pantangan ibu hamil muda
20 Pantangan Ibu Hamil Muda yang Harus Bunda Perhatikan
November 26, 2018
manfaat buah sawo
9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Ini Jarang Diketahui
November 27, 2018

Lakukan 10 Cara Ini Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi – Bayi memiliki sistem imun yang belum terbentuk sempurna sehingga membuatnya mudah terserang flu. Biasanya saat flu menyerang, maka ditandai dengan adanya gejala berupa pilek dan hidung tersumbat.

Hidung tersumbat pada bayi biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, kebanyakan orang tua menjadi panik lantaran bayi yang mengalami hidung tersumbat biasanya akan menjadi rewel karena mereka kesulitan bernafas dan merasa tidak nyaman.

Baca Juga  Batuk Berdahak Pada Bayi? Tenang Ini 3 Cara Alami Mengatasinya

Hal ini bisa berdampak pada turunnya nafsu makan bayi bahkan membuat bayi menjadi susah tidur. Kondisi ini tentunya membuat Anda cemas. Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, Anda bisa melakukan cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini.

Lakukan 10 Cara Ini Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

mengatasi hidung tersumbat pada bayi

1. Mengatur Posisi Tidur

Bayi yang sedang mengalami hidung tersumbat biasanya akan kesulitan bernafas yang membuatnya jadi susah tidur. Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, Anda bisa mengatur posisi tidur bayi.

Caranya, Anda bisa meninggikan posisi kepala bayi saat bayi tidur. Dengan mengatur posisi kepala bayi lebih tinggi akan membuat bayi lebih mudah dalam menghirup udara. Posisi kepala yang lebih tinggi juga membuat lendir tidak menggumpal di dalam hidung.

2. Menepuk Punggung Bayi Secara Perlahan

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa dilakukan dengan menepuk punggung bayi secara perlahan. Namun, Anda harus memposisikan bayi menjadi tengkurap terlebih dahulu lalu menepukpunggung bayi secara perlahan.

3. Membersihkan Ingus pada Hidung Bayi

Hidung bayi menjadi tersumbat karena di dalamnya terdapat lendir atau ingus. Ingus yang menumpuk dan mengeras di dalam hidung membuat hidung menjadi tersumbat. Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan ingus pada hidung bayi agar saluran pernapasan di hidung menjadi lega dan tidak tersumbat.

Anda bisa menggunakan cotton bud yang telah dibasahi kemudian bersihkkan lendirnya. Saat melakukan cara ini, Anda bisa sambal memijat lembut hidung bayi agar lendirnya lebih mudah keluar.

Baca Juga  5 Khasiat Minyak Kemiri Untuk Rambut Sehat dan Berkilau

mengatasi hidung tersumbat pada bayi

4. Menggunakan Humidifier

Humidifier atau mesin pembab udara bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Humidifier dapat membuat udara di dalam ruangan menjadi hangat dan lembap. Cara ini bisa mencegah lendir mengeras di dalam hidung .

5. Menggunakan Nasal Spray atau Saline

Nasal spray atau saline merupakan obat semprot hidung yang bekerja dengan cara mengurangi produksi lendir yang menyumbat hidung. Obat saline ini ada yang berbentuk semprot dan ada yang berbentuk obat tetes.

Ketika Anda menggunakan obat saline semprot, posisikan bayi dalam posisi berbaring, kemudian dongakkan sedikit kepala bayi lalu semprokan obat melalui hidung bayi. Anda bisa menyemprotkan 2 – 3 kali.

Jika Anda menggunakan obat saline tetes, Anda bisa membaringkan bayi dan mendongakkan kepalanya. Kemudian meneteskan obat salin sebanyak 2 – 3 tetes. Obat ini dapat meredakan hidung tersumbat, namun obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

6. Menggunakan Bulb Syringe

Jika Anda telah menggunakan obat semprot atau obat tetes, tetapi ingus belum juga bisa keluar, Anda bisa menggunakan Bulb Syringe. Bulb Syringe merupakan alat penyedot ingus bayi berupa pipet yang menggembung di bagian ujungnya.

Bulb Syringe cocok digunakan untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi menggunakan Bulb Syringe dengan memencet bagian menggembung pada alat ini. Kemudian masukkan pipet ke dalam hidung bayi lalu lepaskan bagian alat yang menggembung. Selanjutnya alat ini akan menyedot ingus dan Anda bisa mengeluarkan ingus dari hidung bayi.

Baca Juga  Bunda Inilah 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Setelah Minum Asi

7. Melakukan Penguapan

Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, Anda bisa melakukan penguapan. Caranya, masukkan air hangat ke dalam baskom, kemudian letakkan baskom Anda di dekat bayi. Uap air hangat akan terhirup bayi Anda dan membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi Anda.

8. Menjaga Udara di Rumah Tetap Bersih

Udara kotor dan asap rokok dapat memperparah hidung tersumbat pada bayi. Cara mengatasinya, Anda harus menjaga udara di dalam rumah Anda tetap bersih. Usahakan jangan sampai asap rokok masuk ke dalam rumah.

9. Memberikan Asi

Saat hidung bayi tersumbat, usahakan memberi cairan yang cukup pada bayi. Anda bisa memberikan ASI lebih rutin dibandingkan biasanya agar bayi terhindar dari dehidrasi. Di dalam ASI terdapat antibiotik alami yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Jika bayi Anda minum susu formula, Anda bisa memberikan susu formula secara teratur. Tetapi jangan berikan susu formula terlalu kental agar bayi tidak terkena sembelit.

Baca Juga  Cara Mengobati Hidung Tersumbat Sesuai Jenis Penyebabnya

10. Menguap Hidung Bayi dengan Minyak Kayu Putih

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa dilakukan dengan menguap hidung bayi dengan minyak kayu putih. Cara ini sama seperti saat Anda melakukan penguapan. Masukkan air panas ke dalam baskom lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Kemudian letakkan baskom di dekat bayi agar uapnya bisa terhirup bayi.

 

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *