manfaat tender care
Segudang Manfaat Tender Care Untuk Mengatasi Masalah Kulit
October 15, 2018
tips menggemukkan badan
8 Tips Menggemukkan Badan Secara Aman dan Sehat
October 15, 2018

10 Manfaat Teh Daun Kelor Ini Ternyata Luar Biasa

manfaat teh daun kelor

Manfaat Teh Daun Kelor – Tahukah kamu mengapa daun kelor disebut “Miracle Tree”? Daun kelor mengandung banyak nutrisi yang menakjubkan sehingga daun ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun kelor mengandung protein dan kalsium yang lebih banyak dibanding segelas susu, saat dibandingkan dengan berat yang sama. Mengejutkan bukan?

Baca Juga  Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nutrisi – nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor membuat daun kelor menjadi memiliki banyak manfaat.

Daun ini dipercaya ampuh mengatasi beberapa penyakit seperti mual, diare, gangguan pencernaan, infeksi dan penyakit – penyakit tertentu.

Daun Kelor Memiliki Banyak Kandungan

Manfaat daun kelor ini didapatkan dari kandungan nutrisi daun kelor seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, potasium dan protein.

Namun bukan hanya itu saja, di dalam daun kelor juga terkandung berbagai senyawa seperti flavonoid, isothiocyanate, asam fenolik dan lainnya.

 manfaat teh daun kelor
10 Manfaat Teh Daun Kelor Ini Ternyata Luar Biasa

Banyaknya fungsi dan manfaat daun kelor menjadikan daun ini sering digunakan dalam pengobatan herbal.

Cara pengolahan daun kelor untuk kesehatan cukup beragam, cara yang paling sering dilakukan untuk mengolah daun kelor ini dengan cara dikeringkan.

Kini untuk mendapatkan manfaat daun kelor, Anda tidak perlu repot karena daun kelor telah diolah menjadi teh daun kelor atau teh moringa dan dijual secara umum. lalu apa saja manfaat teh daun kelor?

1. Menurunkan Berat Badan

Tahukah anda bahwa ternyata manfaat teh daun kelor kaya akan serat yang bisa mengurangi penyerapan lemak pada usus. Selain itu daun kelor juga bersifat antiinflamasi dan dieuretik yang bisa mengurangi retensi air. Itu sebabnya mengonsumsi teh daun kelor secara rutin dapat menurunkan berat badan.

Baca Juga  Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah dan Tepat

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat teh daun kelor mampu mengontrol gula darah, karena daun kelor mengandung serat, isothiocyanate dan juga asam klorogenat. Teh daun kelor ini baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Imun yang lemah menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit musiman seperti flu. Namun jika tubuh memiliki sistem imun yang kuat, maka tubuh bukan hanya terhindar dari penyakit musiman tapi juga terlindungi dari berbagai penyakit lainnya sehingga manfaat teh daun kelor ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

manfaat teh daun kelor

4. Mengatasi Peradangan

Mengonsumsi teh daun kelor sangat baik untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh. Daun kelor memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit yang timbul akibat peradangan.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat teh daun kelor kaya akan polifenol yang dapat meminimalisir risiko kerusakan hati. Minum teh daun kelor sangat baik untuk kesehatan hati, karena kandungan polifenol tersebut menjadikan manfaat teh daun kelor ini mampu menjaga kesehatan hati dari fibrosis hati.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Asupan vitamin A diperlukan tubuh untuk memelihara kesehatan mata. Daun kelor mengandung vitamin A yang lebih banyak dibandingkan worte sehingga manfaat teh daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Minum teh daun kelor akan menjauhkan mata Anda dari penyakit mata seperti katarak dan lainnya.

Baca Juga  10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dan Penyebab Bintitan

7. Melawan Kanker

Konsumsi teh daun kelor dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Daun kelor kaya akan vitamin, A, C E dan senyawa antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Teh daun kelor kaya akan polifenol catechin terutama epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG ini merupakan antioksidan kuat yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Itulah sebabnya manfaat teh daun kelor ini dapat mencegah dan melawan kanker.

8. Sebagai Sumber Energi

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk menambah energi. Energi ini diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan sel – sel di dalam tubuh. Mengonsumsi teh daun kelor dapat menambah energi karena di dalam teh daun kelor terkandung sumber nutrisi yang kompleks.

Sehingga minum teh daun kelor meminimalisir kerusakan sel – sel di dalam tubuh karena kandungan antioksidan pada teh daun kelor mampu membantu proses regenerasi jaringan di dalam tubuh.

9. Mengatasi Penuaan Dini

Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya garis – garis halus dan juga kerutan pada wajah. Wanita pada umumnya menggunakan kosmetik dan produk kecantikan lainnya untuk menyamarkan garis – garis halus atau kerutan tersebut.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, Anda bisa meminum teh daun kelor karena teh daun kelor tinggi kandungan antioksidannya sehingga khasiat teh daun kelor ini dapat memperlambat dan mengatasi efek penuaan dini secara signifikan.

Baca Juga  Ikuti 4 Pantangan Cacar Air Agar Cepat Sembuh - Antrilikeaking

10. Mengatasi Masalah Pencernaan

Pola makan yang tidak sehat dan seing makan junk food akan menimbulkan masalah pada saluran pencernaan.

Minum teh daun kelor dapat membantu mengurangi masalah pencernaan karena daun kelor mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit. Selain itu, teh daun kelor ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan ringan yang disebabkan oleh mikroba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *