telinga berdenging sebelah kiri
Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya
August 27, 2018
cara menghias nasi tumpeng
5 Cara Menghias Nasi Tumpeng Untuk Agustusan Agar Terlihat Cantik
August 27, 2018

Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat teh hijau kepala jenggot

Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot – Teh hijau sangat populer di masyarakat. Teh hijau memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan teh hitam. Kandungan zat antioksidan pada teh hijau biasa disebut Epigallocathecin Gallate (EGCG).

EGCG mampu melindungi sel dan molekul di dalam tubuh dari kerusakan. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti cathecin dan polyphenol yang bermanfaat untuk melawan berbagai macam penyakit dan baik untuk kesehatan.

Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu membakar lemak dan menurunkan gula darah. Itu sebabnya teh hijau sangat terkenal khasiatnya untuk diet. Saking banyaknya manfaat yang dimiliki teh hijau, beberapa kosmetik menggunakan teh hijau sebagai campurannya.

Salah satu teh hijau yang disukai kebanyakan orang adalah teh hijau kepala jenggot. Teh hijau kepala jenggot terbuat dari daun teh berkualitas tinggi yang dipetik langsung dari pohon berusia ratusan tahun. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, manfaat teh hijau kepala jenggot bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Inilah Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Kesehatan

manfaat teh hijau kepala jenggot

1. Menurunkan berat badan

Manfaat teh hijau kepala jenggot yang paling terkenal adalah untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan seseorang yang meminum teh hijau bisa menurunkan berat badan secara signifikan selama sekitar 12 minggu.

Penelitian tersebut dilakukan oleh 240 pria dan wanita secara random yang memberikan hasil adanya penurunan lemak di daerah lingkar pinggang dan perut.

Dari penelitian tersebut disimpulkan teh hijau kepala jenggot cocok dikonsumsi bagi pemilik perut buncit. Mengonsumsi teh hijau 2 – 3 kali setiap harinya dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan efektif membakar lemak.

2. Menjaga kesehatan kulit

Zat antioksidan yang terdapat pada teh hijau yang disebut Epigallocathecin Gallate (EGCG) dapat mencegah penyakit kanker kulit yang disebabkan radiasi sinar ultraviolet.

Para peneliti mengungkapkan bahwa ekstrak teh hijau yang diproduksi dalam bentuk kapsul dapat meminimalisir bahkan dapat menyembuhkan penyakit kanker kulit.

Baca Juga  Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya

3. Membuat tubuh menjadi rileks

Manfaat teh hijau kepala jenggot selanjutnya adalah membuat tubuh menjadi rileks.

Teh hijau kepala jenggot mengandung theanin yang mampu memberikan efek menenangkan pikiran. Jika Anda ingin membuat diri Anda menjadi rileks, Anda bisa bersantai sambil meminum teh hijau. Saat menyeduh teh hijau sebaiknya menggunakan air panas yang suhunya tidak melebihi 100 derajat celcius. Hal ini dikarenakan kandungan Cathecin yang terdapat di dalam teh hijau dapat rusak jka diseduh dengan suhu yang tinggi.

4. Menjaga kesehatan mulut

Cathecin yang terkandung di dalam teh hijau bisa membantu menghentikan pertumbuhan bakteri pemicu infeksi gusi dan gigi berlubang. Selain itu zat tersebut dapat mengurangi bau mulut.

5. Meningkatkan fungsi otak

Teh hijau mengandung asam amino L-theanine yang merupakan asam amino aktif yang bisa menembus penghalang darah ke otak yang berguna untuk mengurangi kecemasan. Kandungan tersebut dipercaya bisa meningkatkan fungsi kerja otak.

6. Meminimalisir risiko kanker

Teh kepala jenggot mengandung antioksidan yang tinggi yang berperan untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat teh hijau kepala jenggot ini mampu mengurangi risiko kanker.

7. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson

Penyakit alzheimer biasa dialami oleh orang yang berusia lanjut. Alzheimer merupakan menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara serta perubahan perilaku yang diakibatkan oleh gangguan di dalam otak.

Sedangkan parkinson merupakan penyakit yang menyebabkan menurunnya produksi dopamin secara drastis sehingga mengakibatkan berkurangnya kemampuan menggerakkan anggota tubuh. Manfaat teh hijau ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer dan parkinson.

8. Mencegah penyakit Rheumatoid Arthiritis

Rheumatoid Arthiritis merupakan kelainan sendi yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang sendi sehingga membuat sendi meradang. Akibat dari hal tersebut yaitu terbatasnya gerak karena fungsi sendi tidak optimal. Manfaat teh hijau ini mampu menghalangi enzim penghancur tulang rawan di dalam tubuh.

Baca Juga  10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dan Penyebab Bintitan

9. Mengatasi Diabetes

Teh hijau mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes. Senyawa yang terkandung dalam teh hijau dapat menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah serta melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

10. Memperkuat tulang

Dalam teh hijau terkandung zat fluoride yang mampu menjaga kepadatan tulang dan gigi. Manfaat teh kepala jenggot ini dapat menjaga kepadatan tulang sehingga mencegah terjadinya kerapuhan tulang serta meminimalisir gigi keropos.

manfaat teh hijau kepala jenggot
Manfaat teh hijau kepala jenggot untuk kecantikan

1. Mengatasi jerawat

Jika wajah Anda berjerawat, Anda bisa menggunakan teh hijau kepala jenggot untuk mengatasinya. Gunakan perasan sari teh hijau kepala jenggot yang di dapat dengan menumbuk daun teh hijau kepala jenggot yang dicampurkan dengan sedikit air kemudian oleskan pada permukaan jerawat menggunakan kapas bersih.

2. Mengencangkan kulit

Membasuh wajah menggunakan air rebusan teh hijau secara rutin dapat membantu menjaga kekencangan kulit wajah. Selain itu, manfaat teh hijau ini dapat menjaga keremajaan kulit.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *