senam kegel wanita
Segudang Manfaat Senam Kegel Wanita dan Cara Melakukannya
January 21, 2019
harga pemasangan behel
Daftar Harga Pemasangan Behel Sesuai Bahan Terbaru
January 22, 2019

Cara Simpel Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi– Hampir semua orang pernah mengalami kulit berkomedo, terutama di bagian wajah. Komedo, atau sumbatan berupa sebum atau lemak di wajah, terjadi karena ada minyak keluar dari pori-pori bercampur dengan kotoran.

Minyak dan kotoran itu akan menggumpal dan membentuk butiran kecil yang akhirnya akan menyumpat pori-pori. Butiran lemak yang terjadi dapat terlihat dua warna.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

Pertama, blackhead. Komedo terbuka ini akan terlihat seperti pori-pori kulit yang membesar dan berubah warna menjadi hitam. Minyak terjebak di bawah pori-pori yang tersumbat sehingga tidak dapat keluar.

Sementara itu, yang kedua yaitu whitehead. Komedo tertutup ini akan terlihat memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Komedo jenis ini disebabkan oleh sel kulit mati yang bercampur sekresi kelenjar minyak yang berlebihan.

menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Menghilangkan Komedo

Konsepnya, menghilangkan komedo dari wajah adalah menghilangkan kotoran. Yang perlu diingat adalah jangan membayangkan bahwa menghilangkan kotoran dari wajah berarti menghilangkan tanah atau debu dari wajah, tetapi menghilangkan lapisan kulit itu sendiri, lapisan kulit yang mati.

Kita tidak hanya perlu menjaga kulit dari debu atau kotoran yang mengendap, tetapi juga harus segera mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati tersebut terjadi karena wajah sering terpapar sinar matahari atau terkena bahan yang tidak baik seperti polusi.

Tipe komedo whitehead akan lebih mudah dibersihkan karena bercampurnya sel kulit mati dan minyak terjadi di bagian luar kulit. Asalkan sel kulit mati terangkat, maka secara otomatis komedo juga terangkat.

Untuk mengangkat komedo tersebut, ada beberapa masker khusus yang dapat digunakan. Namun, banyak orang percaya menggunakan bahan-bahan di sekitar, seperti pasta gigi. Pasta gigi yang paling baik adalah pasta gigi putih.

Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Tidak hanya berguna untuk membersihkan gigi dari bakteri, pasta gigi juga dipercai sebagai bahan yang ampuh untuk menghilangkan komedo. Hal tersebut karena pasta gigi memungkinkan kulit menjadi lebih cepat beregenerasi. Di saat yang bersamaan, sel kulit mati akan terangkat.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi dapat dilakukan hanya dengan mengoleskan pasta gigi di bagian yang terdapat komeda, lalu mendiamkannya beberapa saat sebelum dibilas. Komedo akan terangkat bersama pasta gigi.

menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Bahan Campuran Pasta Gigi

Selain hanya menggunakan pasta gigi, ada beberapa bahan campuran yang juga baik digunakan untuk menghilangkan komedo. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat ditambahkan ketika menghilangkan komedo dengan pasta gigi.

1. Pasta Gigi Ditambahkan Jeruk Nipis

Air jeruk nipis diketahui berkhasiat sebagai antioksidan tinggi. Selain itu, jeruk nipis juga akan menyeimbangkan ph kulit sehingga bakteri akan hilang.

Vitamin C yang ada pada jeruk nipis itu juga akan mengurangi minyak, mengecilkan pori-pori, dan mencerahkan kulit. Apalagi, jeruk punya aroma yang enak.

Meskipun kini sudah ada pasta gigi yang berbahan jeruk nipis, namun tetap gunakan pasta gigi original dan menambahkan air perasan jeruk nipis secara manual.

2. Pasta Gigi Ditambahkan Garam Beryodium

Garam beryodium diklaim dapat membantu ekspoliasi atau pengelupasan kulit mati dan mengangkat komedo. Selain itu, efek lain yang didapat dari pengelupasan sel kulit mati tersebut adalah kulit yang halus.

Namun, kamu harus hati-hati jika ternyata memiliki alergi terhadap bahan ini.

3. Pasta Gigi Ditambahkan Putih Telur

Menghilangkan komedo dengan bahan pasta gigi juga bisa dicampur dengan putih telur. Diketahui bahwa putih telur mengandung protein, vitamin, dan beberapa mineral yang baik bagi kulit.

Selain itu, putih telur yang dioleskan dengan pasta gigi akan memiliki daya rekat. Hal itu akan membuat komedo terangkat.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Menambahkan pasta gigi pada masker putih telur juga akan memberi efek dingin dan aroma yang lebih enak ketimbang hanya putih telur.

Menghilangkan komedo dengan pasta gigi penting untuk dilakukan. Hal itu karena bukan tidak mungkin komedo akan berubah menjadi jerawat dan peradangan apabila menumpuk dan menyebabkan pori-pori semakin tersumbat.

Namun, yang lebih penting adalah mencegahnya. Tidak peduli seberapa baik cara yang digunakan untuk mengangkat komedo tetapi tidak dibarengi menjaga kebersihan kulit, maka hal itu akan sia-sia. Komedo akan muncul lagi.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *