manfaat tape singkong
Luar Biasa, Inilah Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan
November 30, 2018
gejala tetanus
Mengenal Penyebab, Gejala Tetanus dan Penanganan Penyakit Tetanus
December 1, 2018

5 Cara Sederhana Mengatasi Penyakit Gondongan Dirumah

penyakit gondongan

Penyakit Gondongan – Seringkali orangtua kita terdahulu mengobati penyakit gondongan dengan blau yaitu jenis sabun cuci yang berwarna biru biasa digunakan untuk memutihkan pakaian. Sebenarnya ini hanya mitos belaka dan blau tidak bisa membantu mengobati penyakit gondongan.

Orangtua kita terdahulu mencampurkan blau dengan cuka kemudian mengoleskannya ke bagian yang membengkak. Ini dilakukan supaya si anak malu untuk bermain keluar rumah karena terlihat menggunakan bedak berwarna biru dan akhirnya terpaksa untuk tetap beristirahat di dalam rumah. Sekarang kita akan membahas cara yang benar dan ampuh untuk mengatasi penyakit ini.

penyakit gondongan

5 Cara Sederhana Mengatasi Penyakit Gondongan Dirumah

Berikut ini adalah cara-cara sederhana yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit gondongan yang bisa Anda lakukan dirumah, diantaranya:

1. Istirahat cukup didalam rumah

Untuk meningkatkan kembali kekebalan tubuh si anak dan juga untuk mencegah terjadinya penularan penyakit ke teman-temannya alangkah baiknya anak kita beristirahat dan mengurangi kegiatan di luar rumah.

Ini juga sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDP) bahwa dengan beristirahat cukup dapat mengatasi penyakit ini.

Selain badan yang beristirahat cukup, untuk mempercepat pembengkakan memulih si anak juga disarankan untuk tidak banyak berbicara agar otot-otot sekitar kelenjar parotis yang membengkak dapat beristirahat dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga  Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Tibi

2. Memilih sumber makanan

Disarankan untuk memberikan makanan yang lunak seperti sup, bubur, atau yogurt. Selain karena makanan keras dapat membuat si anak terasa sakit saat mengunyah, ternyata memilih makanan yang lunak juga akan mengurangi risiko pembengkakan lebih lanjut dari penyakit ini.

3. Meminum banyak air putih

Anak yang terkena penyakit gondongan biasanya jadi kehilangan nafsu makan bahkan minum sekalipun karena terasa sakit saat memasukkan sesuatu ke tenggorokan.

Ketika demam terjadi, maka tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga juga perlu diganti dengan cara meminum banyak air putih. Untuk sementara waktu hindari untuk meminum jus buah karena akan menyebabkan produksi air liur dan rasa sakit pada kelenjar parotis bisa terjadi.

4. Mengompres dingin

Ini membantu untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat dari penyakit gondongan. Mengompres dingin menggunakan es batu yang dibalut dengan kain kemudian diletakkan pada area pembengkakan selama 10 menit setiap 2-3 jam jika ingin dilakukan lebih lanjut.

5. Meminum obat

Bisa membeli obat di apotek untuk mengatasi demam dan nyeri. Tapi ingat obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit gondongan hanya membantu untuk meredakan demam dan mengurangi nyeri.

Mungkin sebagian dari kita belum tahu dan bertanya. “Apa itu penyakit gondongan?” Penyakit gondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bernama Paramyxovirus yang terjadi pada kelenjar parotis. Kelenjar parotis adalah kelenjar ludah yang berfungsi untuk menghasilkan air liur.

Banyak orang yang berpikir bahwa penyakit gondongan dengan gondokan adalah sama, padahal keduanya merupakan penyakit yang berbeda. Jika penyakit ini menyerang kelenjar parotis, sedangkan gondokan menyerang pada kelenjar tiroid. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang penyakit gondongan dan solusi untuk menanganinya.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Difteri, Infeksi Mematikan yang Harus Dihindari

Penyakit gondongan adalah penyakit yang umum terjadi di Indonesia dan biasanya terjadi pada anak yang berusia 2-12 tahun. Jadi buat teman-teman yang punya anak atau keluarga yang berusia 2-12 tahun harus lebih waspada nih karena bisa jadi penyakit ini akan menyerang mereka.

Namun bagi yang sudah terkena penyakit ini tidak perlu khawatir karena penyakit ini merupakan jenis penyakit self limiting disease yaitu penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus ada pengobatan.

penyakit gondongan
Apa Sajakah Gejala-Gejala Penyakit Gondongan?

Gejala dari penyakit gondongan pada anak dapat berupa kelelahan, sakit kepala, nafsu maka turun, dan demam. Untuk demam sendiri bisa mencapai suhu 40 derajat celcius. Penyakit ini juga merupakan penyakit yang dapat menular. Penyakit ini bisa menyebar baik melalui kontak langsung ataupun melalui udara.

Nah, ada cara yang lebih baik tentunya sebelum kita terserang oleh penyakit ini yaitu dengan cara pencegahan. Pencegahan yang dimaksud disini adalah dengan melakukan vaksinasi. Sebaiknya ketika memiliki anak yang masih berusia 15-18 bulan sudah melakukan vaksinasi MMR (mumps, measle, rubella) di puskesmas. Mumps atau penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi MMR.

Baca Juga  Pengertian, dan Efek Samping Vaksin HPV Adalah Sebagai Berikut

Demikian solusi maupun berbagai macam cara yang bisa kita terapkan untuk mengatasi penyakit gondongan yang bisa Anda lakukan dirumah, selamat mencoba dan Semoga membantu.

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *