khasiat buah belimbing
Kandungan dan 7 Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh
November 9, 2018
gmat test jakarta
Begini 4 Cara Mendaftarkan GMAT Test Jakarta Dengan Mudah
November 9, 2018

Mengenal Manfaat Ubi Jalar dan Manfaat Daun Ubi Jalar

manfaat ubi jalar

Manfaat Ubi Jalar – Ubi jalar atau ketela rambat merupakan salah satu sumber makanan yang kerap dijadikan makanan pokok di beberapa daerah. Di pasaran, kamu bisa menemui ubi jalar yang beraneka warna seperti warna kuning pucat, putih, oranye hingga ubi jalar berwarna ungu.

Diantara beberapa varian ubi jalar tersebut, ubi jalar yang berwarna ungu memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari ubi jalar warna lainnya.

Baca Juga  Kandungan dan 7 Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Rasanya yang manis dan enak menjadikan ubi jalar disukai dan diolah menjadi berbagai macam makanan seperti dibuat keripik, puding, es krim, dijadikan camilan dengan dikukus atau digoreng dan dijadikan aneka makanan lainnya.

Nutrisi yang Terkandung Dalam Ubi Jalar

manfaat ubi jalar

Selain memiliki rasa yang enak ternyata ubi jalar juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam ubi jalar yaitu vitamin A, serat, potasium, kalori, vitamin C, mangan, vitamin B6, kolin dan lainnya.

Kandungan vitamin A pada ubi jalar dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Sedangkan vitamin C yang terkandung di dalam ubi jalar tersedia sekitar 37% kebutuhan tubuh. Ubi jalar memiliki gula alami yang lebih banyak dari kentang tetapi kalori yang terkandung pada ubi jalar lebih sedikit.

Bagian tumbuhan ubi jalar yang dimanfaatkan selain umbinya yaitu daunnya. Daun ubi jalar seringkali dimanfaatkan dengan diolah menjadi sayuran. Mau tahu apa saja manfaat ubi jalar dan manfaat daun ubi jalar? Yuk kita simak!

Inilah 7 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Kamu

Kandungan nutrisi yang ada pada ubi jalar berguna untuk menambah energi, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit berbahaya. Berikut ini berbagai manfaat ubi jalar, yaitu :

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat ubi jalar bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena ubi jalar ini mengandung vitamin A,C,E, zat besi, fosfor dan vitamin B kompleks.

2. Sebagai Sumber Energi

Ubi jalar mengandung beberapa mineral seperti zat besi dan magnesium yang dapat menambah energi. Zat besi dapat merangsang pembentukan sel darah merah pada tubuh sehingga zat besi berperan dalam meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya manfaat ubi jalar ini dapat dijadikan sebagai sumber energi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kekurangan vitamin A memberikan dampak yang buruk bagi mata seperti gangguan pada penglihatan. Kandungan beta karoten yang tinggi pada ubi jalar menjadikan manfaat ubi jalar baik untuk menjaga kesehatan mata dan mengembalikan kemampuan penglihatan.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

4. Melancarkan Pencernaan

Serat tinggi yang terkandung pada ubi jalar dapat memperlancar pencernaan, sehingga mengonsumsi ubi jalar dapat mencegah sembelit atau susah BAB.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu memiliki kelebihan berat badan dan sedang menjalani program diet, ubi jalar bagus untuk kamu konsumsi, terutama ubi jalar ungu. Karena ubi jalar ungu mengandung karbohidrat komplek yang dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Baca Juga  Kegunaan Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kandungan Zatnya

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Ubi jalar mampu merangsang produksi insulin yang berguna untuk menstabilkan kadar gula darah. Nasi merupakan makanan pokok yang mengandung kadar gula tinggi, sehingga penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi nasi.

Padahal penderita diabetes tetap harus mendapatkan asupan karbohidrat. Oleh karenanya penderita diabetes bisa mengonsumsi ubi jalar sebagai pengganti nasi.

7. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolestrol dapat menyebabkan penumpukan di dinding pembuluh darah dan dapat memicu timbulnya penyakit – penyakit yang berkaitan dengan tersumbatnya pembuluh darah, seperti penyakit jantung.

Dengan kandungan serat larut yang terdapat pada ubi jalar, maka mengonsumsi ubi jalar bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

4 Manfaat Daun Ubi Jalar yang Jarang Diketahui Banyak Orang

manfaat ubi jalar

Daun ubi jalar sering digunakan dalam pengobatan herbal karena daun ini memiliki berbagai manfaat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Pada daun ubi jalar terkandung mineral, protein dan vitamin dan beberapa senyawa lainnya. Manfaat daun ubi jalar diantaranya :

1. Mengatasi Bisul

Bisul merupakan benjolan yang berwarna merah dan berisi nanah yang muncul di kulit dan terasa sakit. Daun ubi jalar memiliki manfaat yang bisa membantu mengatasi bisul. Caranya, panaskan sehelai daun ubi jalar hingga layu lalu tempelkan pada bisul selagi hangat.

2. Mengobati Demam Berdarah

Daun ubi jalar dapat digunakan untuk membantu mengobati demam berdarah. Manfaat daun ubi jalar ini merupakan manfaat yang paling banyak diketahui masyarakat. Daun ubi jalar dipercaya mampu menaikkan trombosit.

Cara mengobati penyakit demam berdarah menggunakan daun ubi jalar bisa dilakukan dengan merebus 25 helai daun ubi jalar bersama 600 ml air dan tunggu hingga mendidih. Selanjutnya minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari. Saat merebus daun ubi jalar, gunakan daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu dan Cara Pengobatannya

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Saat kamu mengalami sakit tenggorokan yang ditandai dengan rasa sakit saat menelan ludah atau menelan makanan, maka kamu bisa menggunakan manfaat daun ubi jalar untuk mengobatinya.

Caranya, seduh daun ubi jalar yang sudah dikeringkan. Lakukan cara ini seperti saat kamu menyeduh teh. Kemudian minum seduhan ubi jalar ini secara rutin tiap pagi dan sore hingga sakit tenggorokan sembuh.

4. Mengatasi Penyakit Arthritis

Orang yang berusia lanjut rentan terkena penyakit arthritis. Penyakit ini menyerang sendi dan membuat sendi menjadi bengkak dan kaku. Dampak dari penyakit arthritis membuat penderita menjadi sulit untuk menggerakkan tubuh dan terasa menyakitkan saat menggerakkan tubuh.

Mengonsumsi daun ubi jalar yang diolah dengan cara direbus atau dibuat menjadi sayur dapat membantu mengatasi penyakit arthritis.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *