manfaat bubur kacang hijau
Selain Rasanya Lezat dan Bernutrisi, Ini 5 Manfaat Bubur Kacang Hijau
November 22, 2018
cara menyembuhkan sariawan di lidah
Lupakan Obat, Ini 8 Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah
November 23, 2018

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Aturan Minumnya

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil – Ibu hamil harus mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi agar gizi bayi yang ada di dalam kandungannya tercukupi. Janin membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Salah satu cara memenuhi asupan nutrisi ibu hamil yaitu dengan meminum susu.

Ada banyak produk susu yang dijual di pasaran dengan berbagai merk dagang. Namun ibu perlu memilih susu yang tepat karena susu yang diminum ibu juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan bayi. Selain susu sapi, ternyata susu kedelai juga memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil.

Walaupun di masyarakat beredar kabar mengenai susu kedelai dapat menyebabkan keguguran, mungkin ibu juga pernah mendengar bahwa susu kedelai baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Susu kedelai sering dikonsumsi oleh ibu yang alergi terhadap susu sapi.

Baca Juga  13 Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Susu kedelai dipercaya tinggi kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil.

Apa saja manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Bagaimana aturan minum susu kedelai untuk ibu hamil? Simak ulasannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai

Di dalam susu kedelai terkandung protein yang hampir setara dengan susu sapi. Selain itu, susu kedelai juga mengandung berbagai nutrisi seperti:

– Asam Folat

– Karbohidrat

– Berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, D dan E.

– Beberapa protein seperti arginin, lisin, isoleusin, glisin dan treonin.

– Lemak nabati.

– Kalsium.

– Potasium.

– Asam omega 3.

– Mineral.

10. Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Kandungan berbagai nutrisi yang terdapat di dalam susu kedelai bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Berbagai nutrisi dari susu kedelai akan diserap oleh janin.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan vitamin B1 dan thiamin pada susu kedelai berperan dalam pembentukan sistem saraf dan otot janin.

Selain itu, susu kedelai juga mengandung berbagai protein seperti arginin, lisin, isoleusin, glisin dan treonin yang berfungsi pertumbuhan organ – organ pada janin.

2. Sebagai Sumber Energi Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya akan merasa cepat lelah karena beban tubuh yang bertambah dan hormon yang tidak stabil. Oleh karena itu, ibu hamil harus tercukupi nutrisinya agar tidak cepat lelah saat beraktivitas.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yaitu memberikan energi bagi ibu hamil yang mengonsumsinya. Susu kedelai mengandung karbohidrat yang dapat menambah energi ibu hamil dan membuat ibu hamil tetap bertenaga.

Baca Juga  8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak

3. Meningkatkan Imun Ibu Hamil

Selama kehamilan, sistem imun pada ibu hamil akan berubah. Menurunnya sistem imun pada ibu hamil akan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih rentan terserang infeksi atau penyakit.

Beberapa infeksi atau penyakit yang menyerang ibu hamil, bisa berpengaruh dan membahayakan janin. Terlebih lagi ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat karena dikhawatirkan obat yang diminum akan berbahaya bagi bayi yang dikandungnya. Minum susu kedelai dapat membantu meningkatkan sistem imun ibu hamil.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalsium karena kalsium pada ibu hamil akan diserap oleh bayi. Kalsium diperlukan dalam pembentukan tulang, gigi dan jaringan lain pada janin.

Untuk dapat mencukupi kebutuhan kalsium, ibu hamil harus mengonsumsi makanan – makanan yang kaya akan kalsium seperti sayuran hijau, susu, ikan, kacang – kacangan dan lainnya. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yaitu membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

5. Meningkatkan Kecerdasan Bayi di dalam Kandungan

Asam folat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel saraf pada janin. Salah satu minuman yang mengandung asam folat adalah susu kedelai. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini dapat meningkatkan kecerdasan bayi dan mencegah bayi lahir cacat.

6. Mendorong Kemampuan Kognitif Bayi Lebih Berkembang

Susu kedelai mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi membantu pembentukan jaringan sel dan saraf otak janin. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini juga mendorong kemampuan kognitif bayi menjadi lebih berkembang.

Kemampuan kognitif bayi mencakup kemampuan berpikir, belajar dan proses pemecahan masalah. Kemampuan kognitif bayi akan mengalami perkembangan dari bulan ke bulan, sehingga ibu hamil yang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung omega 3 dapat membantu perkembangan kognitif bayi menjadi lebih baik.

7. Menurunkan Risiko Bayi Lahir Cacat

Di dalam susu kedelai terkandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Vitamin E yang terdapat di dalam susu kedelai berguna dalam membantu pembentukan organ pada bayi di dalam kandungan.

8. Mencegah Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional merupakan diabetes yang terjadi pada saat kehamilan hingga proses melahirkan. Diabetes gestasional hampir sama dengan diabetes pada umumnya. Kurangnya produksi insulin pada ibu hamil menyebabkan kadar glukosa tidak dapat dikontrol hingga glukosa menjadi tinggi.

Kondisi ini bisa membahayakan nyawa ibu dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Diabetes gestasional perlu diwaspadai. Salah satu cara mengantisipasi diabetes gestasional dengan meminum susu kedelai.

Baca Juga  Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui

Jika ibu hamil menderita diabetes gestasional, maka bayi yang dikandungnya memiliki risiko – risiko seperti lahir dengan gula darah rendah, kelebihan berat badan dan penyakit kuning

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah serta membantu mencegah diabetes selama kehamilan.

9. Mencegah Pendarahan Pasca Melahirkan

Pendarahan pasca melahirkan dikenal dengan istilah postpartum hemorrhage. Kondisi ini bisa terjadi setelah bayi lahir dan plasenta keluar, akan ada kontraksi yang membantu menekan pembuluh darah dimana plasenta menempel.

Apabila rahim tidak bisa berkontraksi dengan kuat maka pembuluh darah akan melepaskan banyak darah. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya pendarahan pasca melahirkan. Untuk mencegah terjadinya pendarahan pasca melahirkan, ibu hamil bisa mengonsumsi susu kedelai.

Susu kedelai mengandung fitonutrisi, antioksidan alami, asam lemak omega 3 dan nutrisi lainnya yang bermanfaat menjaga lapisan pembuluh darah agar tetap sehat.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Selama kehamilan, ibu hamil berisiko mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi dapat membahayakan nyawa ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga konsumsi susu kedelai pada ibu hamil dapat menurunkan risiko terjadinya hipertensi selama kehamilan.

Aturan Minum Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Susu kedelai memang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Tetapi susu kedelai tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan di dalam susu kedelai terkandung phytoestrogen yang dapat meningkatkan risiko keguguran.

Pada trimester pertama kehamilan tidak disarankan meminum susu kedelai karena pada usia kehamilan tersebut janin belum menempel secara sempurna sehingga konsumsi susu kedelai dikhawatirkan bisa memicu terjadinya kontraksi pada rahim dan menyebabkan keguguran.

Baca Juga  7 Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Oleh karenanya jika Anda ingin mengonsumsi susu kedelai sebaiknya mengonsumsi susu tersebut pada saat usia kehamilan menginjak trimester kedua. Ibu hamil boleh mengonsumsi susu kedelai 3 gelas sehari namun harus tetap mengonsumsi makanan dan minuman lain yang bernutrisi agar kebutuhan nutrisi ibu dan janinnya tetap tercukupi.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *