penyebab batuk berdahak
Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC
November 3, 2018
cara menghaluskan telapak tangan
8 Cara Menghaluskan Telapak Tangan Tanpa Ribet Dengan Bahan Alami
November 5, 2018

7 Penyebab Migrain Sebelah Kanan Berikut Solusi Mengatasinya

migrain sebelah kanan

Migrain Sebelah Kanan – Migrain atau sakit kepala sebelah adalah kondisi dimana kepala terasa nyeri atau berdenyut yang umumnya mengenai salah satu sisi kepala saja atau sakit kepala sebelah.

Baca Juga  Waspada, Inilah 13 Gejala Tipes Pada Orang Dewasa

Nyeri tersebut terkadang terasa di bagian depan, belakang, samping kiri maupun samping kanan. Perbedaan posisi sakit kepala tersebut bisa menentukan penyebab terjadinya sakit kepala.

7 Penyebab Migrain Sebelah Kanan Berikut Solusi Mengatasinya

migrain sebelah kanan
Nah, bagaimana dengan migrain sebelah kanan? Apa penyebab migrain sebelah kanan tersebut? Berikut ini beberapa penyebab yang dapat dideteksi

1.Tidur berlebihan atau kurang tidur

Tidur merupakan kebutuhan dasar semua orang. Untuk menjaga badan tetap fit, usahakan tidur cukup setiap harinya. Orang yang terlalu sibuk hingga kurang tidur pada malam hari atau begadang, akan mengalami migrain pada pagi harinya. Bahkan kurang tidur ini merupakan salah satu penyebab yang paling banyak dikeluhkan penderita migrain.

Orang yang memiliki gangguan tidur, pasokan oksigen ke otak menjadi terhambat. Rendahnya kadar oksigen ke otak tersebut bisa menyebabkan migrain.

Kurang tidur memang dapat menyebabkan migrain, tapi efek yang sama jug abisa terjadi pada orang yang tidur terlalu lama. Maka yang terbaik adalah memiliki pola tidur yang cukup dan teratur sehingga terhindar dari migrain dan gangguan kesehatan lainnya.

2.Infeksi

Infeksi pada rongga sinus juga bisa menyebabkan migrain sebelah kanan. Infeksi pada sinuisitis ini menyebabkan produksi lendir berlebih hinnga menyumbat rongga sinus

Penumpukan lendir yang berlebih disertai peradangan inilah yang menyebabkan rasa sakit di sekitar pipi, dahi, dan juga di seluruh kepala.

3.Alergi

Diantara penyebab migrain lainnya adalah alergi. Alergi muncul sebagai respon sistem kekebalan tubuh untuk melawan zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh anda.

Zat-zat asing penyebab alergi atau alergen tersebut bisa berupa makanan tertentu atau alergi terhadap zat udara tertentu seperti alergi debu, sarbuk sari, maupun bulu hewan peliharaan.

migrain sebelah kanan

4.Stres

Stres tidak hanya membuat anda kurang fokus, tetapi juga memicu sakit kepala sebelah atau migrain. Migrain terasa semakin parah ketika stres meningkat.

Saat seseorang stres, cemas maupun lelah psikis, zat kimia di dalam otak dilepaskan sebagai bentuk perlawanan terhadap situasi stres ini. Pelepasan zat kimia inilah yang memicu terjadinya migrain. Selain itu, stres juga menyebabkan ketegangan pada otot kepala.

Baca Juga  Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya

Ada banyak cara untuk mengatasi stres yang menyerang, diantaranya olahraga, menjalani hobi, menjalani pola makan dan gaya hidup sehat. Selain itu, anda juga bisa menceritakan uneg-uneg kepada orang yang anda percaya, sehingga beban pikiran anda akan berkurang.

5.Penggunaan obat sakit kepala secara berlebihan

Sakit kepala bisa disembuhkan dengan obat sakit kepala. Tetapi anda harus hati-hati, karena penggunaan obat sakit kepala berlebih justru bisa menyebabkan efek lain, yaitu sakit kepala sebelah kanan. Solusinya? Usahakan tidak minum obat sakit kepala yang dijual bebas lebih dari 2 kali dalam seminggu.

Agar terhindar dari penggunaan obat sakit kepala secara berlebih, anda bisa menggunakan pengobatan nonfarmakologis (bukan obat) seperti : pijat relaksasi, akupuntur, latihan leher (cervical exercises), maupun mengkonsumsi herbal, vitamin, dan mineral.

6.Terlalu lama di depan komputer

Duduk terlalu lama di depan komputer ternyata juga bisa memicu sakit kepala sebelah. Hal ini terjadi karena kelelahan dan pengaruh radiasi merangsang retina hingga menyebabkan migrain. Selain itu, posisi duduk yang terlalu tinggi dan terlalu rendah juga bisa menyebabkan ketegangan otot leher serta ketegangan otot kepala.

Untuk menghindari migrain akibat terlalu lama di depan komputer, solusinya diantaranya adalah dengan mengistirahatkan mata sekitar 10 menit setelah bekerja di depan komputer selama 50 menit, laukan peregangan setiap 2 jam, gunakan filter (pelindung) layar, serta jaga jarak mata jangan terlalu dekat dengan komputer.

Baca Juga  Mengenal Fungsi Asam Mefenamat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

7.Dehidrasi

Salah satu penyebab migrain sebelah kanan adalah dehidrasi. Jika migrain disertai dengan haus, mulut kering, timbul rasa lelah, serta jarang buang air kecil, maka besar kemungkinan migrain tersebut diakibatkan oleh dehidrasi.

Untuk menghindarinya, usahakan minum air putih dengan kadar yang mencukupi, yaitu sebanyak 8 gelas per hari. Selain itu, hindari minuman bersoda, kafein, dan minuman yang mengandung pemanis buatan karena bisa memicu dehidrasi dan migrain.

Saat sakit kepala sebelah sudah reda, cobalah untuk mencari tahu penyebab migrain tersebut. Anda bisa menjadikan informasi tersebut ketika berkonsultasi dengan dokter.

Nah, demikian tadi ulasan mengenai sakit kepala sebelah kanan yang bisa terjadi pada siapapun. Semoga artikel diatas menambah wawasan kita agar dapat menghindari faktor-faktor penyebab migrain.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *