manfaat vco untuk wajah
Manfaat VCO untuk Wajah Terawat Bebas Jerawat Dengan Kulit Sehat
October 31, 2018
cara membuat pipi tirus
4 Cara Membuat Pipi Tirus Secara Alami yang Bisa Dilakukan Dirumah
October 31, 2018

Bunda Inilah 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Setelah Minum Asi

mengatasi cegukan pada bayi

Mengatasi Cegukan Pada Bayi – Mengatasi Cegukan Pada Bayi – Apakah bunda sering menemui bayi yang cegukan? jika ya, maka jangan khwatir karena cegukan bisa terjadi pada siapa saja bahkan tidak terkecuali pada bayi yang baru saja lahir atau bayi yang baru saja selesai minum susu.

Kondisi ini sebenarnya adalah hal wajar, cegukan sendiri dalam bahasa Inggris disebut dengan hiccups merupakan kondisi di mana diafragma mengalami kontraksi dan adanya kontraksi membuat pita suara tertutup dan menciptakan bunyi hik.

Baca Juga  6 Susu Formula Bayi Yang Mendekati ASI Untuk Si Kecil

Ketika terjadi pada bayi, terdapat udara yang berlebih masuk ketika meminum asi atau saat makan. Dalam beberapa kasus, cegukan dapat bergenti beberapa saat atau beberapa menit namun cegukan sering membuat bunda khawatir bukan terlebih jika ini adalah anak pertama Anda.

Bunda Inilah 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Setelah Minum Asi

mengatasi cegukan pada bayi

Jangan khawatir dan jangan takut bunda, karena munculnya cegukan pada bayi setelah minum Asi adalah hal yang wajar dan mudah disembuhkan. Ingin tahu bagaimana caranya untuk mengatasi cegukan pada bayi Anda? Nah berikut ini cara-cara mudah yang bisa dilakukan:

1. Berhenti meminumkan Asi

Hal pertama yang bisa bunda lakukan untuk menghentikan cegukan adalah berhenti memberikannya Asi. Ketika proses menyusui bayi Anda mengalami ceguan segera hentikan, bisa saja bayi Anda terlalu banyak menghisap udara.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Cegukan dan Cara Mengatasi Cegukan

Payudara pasti kurang menempel pada mulut bayi dan memudahkan udara ikut masuk. Perbaiki posisi menyusui Anda dan bagian putig dan aerola harus masuk ke mulut bayi.

2. Buat bayi besendawa

Udara yang masuk ke dalam perut bayi dan terjebak di dalamnya harus dikeluarkan. Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat cegukan pada bayi berhenti.

Maka Anda perlu membuat bayi bersendawa. Untuk membuat bayi bersendawa dengan mudah, tegakan tubuh bayi dan gosok perlahan pada bagian punggung hingga udara keluar. Cara lain adalah dengang menyandarkan bayi Anda ke pundak dan tepuk-tepuk punggungnya.

3. Pemijatan

Anda bisa memberikan pijatan pada bayi Anda, lakukan pijatan pada bayi Anda pada bagian tertentu seperti pada punggung bayi. Lakukan ini perlahan, jika pemijatan pada punggung tidak berhasil Anda bisa memulai untuk memijat pada bagian alis.

Pijatan lembut pada alis akan membuat pernafasan pada bayi lebih baik. Pijatan alis juga akan membuat bayi lebih tenang apabila mereka mengalami cegukan sambil menangis. Pastikan pijatan benar-benar lembut karena banyak syaraf yang terdapat di sana.

mengatasi cegukan pada bayi

4. Berikan pelukan

Jangan letakan bayi Anda yang mengalami cegukan setelah meminum asi. Anda bisa memeluk bayi Anda dan memberikan kehangatan. Peluk bayi dalam posisi tegak akan sangat membantu mempermudah udara penyebab cegukan keluar. Bayi juga akan merasa nyaman dari terganggunya cegukan.

Baca Juga  Apa Itu Trisomy 13? Trisomy 13 Adalah Sindrom Berbahaya

5. Membuat mereka tertawa

Jika bayi Anda sudah bisa diajak bercanda, Anda bisa membuat mereka rileks dengan tertawa. Buat permainan yang membuat mereka senang hingga tertawa dan melupakan cegukan. Biasanya cegukan akan hilang dengan senidirnya dengan teknik ini. Namun ingat jangan membuat bayi Anda kaget seperti yang dilakukan untuk membuat cegukan pada orang dewasa hilang. Cara ini tidak terbukti dan sangat berbahaya terutama bagi bayi yang baru saja lahir.

6. Berikan sesuatu yag dapat dihisap

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah dengan memberikan mereka sesuatu untuk diisap. Bayi mungkin telah kenyang setelah meminum Asi, nah agar mencegah bayi kekenyangan maka Anda perlu memberikan mereka dot atau empeng. Bayi akan menciptakan gerakan mulit seperti menyedot, kemudian akan menimbulkan sedotan udara di perut dan membuat mereka mengeluarkan udara tersebut. Cegukan akan mudah berhenti dengan cara ini.

Baca Juga  Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Sangat mudah bukan bunda untuk mengikuti cara-cara yang dilakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi. Untuk pencegahannya Anda perlu memperhatikan posisi saat menyusui, pastikan seluruh mulut bayi tidak memberi kesempatan udara untuk masuk.

Setelah menyusui Anda perlu menegakan tubuh bayi sehingga menghindari masuknya udara dan terperangkap dalam perut. Sebaiknya lakukan posisi bayi tegak selama 30 menit sebelum Anda menidurkan mereka. Membuat mereka tertidur di pundak Anda adalah pilihan yang lebih baik. Jangan berikan bayi Anda Asi apabila mereka sedang menangis karena akan meningkatkan kemungkinan untuk tersedak dan menutup saluran pernapasan karena Asi yang masuk.

Pastikan bunda melakukan pengecekan pada dokter apabila cara mengatasi cegukan pada bayi di atas tidak memberikan pengaruh yang baik.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *