perbedaan baking soda dan baking powder
Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder Dari Segi Bahan dan Manfaat
August 29, 2018
ikan koi termahal
Ikan Koi Termahal Didunia, Salah Satunya Seharga Rumah
August 30, 2018

Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan dan Dampak Negatifnya

manfaat terong ungu

Manfaat Terong Ungu – Terong ungu adalah salah satu jenis sayur-sayuran yang paling terkenal di Indonesia, bahkan dari Sabang sampai Merauke, dan entah itu pria atau wanita baik dari usia anak-anak hingga kakek nenek, semuanya sudah tidak asing dengan terong ungu.

Hal tersebut selain karena terong ungu mudah ditemukan karena pertaniannya yang banyak dijumpai di sekitar pemukiman, selain itu harganya yang relatif terjangkau, sehingga menjadi konsumsi semua lapisan ekonomi masyarakat, juga

Familiarnya terong ungu di lidah masyarakat Indonesia juga dikarenakan bahan ini mudah diolah dan dipadukan dengan bahan makanan yang lain.

Terong Ungu Bisa Dijadikan Makanan Lezat

Di rumah makan padang yang berdiri di mana-mana itu, terong ungu biasa dimasak menjadi makanan lezat seperti: terong balado, terong rebus, atau terong krispi. Beda lagi bagi kalangan mahasiswa yang biasa menjumpai terong ungu di warung ayam penyet sebagai menu tambahan bersama tahu dan tempe.

Terong sejatinya merupakan buah dari tumbuhan yang bernama latin solanum melongena. Dalam penjelasan ilmiahnya, terong berasal dari kerajaan Plantae, kelas Magnoliopsida, subkelas Asteridae, ordo Solonales, famili Solanaceae, genus Solanum, dan spesies S. Melongena.

Dalam pengucapan sehari-hari masyarakat Indonesia khususnya Jawa, buah yang dijadikan sayur-sayuran ini disebut “terong”.

Baca Juga  Daun Mangkokan Punya 5 Manfaat Mengejutkan, Apa Sajakah Itu?

Namun, sebenarnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia buah ini tercatat dengan nama “terung”. Meskipun kini sangat terkenal di Indonesia dan sekitarnya serta banyak pengembangan hibrida di berbagai negara, sebenarnya tanaman terong berasal dari India dan Sri Lanka. Kini, terong ada di banyak negara dengan berbagai jenis hasil pengembangan bibit.

Di Indonesia, terong atau terung memiliki banyak sekali jenis berdasarkan warna dan bentuk. Terong yang kerap ada di pasaran misalnya terong gelatik, terong putih, terong hijau, dan masih banyak yang lain.

Terong ungu merupakan satu dari sekian banyak jenis terong yang ada dan biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Seperti namanya, jenis terong yang satu ini memiliki kulit berwarna ungu. Ada pun bentuknya adalah panjang menyerupai timun.

Jika dibelah, maka akan terlihat bahwa terong ungu memiliki banyak sekali biji lunak yang aman bahkan bermanfaat untuk dikonsumsi. Terong yang satu ini memiliki tekstur lunak namun tidak mudah lembek sehingga menjadi pilihan untuk bahan makanan.

manfaat terong ungu

Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

Di Indonesia, terong ungu tergolong bahan makanan yang tidak eksklusif. Umumnya, tempat pajang terong ungu adalah pasar tradisional dengan harga yang cenderung murah dibandingkan sayuran lain. Namun, bagaimana kandungan nutrisi yang ada di dalamnya?

Apakah bisa dianggap remeh? Serta, apakah ada dampak negatif yang ditimbulkan oleh buah sekaligus sayuran ini? Kami punya informasinya lengkap di bawah ini. Dan kita mulai dari manfaat terong ungu terlebih dahulu.

– Pengontrol Gula Darah

Jangan remehkan sayuran yang kini namanya kerap jadi bahan lelucon ini. Terong ungu memiliki cukup serat dan rendah karbohidrat larut yang artinya dapat menyerap glukosa dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai pengontrol gula darah.

– Pelancar Pencernaan

Selain itu manfaat terong ungu yang selanjutnya bahwa kandungan serat dalam bahan makanan selalu berperan sebagai pelancar pencernaan, termasuk serat dalam terong ungu pun begitu.

Karena memang pada dasarnya secara anatomi adalah bagian buah dari tanaman terong itu sendiri, terong ungu mengandung banyak vitamin yang biasa terkandung dalam buah konsumsi.

Vitamin yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C dan vitamin E yang baik bagi kulit, vitamin D yang baik bagi tulang, vitamin K yang baik dalam proses penyembuhan luka, serta masih terdapat juga kandungan B kompleks.

Baca Juga  13 Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

– Pengoptimalan Kinerja Otak

Vitamin B kompleks dalam terong ungu bermanfaat sebagai pengoptimal kerja otak. Hal tersebut dilakukan oleh kandungan tiamin. Selain itu, terdapat kandungan riboflavin yang bertugas sebagai antibodi dalam tubuh dan pembentukan sel darah merah. Terdapat juga kandungan niasin yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung. Masih belum cukup di situ.

– Membuat Tubuh Menjadi Kuat dan Segar

Kandungan dalam vitamin B5 dan B6 dapat berperan sebagai konziem yang memperlancar pelepasan energi. Tubuh pun menjadi kuat dan segar..

Mencegah Anemia

Manfaat terong ungu lainnya ternyata terong ungu juga terdapat kandungan zat besi dan Antosianin. Zat besi tersebut berguna untuk mencegah terjadinya anemia, sementara antosianin pada terong ini dapat berfungsi sebagai pemelihara jantung karena merupakan senyawa flavanoid yang berfungsi melindungi sel dari sinar UV.

Penghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Hebatnya lagi, terong ungu mengandung Ellagic Acid dan Phycocyanian. Ellagic Acid adalah salah satu komponen fenolik yang memiliki peran sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker, menjaga kualitas gen, dan mengantisipasi penggumpalan darah.

Sementara Phycocyanian adalah protein kompleks yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah dan sel darah putih, memicu kerja sel batang yang terdapat dalam sumsum tulang belakang, menyembuhkan pendarahan, serta bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas.

Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Rupa-rupanya, terong ungu juga mengandung sedikit nikotin. Lebih tepatnya adalah asam nikotinat yang tidak memiliki sifat adiktif.

Kandungan nikotin tersebut tidaklah berbahaya bagi tubuh dan justru berfungsi positif sebagai pembantu menghentikan kebiasaan merokok.

Selain itu, dengan kandungan nikotinnya ini, terong ungu dapat menjadi bahan makanan yang tepat dalam program diet karena dapat mengusir lemak.

– Dapat Merangsang Gairah Seks

Tambahan bagi pria, kandungan pada terong ungu ini memiliki efek afrodisiak yang merangsang gairah seks. Selain itu, antioksidan yang ada juga dapat meningkatkan hormon testoteron.

Nah, akhirnya selesai. Dari penjabaran kandungan nutrisinya yang panjang tersebut dapat kita lihat bahwa memang begitu banyak manfaat terong ungu bagi kesehatan.

Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi terong ungu, ya! Tapi tunggu dulu. Tentu saja dalam mengkonsumsi apa pun harus Anda perhatikan pula takarannya. Tanpa takaran yang tepat, terong ungu juga memiliki dampak negatif bagi tubuh.

manfaat terong ungu

Inilah Dampak Negatif Konsumsi Terong Ungu

Meskipun terong memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, namun Anda juga harus berhati-hati jika terlalu banyak mengkonsumsi terong. Ada beberapa catatan dampak negatif yang harus diperhatikan.

– Kinerja Obat Bisa Terganggu

Misalnya, apabila kamu sedang menggunakan obat antidepresan maka kinerjanya akan terganggu oleh kandungan tyramine dalam terong.

– Merangsang Menstruasi Berlebih

Di dalam terong juga terkandung Phytohormones yang dapat merangsang menstruasi berlebih. Hal tersebut dapat memungkinkan sel telur pada wanita, termasuk yang sudah dibuahi, menjadi luruh.

Maka mengkonsumsi terong dalam jumlah yang banyak tidak disarankan bagi perempuan hamil karena menimbulkan dampak negatif yang cukup serius.

Baca Juga  Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dapat Meningkatkan Alergi

Selain itu, walaupun kasusnya jarang terjadi, terong ungu dapat meningkatkan reaksi alergi berupa pembengkakan tenggorokan, gatal-gatal, dan mual. Bahkan, terong mengandung nitrat alami yang akan bereaksi dengan asam amino untuk membentuk nitrosamin. Hal tersebut dapat menimbulkan efek keracunan, terutama pada bayi.

Walaupun sayuran ini memiliki banyak manfaat terong ungu, namun jika dikonsumsi tidak dalam porsi berlebihan maka bisa mendapatkan banyak sekal

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *