penyebab anak mimisan
8 Penyebab Anak Mimisan Yang Harus Anda Waspadai Sekarang Juga
October 20, 2018
manfaat buah bengkoang
10 Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan dan Kulit
October 20, 2018

7 Manfaat Tumbuhan Paku yang Jarang Diketahui Orang

manfaat tumbuhan paku

Manfaat Tumbuhan Paku – Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang mudah ditemui di dataran tinggi dan daerah yang lembab.

Tanaman yang berkembangbiak menggunakan spora ini bisa tumbuh di air (hidrofit), di tempat lembab (higrofit) atau bisa juga menempel pada pohon (epifit).

Banyaknya penemuan fosil tumbuhan paku yang tersebar di seluruh dunia membuktikan tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan purba. Tumbuhan paku memiliki ukuran yang berbeda – beda, tergantung pada jenis tumbuhan tersebut.

Baca Juga  Tidak Sekedar Tanaman Liar, Inilah Manfaat Enceng Gondok

Tumbuhan paku sering menempel pada pohon lainnya sehingga tumbuhan ini dikenal sebagai tumbuhan parasit. Walaupun tumbuhan ini dikenal sebagai tumbuhan parasit atau tanaman liar, ternyata ada banyak manfaat yang dimiliki tumbuhan paku.

7 Manfaat Tumbuhan Paku yang Jarang Diketahui Orang

manfaat tumbuhan paku

1. Sebagai Tanaman Hias

Manfaat tumbuhan paku yang pertama yaitu digunakan sebagai tanaman hias. Beberapa jenis tumbuhan paku memiliki bentuk yang unik, diantaranya Adiantum Cuneatum, Platycerium biforme dan Asplenium nidus.

Adiantum Cuneatum atau suplir memiliki ciri – ciri berupa daun memanjang tetapi bentuk daunnya cenderung berbentuk bulat. Jika Anda menggunakan tumbuhan paku jenis ini untuk menghias rumah Anda, pastikan memperhatikan sinar matahari yang mengenai tumbuhan ini. Usahakan tumbuhan paku ini tidak terpapar oleh sinar matahari secara langsung.

Platycerium biforme atau paku tanduk rusa memiliki daun bercabang yang menyerupai tanduk rusa. Tumbuhan paku ini dapat hidup dan berkembang dengan menempel pohon lain. Itu sebabnya tumbuhan paku jenis ini disebut sebagai tumbuhan epifit sejati.

Asplenium nidus atau paku sarang burung juga termasuk tumbuhan epifit. Biasanya tumbuhan paku ini ditempatkan menempel atau menggantung di pohon. Ciri – ciri tanaman ini memiliki bentuk daun yang memanjang. Daun paku sarang burung akan menguning jika terkena paparan sinar matahari secara langsung.

2. Dijadikan Sebagai Sayuran

Ada banyak jenis tumbuhan paku, diantaranya ada yang bisa dikonsumsi dan ada yang tidak. Jenis tumbuhan paku yang bisa dikonsumsi yaitu Marsilea crenata atau semanggi dan paku sayur atau pakis. Manfaat tumbuhan paku ini bisa dijadikan sayuran karena kedua tumbuhan ini mengandung banyak nutrisi untuk tubuh.

Baca Juga  Kegunaan Daun Binahong Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Semanggi memiliki 4 daun yang berbentuk bulat dengan tangkai daun yang tegak. Tumbuhan ini hidup di daerah lembab dan berair. Di daerah Surabaya, semanggi sering diolah menjadi pecel semanggi dan menjadi makanan ciri khas di sana.

Pakis sayur sering dijadikan lalapan atau bisa juga diolah dengan cara ditumis. Teskturnya yang renyah seperti kangkung membuat tumbuhan ini banyak disukai. Terlebih lagi tumbuhan pakis ini mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, B kompleks, kalium dan lainnya. Sehingga kebanyakan orang suka mengonsumsi tumbuhan pakis ini.

3. Digunakan Sebagai Obat Herbal

Beberapa jenis tumbuhan paku seperti Equisetum (paku kuda), Alshopila glauca (paku haji), Lycopodium clavatum (paku kawat) dan Selaginella (paku rane) berguna untuk mengobati penyakit – penyakit tertentu. Manfaat tumbuhan paku ini bisa dijadikan obat herbal.

Paku kuda berfungsi sebagai obat diuretik untuk memperlancar buang air kecil. Sedangkan paku haji digunakan sebagai obat penyakit diare, paku kawat dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit tertentu dan paku rane mengandung antibiotik yang biasa digunakan untuk mengobati luka.

manfaat tumbuhan paku

4. Digunakan Sebagai Tiang Bangunan

Manfaat tumbuhan paku selanjutnya adalah sebagai tiang bangunan. Jenis tanaman paku haji atau Alshopila glauca memiliki batang yang bulat dengan tinggi sekitar 5 hingga 15 meter dan jenis kayu tumbuhan paku ini memiliki struktur yang kuat.

5. Digunakan Sebagai Penggosok

Tumbuhan paku yang berjenis Equisetum sp atau paku ekor kuda dapat dijadikan sebagai penggosok. Manfaat tumbuhan paku ini bisa diperoleh dengan menjadikannya sebagai bahan pembuat ampelas.

Baca Juga  10 Manfaat Teh Daun Kelor Ini Ternyata Luar Biasa

6. Sumber Energi Fosil

Keberadaan tumbuhan paku sudah ditemukan sejak jaman purba. Tumbuhan paku merupakan salah satu komponen yang menyusun batu bara.

7. Digunakan Sebagai Pupuk

Tumbuhan paku dapat mengikat nitrogen bebas dari udara dan menjadikannya senyawa nitrogen yang dapat diserap oleh tumbuhan lain. Jenis tumbuhan paku ini yaitu Azolla pinnata. Karena manfaat yang dimilikinya, tumbuhan paku sering digunakan menjadi pupuk hijau.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *