yang menjadi penyebab rasa gatal. Caranya adalah dengan mencuci kulit yang terkena gigitan serangga dengan sabun pepaya, maka gatal-gatal akan berkurang.

8.Meratakan warna kulit wajah, leher, dan badan

Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah merupakan dambaan setiap wanita, tapi akan terasa aneh kalau yang dirawat hanya kulit wajah saja. Anda pasti tidak ingin kan, kalau tiba-tiba ada orang bertanya apakah anda memakai topeng?

Baca Juga  Cara Memerahkan Bibir Hitam Dengan 12 Bahan Alami

Nah, salah satu solusi untuk meratakan warna kulit adalah dengan menggunakan sabun pepaya. Karena sabun pepaya bisa digunakan untuk perawatan kulit di seluruh badan kita.

Cara Pemakaian Sabun Pepaya Dengan Mudah Agar Efektif

Mungkin masih ada diantara kita yang bertanya-tanya bagaimana cara memakai sabun pepaya.Nah, agar anda bisa mendapat manfaat dengan maksimal, berikut ini cara memakai sabun pepaya yang benar

1.Sebelum memakai sabun pepaya, bersihkan kotoran atau sisa make up dengan menggunakan pembersih

2.Basahi sabun pepaya dengan air, lalu usapkan ke seluruh bagian tubuh

3.Biarkan selama 3 menit agar enzim papain menyerap kotoran

4.Bilas tubuh dengan air hingga bersih, lalu keringkan dengan handuk

5.Gunakan sabun pepaya ini setiap kali anda mandi

Baca Juga  Segudang Manfaat Tender Care Untuk Mengatasi Masalah Kulit

Nah itulah manfaat sabun pepaya untuk perawatan kulit. Semoga ulasan tadi bermanfaat bagi anda yang mendambakan kulit indah alami. Selamat mencoba dan sukses selalu ya!!

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *