cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan
Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan dengan Aman
September 22, 2018
cara menghitamkan alis
Cara Menghitamkan Alis Secara Alami dan Tanpa Efek Samping
September 24, 2018

15 Manfaat Senam Kegel dan Cara Senam Kegel yang Benar

manfaat senam kegel

Manfaat Senam Kegel – Senam kegel adalah senam atau latihan yang dikenalkan oleh dr Arnold Kegel. Seorang dokter spesialis kandungan di Los Angeles Amerika.

Senam ini ditemukan dr Arnold Kegel pada tahun 1950-an. Setelah selama berpuluh-puluh tahun Ia menemukan pasiennya yang melakukan persalinan tidak bisa mengontrol keluarnya air seni.
Akhirnya dr Arnold Kegel berusaha menemukan sebuah gerakan yang mampu melatih pasiennya untuk bisa mengontrol otot dasar panggulnya.

Baca Juga  5 Penyebab Utama Mengapa Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Pada dasarnya senam kegel bisa dilakukan baik laki-laki maupun perempuan. Senam ini bertujuan melatih kontraksi kecil yang terjadi di dalam otot dasar panggul, yang nantinya akan memperkuat uretra, kandung kemih, dubur dan tentu saja rahim. Selain bisa dilakukan oleh laki-laki atau perempuan.

Senam kegel juga direkomendasikan untuk mereka yang sudah punya pasangan. Karena selain berguna untuk persalinan bagi ibu-ibu hamil di kemudian hari. Senam kegel bermanfaat meningkatkan kualitas kehidupan seksual, menyehatkan organ intim dan mengatasi gangguan yang ditimbulkan di organ saluran kemih.

manfaat senam kegel

Berikut cara senam kegel yang benar

1. Langkah pertama adalah cara senam kegel yang benar adalah dengan mengkosongkan kandung kemih dari air kencing.

2.Langkah Kedua cara senam kegel yang benar adalah ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah anda, tahan hingga 5 detik. Kemudian dilepaskan. Ulangi hingga 4 atau 5 kali.

3. Langkah ketiga cara senam kegel yang benar adalah saat anda mulai mengencangkan otot panggul ini maka usahakan tak usah mengencangkan otot pada bagian: paha, otot perut, atau bokong. Tetaplah bernafas santai.

4. Kemudian cobalah ulangi cara senam kegel dengan gerakan ini 3 kali dalam sehari secara rutin.

manfaat senam kegel

Inilah 15 Manfaat Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita

Manfaat senam kegel sendiri tidak hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil. Tetapi laki-laki atau perempuan single atau mereka yang sudah punya pasangan bisa juga mendapatkan manfaat senam kegel. Berikut manfaat yang didapat dari mempraktekkan senam kegel:

1. Mencegah penyakit hemorrhoid pada ibu hamil

Penyakit ini mirip dengan gejala wasir pada ibu hamil karena ditandai dengan pecahnya hemorrhoid. Senam kegel bisa melatih ibu hamil tetap sehat dan normal dalam mengendalikan hemorrhoid.

2. Manfaat senam kegel adalah mempercepat penyembuhan tindakan episiotomy

Tindakan episiotomy adalah tindakan memotong kulit antara vagina dan anus agar tercipta jalan lahir bagi bayi. Tindakan ini digunakan untuk mencegah sobeknya vagian karena beberapa kasus tertentu. Luka akibat tindakan ini akan dijahit kembali. Sehingga senam kegel membantu ibu hamil mempercepat penyembuhan.

3. Mencegah keluarnya urine saat berhubungan intim dengan pasangan

Ternyata senam kegel akan bermanfaat dalam melatih anda untuk mengendalikan urine agar tidak keluar saat berhubungan intim.

Baca Juga  7 Makanan Penyubur Sperma Salah Satunya Makanan Simbol Cinta

4. Mempercepat dan memudahkan persalinan normal

Manfaat senam kegel bagi persalinan adalah memperlancar arus tekanan darah di sekitar vagina dan anus. Serta memudahkan otot-otot panggul membantu persalinan ibu hamil dalam mengejan ketika persalinan.

5. Bermanfaat memperbesar alat vital

Bagi laki-laki, senam kegel bermanfaat dalam memperbesar alat vital. Bagi anda yang mendambakan bisa mendapatkan alat vital yang besar. Anda bisa melakukan senam kegel secara rutin dan teratur.

6. Mengatasi penyakit prostat

Penyakit prostat adalah penyakit yang sering diderita laki-laki. Senam kegel akan membantu laki-laki dalam memperbaiki prostat dan masalah kesehatan yang berhubungan dengan prostat. Selain itu, senam kegel akan memperkuat otot-otot panggul sehingga mengurangi efek samping pasca operasi prostat.

7. Bermanfaat dalam mengatur orgasme

Bagi perempuan yang rutin melakukan senam kegel. Nantinya bisa bermanfaat dalam mengatur orgasme dengan lebih maksimal.

Hanya dengan mendapatkan sentuhan sedikit saja pada titik tertentu yang pas. Perempuan bisa mendapatkan orgasme yang dahsyat.

Sementara bagi laki-laki senam kegel akan membantu mendapatkan orgasme yang kuat juga karena kuatnya otot panggul.

8. Mengurangi gejala ejakulasi dini

Bagi sebagian laki-laki, ejakulasi dini adalah momok yang menakutkan ketika berhubungan dengan pasangan. Oleh karenanya, melakukan senam kegel secara rutin dan teratur bisa membuat laki-laki terbebas dari ejakulasi dini.

Senam kegel ini berfungsi memperkuat otot panggul, meningkatkan kemampuan mengontrol hingga menjadikan alat vital anda ber-ereksi lebih keras dan lama.

Baca Juga  9 Khasiat Buah Sawo Muda Salah Satunya Mencegah Ejakulasi Dini

9. Meningkatkan kepuasaan saat berhubungan intim

Bagi anda yang merasa hubungan intim dengan pasangan terlihat sangat biasa. Kurang mencapai kepuasan bersama. Cobalah untuk rutin melakukan senam kegel.

Senam kegel yang berfungsi memperkuat otot panggul ini juga akan membuat vagina mencengkram penis secara kuat. Bagi laki-laki senam kegel akan membuat penis semakin lama daya tahannya.

10. Memperlama durasi hubungan intim

Selain ejakulasi dini dan lemah syahwat, pendeknya periode hubungan intim juga menjadi hal yang sering dikhwatirkan para pria.

Cobalah untuk melakukan senam kegel beberapa hari sebelum anda berhubungan intim dengan pasangan. Senam kegel berguna memperkuat otot panggul. Dimana otot in sangat erat kaitannya dengan ereksi penis dan fase ejakulasi. Jika ereksi dan ejakulasi terkontrol dengan baik.

Maka mengontrol lamanya hubungan intim berada di tangan anda. Anda bisa memperlama berhubungan dengan pasangan karena telah melatih otot otot panggul.

11. Mencegah timbulnya ambeien atau wasir

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang diderita di bagian dubur. Penyebabnya karena sedikitnya jumlah serat makanan yang dimakan. Sehinga menyebabkan melebarnya pembuluh darah vena yang berada di sekitar dubur.

Hal ini tentu saja mengganggu karena membuat anda sangat tidak nyaman dalam buang air besar atau duduk dengan posisi bebas. Senam kegel akan membantu memperkuat otot panggul dan memperkuat saraf dan pembuluh darah yang berada di bagian dubur.

12. Mencegah terjadinya insiden “ngompol kecil”

Pernahkah anda atau teman anda mengalami insiden “ngompol kecil” atau keluarnya urine dalam jumlah sedikit, seperti satu tetes saja. Insiden ini biasa terjadi ketika anda tertawa ngakak, terlalu senang dan gembira hingga melompat-lompat. Serta batuk berkali-kali.

Biasanya kurang bisa mengontol sehingga keluar “crut” beberapa tesis urin dari kelamin. Hal ini biasa disebabkan karena kurangnya kontrol otot panggul terhadap kandun kemih di kelamin.

Anda tentu tidak mau bukan ketika sedang tertawa dan bersenang-senang dengan teman anda. Tiba-tiba mengalami gejala ngompol kecil. Cobalah untuk melakukan senam kegel secara rutin dan teratur.

13. Mencegah turunnya rahim

Gejala turunnya rahim ini biasa didapati pada ibu paska melahirkan, wanita post-menopause atau bahkan wanita biasa.

Hal ini disebabkan karena kendornya otot panggul yang mengontrol area rahim. Gejala turunnya rahim biasa disebut dengan prolaps uterus. Gejala prolaps uterus bisa dicegah dengan rutin melakukan senam kegel.

Baca Juga  Efek Samping Minum Bawang Dayak Yang Harus Anda Ketahui

14. Menjaga kebugarakan tubuh

Bagi anda yang merasa terlihat lemah dan lesu. Apalagi setiap hari disibukkan bekerja di tengah polusi udara dan penatnya pekerjaan.

Cobalah untuk rutin melakukan senam kegel. Senam kegel walaupaun hanya memperkuat otot panggul. Nyatanya bisa membuat tubuh semakin bugar.

Kenapa bisa begitu? Karena ternyata panggul yang kokoh dan kuat akan memperkuat penyokongan terhadap tubuh kita. Sehingga membuat badan terlihat bugar dan kuat.

15. Mencegah gejala inkontinensia urine

Pernahkah anda melihat orang dewasa yang terlihat ngompol dan susah untuk berhenti dari kebiasaannya tersebut? Bisa jadi orang tersebut terkena gejala inkontinensia.

Gejala yang sama diidap oleh mereka yang lanjut usia karena ketidakmampun otot panggul mengontrol saluran kandung kemih untuk menahan air urine.

Gejala ini tidak hanya diderita orang tua lanjut usia, tetapi bisa juga orang muda yang belasan tahun. Gejala susahnya mengontrol otot panggul ini bisa dicegah dengan manfaat senam kegel yang dilakukan secara rutin.

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat senam kegel dan cara senam kegel yang benar yang bisa anda coba agar memberikah hasil yang maksimal, selamat mencoba selamat berolahraga.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *