bunga cocor bebek
5 Manfaat dan Khasiat Bunga Cocor Bebek Bagi Kesehatan
September 19, 2018
7 Minuman Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Dengan Bahan Alami
September 19, 2018

10 Manfaat Skipping yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Manfaat Skipping – Skipping atau lompat tali adalah olahraga yang bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu olahraga ini juga tidak membutuhkan biaya yang besar, karena kita hanya membutuhkan bantuan tali untuk melakukan olahraga ini.

Olahraga skipping dilakukan dengan mengayunkan tali menggunakan pergelangan tangan yang diikuti dengan lompatan kaki.

manfaat skipping
10 Manfaat Skipping yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Selain menyenangkan, olahraga ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa manfaat skipping bagi kesehatan

1.Membakar kalori dan menurunkan berat badan

Manfaat skipping yang pertama adalah untuk membakar kalori. Melakukan skipping selama 30 menit akan membakar 600-800 kalori. Skipping juga membakar lemak dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan bersama keringat.

Bagi anda yang ingin mengurangi berat badan, melakukan olahraga ini secara rutin akan membantu mendapatkan hasil yang anda inginkan.

2.Mengencangkan otot dan memperbaiki bentuk tubuh

Ketika melakukan gerakan pada olahraga skipping, akan melibatkan berbagai otot tubuh, diantaranya otot lengan, bahu, perut, betis, lutut. Sehingga dengan latihan skipping yang rutin, otot-otot tubuh akan semakin kuat dan kencang. Dengan otot perut, betis, lengan yang lebih kencang dan berisi, bentuk tubuh kitapun akan menjadi lebih indah.

Baca Juga  Awas Ini 4 Bahaya Softlens dan Cara Aman Menggunakannya

3.Memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis

Pada saat melakukan skipping, anda juga melatih kekuatan tulang sehingga tulang terjaga kepadatan dan kekuatannya.

Menurut The Osteoporosis Society, struktur tulang menjadi lebih kuat ketika rutin melakukan olahraga skipping. Dengan tulang yang padat dan kuat, maka anda akan terhindar dari osteoroporosis atau pengeroposan tulang.

4.Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Melakukan skipping secara rutin, berarti anda melatih otot dan tulang bagian atas dan bawah. Otot dan tulang yang kuat pada akhirnya membuat anda tidak cepat lelah dan akan meningkatkan kinerja anda dalam beraktivitas sehari hari.

5.Meningkatkan kinerja otak

Olahraga skipping ini juga membantu struktur otak kita. Selain itu, saat melakukan skipping kita menggabungkan antara gerakan melompat dan ketepatan melewati tali secara cepat dan berulang ulang. Sehingga dengan rutin melakukan skipping, otak akan terlatih untuk bekerja cepat dan tepat.

manfaat skipping

6.Melatih kecepatan dan keseimbangan tubuh

Gerakan utama pada skipping adalah kedua kaki melompat dan kedua tangan mengayunkan tali secara bersama sama. Aktivitas ini biasanya dilakukan secara cepat dan berulang ulang, sehingga membantu anda dalam menjaga kecepatan dan keseimbangan tubuh anda.

7.Menambah tinggi badan

Sebenarnya manfaat ini tidak bisa dinikmati semua orang, karena tinggi badan wanita biasanya berhenti tumbuh pada usia 16 tahun dan 18 tahun pada pria.

Skipping bisa menambah tinggi badan jika dilakukan, apalagi dilakukan secara rutin pada usia anak-anak dan remaja. Karena pada masa pertumbuhan ini, pertumbuhan sel-sel tulang baru akan menjadikan tulang semakin panjang.

8.Menyehatkan jantung dan paru-paru

Melakukan skipping secara rutin bisa meningkatkan detak jantung dan efektif melatih jantung tetap sehat, sehingga paru-paru dan sistem peredaran darah menjadi lebih kuat. Dengan kerja jantung yang terjaga dengan baik, juga mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Walau skipping baik untuk melatih jantung , disarankan tidak melakukan skipping secara berlebihan, dan pantau terus detak jantung dan kondisi tubuh anda. Jika sudah merasa lelah, lebih baik istirahat sejenak sebelum memulai lompatan selanjutnya.

Baca Juga  8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak

9.Memperbaiki emosional dan mengurangi stress

Olahraga skipping, selain fun dan menyenangkan, akan memacu tubuh melepaskan hormon endorfin (hormon bahagia). Keluarnya hormon ini membantu kita menjadi lebih rileks, memicu timbulnya perasaan positif dan mengurangi stress.

10.Menghilangkan toksin dalam tubuh

Keringat yang keluar dari pori-pori akan menghilangkan racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi. Racun bisa masuk ke tubuh melalui polusi udara ataupun bahan makanan dan minuman. Detoksifikasi membuat kondisi badan kita lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan racun tadi.

Untuk merasakan manfaat skipping ini, anda harus melakukan secara rutin. Kalau anda pemula, lakukan secara bertahap. Mulailah skipping selama 30 detik dulu, kemudian naik menjadi 1 menit dan lanjutkan terus dengan menambah durasi waktunya. Jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan agar terhindar dari cidera otot.

Nah, begitulah beberapa manfaat skipping yang mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi bagi anda. Begitu banyak manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan skipping atau lompat tali secara rutin, jadi tunggu apalagi? Mulailah melakukan olahraga lompat tali sekarang juga dan dapatkan keuntungannya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *