tes buta warna tersulit
6 Tes Buta Warna Tersulit yang Digunakan Diseluruh Dunia
August 11, 2018
daun tempuyung
8 Khasiat Daun Tempuyung Yang Wajib Kamu Ketahui
August 13, 2018

Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Tibi

penyakit tibi

Penyakit Tibi – Anda perlu waspada jika Anda sering batuk – batuk tapi tak kunjung sembuh. Bisa jadi batuk itu bukan batuk biasa melainkan gejala penyakit tibi dan  penyakit ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Jika anda mengalami gejala – gejala seperti batuk terus menerus, berdahak, dada terasa nyeri, demam berkepanjangan, badan terasa lesu, nafsu makan berkurang dan berat badan turun, Anda patut waspada karena gejala tersebut adalah gejala penyakit tibi.

Penyakit tibi atau biasa disebut Tuberculosis merupakan penyakit yang menginfeksi paru – paru disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini harus diwaspadai karena termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian.

Menurut data dari WHO (World Health Organization) pada tahun 2015, Indonesia menjadi salah satu negara dari 6 negara yang memiliki kasus penyakit tibi terbanyak di seluruh dunia.

Baca Juga  Sulit Hamil? Pahami Dulu Ciri Ciri Air Mani Mandul

Penyebab Penyakit Tuberculosis 

Penyakit ini bisa menular saat penderita penyakit Tuberculosis akut batuk atau bersin dan mengeluarkan titik – titik air liur yang menyebar melalui udara, lalu terhirup secara langsung oleh orang – orang disekitarnya. Tetapi tidak selalu orang yang terinfeksi kuman penyakit ini akan langsung sakit, karena tergantung daya tahan tubuh orang tersebut.

Biasanya daya tahan tubuh seseorang mencegah perkembangan kuman penyakit Tuberculosis . Jika daya tahan tubuh orang tersebut tidak dapat menahan perkembangan kuman penyakit Tuberculosis , maka akan munculah gejala penyakit ini.

Tipe orang yang cenderung mudah terinfeksi penyakit Tuberculosis , Diantaranya:

Orang –orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah cenderung lebih gampang terinfeksi penyakit ini. Maka orang
–orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah seperti bayi, balita atau orang yang berusia lanjut harus lebih berhati – hati.

Tipe –tipe orang berikut ini juga patut mewaspadai infeksi penyakit Tuberculosis diantaranya:

– Orang yang menderita penyakit kronis, terutama yang tidak sedang menjalani pengobatan sementara

– Orang yang daya tahan tubuhnya menurun

– Orang yang menjalani operasi besar

– Orang yang sedang minum obat steroid atau obat anti kanker

– Orang yang kekurangan gizi

– Orang yang terinfeksi HIV dan lain – lain

penyakit tibi

Cara Memeriksa Penyakit Tuberculosis:

Untuk memeriksa gejala penyakit Tuberculosis, bisa dilakukan dengan tes sinar X dada. Tes sinar X dada berfungsi menemukan perkembangan penyakit di dalam paru – paru. Sedangkan tes untuk memeriksa infeksi penyakit Tuberculosis , bisa dilakukan dengan tes Mantoux dan tes darah.

Tes Mantoux dilakukan dengan memberikan vaksin BCG pada kulit. Kulit orang yang terinfeksi kuman penyakit Tuberculosis akan bereaksi menjadi kemerah – merahan saat diberikan vaksin BCG. Namun jika pemberian vaksin BCG tidak berpengaruh, maka perlu dilakukan tes darah.

Baca Juga  5 Cara Menaikan Hb Rendah yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Penderita penyakit Tuberculosis tidak perlu kuatir karena penyakit Tuberculosis ini tergolong penyakit yang dapat disembuhkan secara total jika diobati secara tepat pada awal penyakit tersebut.

Cara Pengobatan Penyakit Tibi

Pada umumnya obat – obatan yang diberikan dokter untuk penderita penyakt Tuberculosis yang aktif antara lain: Isoniazid, Rifampicin, Pyrazinamide dan Ethanol. Selain obat – obatan tersebut penderita penyakit ini juga diharuskan mengonsumsi antibiotik.

Resep yang diberikan oleh dokter untuk penderita penyakit Tuberculosis harus diminum hingga waktu yang dianjurkan. Walaupun penderita merasa sudah membaik, tetapi harus tetap mengikuti saran dan anjuran dari dokter.

Cara Pencegahan Penyakit Tibi

penyakit tibi

Setiap orang bisa meminimalisir penularan penyakit Tuberculosis dengan mengambil langkah preventif seperti di bawah ini:

– Jangan merokok

– Makanlah makanan bergizi

– Pastikan untuk tidur cukup

– Hindari kebiasaan begadang

– Berolahraga secara teratur

– Hindari kelelahan yang berlebihan

Baca Juga  Manfaat Jinten Hitam Untuk kesehatan tubuh dan Untuk Kecantikan

– Usahakan agar tidak stress

– Jika menderita batuk lebih dari 2 minggu segera konsultasikan pada dokter

– Lakukanlah tes sinar X dada setahun sekali

– Untuk balita, berikanlah imunisasi BCG

Share artikel ini pada orang – orang yang Anda sayangi disekitar Anda agar mereka menjadi lebih aware terhadap penyakit tibi. If you feel something wrong with your body please go and check.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *