khasiat buah plum
Khasiat Buah Plum yang Semakin Populer di Mancanegara
August 31, 2018
manfaat bengkuang
Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh
September 1, 2018

Manfaat terong Belanda Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

manfaat terong belanda

Manfaat Terong Belanda – Terong Belanda merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Nama latin terong belanda adalah Solanum betaceum, tapi di Indonesia terkenal dengan nama terong Belanda karena tanaman ini diperkenalkan pertama kali oleh Belanda pada masa penjajahan.

Terong belanda merupakan tumbuhan tropis yang membutuhkan tanah subur, kering dan berongga sehingga dapat menyerap udara dan air dengan baik. Pada dasarnya terong belanda tidak tahan terhadap air karena bisa menyebabkan buahnya cepat membusuk. Terong belanda hidup di daerah pegunungan di ketinggian 500 sampai 1000 mdpl.

Terong belanda masih dalam keluarga terong – terongan namun pada kenyataannya terong belanda berbeda dengan terong hijau maupun terong ungu. Buah terong belanda berbentuk oval yang meruncing di kedua ujungnya. Karena buahnya agak asam, terong belanda jarang dikonsumsi secara langsung.

Terong Belanda Bisa Dijadikan Masakan Maupun Minuman

Kebanyakan terong belanda diolah dan dimanfaatkan menjadi beberapa jenis makanan maupun minuman seperti masakan acar, kari ataupun sambal, sirup, selai, minuman jus, rujak serta menjadi bahan campuran salad.

Baca Juga  Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan dan Dampak Negatifnya

Terong belanda kaya akan nutrisi yang mengandung provitamin A, vitamin C dan beberapa mineral penting seperti fosfor, tembaga, mangan, zat besi dan magnesium. Nutrisi lainnya yang terdapat pada terong belanda yaitu karbohidrat, protein , lemak, potasium, sodium dan kalsium. Selain itu terkandung juga antioksidan dan sumber vitamin B kompleks seperti tiamin, niasin dan riboflavin.

Manfaat terong Belanda Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

manfaat terong belanda

Dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada terong belanda, terong belanda bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mengobati sariawan dan panas dalam serta berbagai khasiat lainnya seperti berikut ini:

1. Meningkatkan sistem imun

Terong belanda mengandung vitamin C yang sangat baik untuk sistem imun tubuh. Manfaat terong belanda ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh tidak rentan sakit. Selain itu, vitamin B kompleks yang terkandung dalam terong belanda berfungsi mengatur metabolisme tubuh yang berperan mengubah makanan menjadi nutrisi penting bagi organ tubuh dan sel jaringan.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada terong belanda sangatlah baik untuk kesehatan mata. Gangguan pada mata seperti rabun dan iritasi pada mata akan bisa berkurang jika mengonsumsi terong ini secara teratur.

Selain itu kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada terong ini dapat meningkatkan kualitas penglihatan mata dan mencegah katarak. Dengan rutin mengonsumsi 1 buah atau 50 gr terong ini yang dihaluskan tanpa menggunakan gula, Anda dapat menjaga kesehatan mata.

Baca Juga  Khasiat Buah Plum yang Semakin Populer di Mancanegara

3. Menyegarkan tubuh

Rasa asam yang dimiliki terong belanda mampu membantu menyegarkan tubuh. Jika Anda mengonsumsi jus buah terong belanda, tubuh lelah dan mengantuk dapat menjadi segar. Apalagi jika jus terong ini ditambahkan dengan es batu, maka akan semakin menyegarkan tubuh Anda.

4. Menangkal radikal bebas

Terong belanda mampu menangkal radikal bebas karena pada terong belanda terkandung lycopene. Manfaat terong belanda ini dapat melindungi Anda dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

5. Membantu mengendalikan diabetes

Kandungan asam klorogenik pada terong ini dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang berlebih untuk pengidap diabetes tipe 2. Selain itu, manfaat terong belanda ini memiliki zat antioksidan yang berguna mengurangi stres oksidatif pada organ hati dan pankreas.

6. Menyembuhkan sariawan

Sariawan dapat muncul karena kurangnya asupan vitamin C pada tubuh. Terong ini mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyembuhan sariawan. Dengan manfaat terong belanda ini, munculnya sariawan pada rongga mulut dapat dicegah.

terong belanda

7. Melancarkan proses pencernaan

Terong belanda mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga serta melancarkan proses pencernaan. Jika Anda mengonsumsi jus buah terong belanda, gangguan pencernaan seperti sembelit, diare ataupun gangguan pencernaan lainnya dapat teratasi.

8. Meredakan panas dalam

Panas dalam bisa muncul karena mengonsumsi makanan yang terlalu panas dan terlalu pedas. Akibatnya memicu panas dalam yang ditandai dengan bagian tenggorokan menjadi terasa perih. Untuk meredakan panas dalam, Anda bisa mengonsumsi jus buah terong belanda.

9. Mencegah anemia

Kandungan nutrisi pada terong ini dapat mencegah anemia adalah zat besi. Terkandung zat besi sebanyak 0,4 – 0,9 mg tiap 100 gram buah terong belanda.

10. Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat terong belanda dapat mencegah tekanan darah tinggi. Terdapat 321 mg potasium yang terdapat pada tiap 100 gram terong belanda. Jumlah potasium tersebut membuat terong ini mampu menjaga tekanan darah tinggi. Itu sebabnya terong ini dapat dijadikan sebagai obat alami penyakit hipertensi.

Baca Juga  Cara Membuat Oralit Dirumah Untuk Mengobati Diare

11. Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Beberapa mineral yang berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi adalah fosfor, kalsium dan kalium. Terong ini bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi karena mengandung fosfor, kalium dan kalsium tersebut, Untuk membantu memperkuat tulang dan menghindari tulang keropos, konsumsilah terong ini secara rutin.

12. Menjaga kesehatan jantung
Terong belanda memiliki potasium yang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium tinggi pada jantung.

Sedangkan kandungan magnesiumnya dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular pada tubuh. Serat dalam terong ini juga dapat menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh.

13. Mengurangi risiko terkena kanker

Kanker dapat dipicu oleh makanan yang bersifat karsinogen. Untuk mencegah risiko terkena kanker Anda dapat mengurangi makanan yang bersifat karsinogen serta mengonsumsi terong ini secara rutin.

Terong belanda mengandung vitamin E, flavonoid dan antosianin yang dapat membantu menangkal radikal bebas dan polusi penyebab kanker. Itu sebabnya terong ini memiliki sifat antiinflamasi dan anti mikroba yang dapat mencegah pembentukan kanker dalam sel jaringan tubuh.

Nah, itulah tadi berbagaia macam manfaat terong belanda yang ternyata jarang diketahui oleh orang banyak, lalu sudahkah Anda mengkonsumsi terong belanda? dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah buat Kita semua.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *