cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis
Lupakan Lipstik, Ini Cara Memerahkan Bibir Dengan Jeruk Nipis
August 28, 2018
cara membuat oralit
Cara Membuat Oralit Dirumah Untuk Mengobati Diare
August 28, 2018

Penyebab Anyang Anyangan Dan Cara Mengatasi Anyang Anyangan

penyebab anyang anyangan

Penyebab Anyang Anyangan – Anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih dan bahasa medisnya disebut polakisuria/disuria adalah salah satu gejala nyeri saat saat buang air kecil, yang juga ditandai dengan rasa panas, dan jumlah urin sedikit namun lebih sering dari biasanya.

Sesuai penelitian para ahli medis mengatakan bahwa anyangan-anyangan lebih rentan diderita oleh wanita daripada pria yang disebabkan saluran kemih wanita lebih pendek sehingga lebih rentang untuk terinfeksi bakteri E Coli.

Gejala Anyang Anyangan Bisa Menyerang Pria dan Wanita

cara mengatasi anyang anyanga

Gejala anyang-anyangan bisa menyerang wanita dalam segala usia, namun pada pria pada umumnya hanya diderita oleh yang lebih tua dan gejala anyang-anyangan disebabkan oleh infeksi saluran kemih, infeksi bisa terjadi disaluran manapun pada saluran kemih:

• Ginjal

• Ureter (saluran yang membawa urin dari ginjal ke kantung kemih)

• Kantung kemih

• Uretra (tabung dari kantung kemih yang membawa urin keluar dari tubuh)

Namun yang paling sering disebabkan oleh infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra.

Ada 2 Jenis Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih tentu tak asing lagi bagi anda, ada dua jenis infeksi saluran kemih yaitu infeksi pada saluran kemih bawah yang disebut sebagai infeksi kantung kemih dan infeksi kemih atas yang disebut sebagai infeksi ginjal.

Adapun tanda-tanda dari infeksi saluran kemih yaitu, urin yang mengandung nanah dan gejala paling umum adalah rasa nyeri dan panas saat saat buang air kecil, untuk infeksi kemih dalam tahap waspada yaitu ditandai dengan gejala demam, nyeri pada bagian pinggul, mual dan muntah.

Baca Juga  13 Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Pada anak kecil biasa ditandai dengan demam, tetapi jika kurang perawatan bisa berakibat menjadi penyakit kuning, untuk orang dewasa biasa ditandai dengan nyeri panggul, demam, mual dan muntah.

Penyebab Anyang Anyangan yang Perlu Di Waspadai

• Kurang minum

Tubuh membutuhkan banyak cairan setiap harinya, terutama pada saluran kemih. Sehingga jika kekurangan cairan maka kemungkinan besar bisa menjadi penyebab anyang anyangan lebih rentan terjadi.

• Menahan buang air kecil

Kebiasaan menahan buang air kecil menjadi penyebab anyang anyangan terutama setelah selesai melakukan hubungan intim.

• Tidak Menjaga Kebersihan Kelamin

Tidak menjaga kebersihan kelamin menjadi penyebab utama infeksi saluran kemih, tidak membersihkan kelamin dengan benar saat buang air membuat bakteri pada alat kelamin menjamur dan mengakibatkan saluran kemih.

Akan tetapi dalam kebanyakan kasus infeksi saluran kemih disebabkan oleh adanya bakteri E Coli yang masuk ke dalam sistem kandung kemih dan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal akan tetapi paling sering karena salah membasuh area Miss V saat berkemih.

Begini Cara Mengatasi Anyang Anyangan

anyang anyangan

• Cara mengatasi anyang anyangan adalah dengan minum air mineral yang cukup setiap harinya, minimal 3 liter setiap harinya.

• Cara mengatasi anyang anyangan adalah jangan menunda membuang air kecil, usahakan untuk buang kecil langsung saat muncul keinginan untuk buang air kecil.

• Cara mengatasi anyang anyangan selanjutnya adalah segera buang air kecil sesudah melakukan hubungan intim

• Cara mengatasi anyang anyangan selanjutnya adalah dengan membersihkan kelamin setelah buang air, untuk wanita bersihkan dari arah depan kebealkang, bukan sebaliknya dari belakang kedepan, kemudian mengeringkanya dengan tisu atau kain kering yang bersih, karena bakteri lebih cepat berkembang pada area yang lembab.

Baca Juga  Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya

Sudah cukup jelas bagaimana infeksi saluran kemih menjadi akibat adanya bakteri E Coli dan sekarang simak bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan dengan bahan alami dan juga dengan obat dari apotik.

1. Dengan Bahan Alami

Untuk anda yang lebih mengandalkan pengobatan herbal daripada pengobatan dengan obat dari apotik, mungkin dikarenakan alergi pada obat atau hal lainnya, anda bisa coba dengan bahan alami berikut.

• Daun Kumis Kucing

Pengobatan herbal dengan daun kumis kucing cukup populer di Indonesia, salah satunya dalam pengobatan gejala anyang-anyangan.

Caranya cukup mudah: ambil beberapa helai daun kumis kucing bersihkan lalu keringkan. Setelah daun kumis kucing mengering, rebuslah pada air mendidih kemudian saring dan minumlah setelah dingin, atau jika anda tidak tahan dengan rasa pahit bisa juga dicampurkan gula jawa secukupnya.

• Daun Sirih

Daun sirih cukup dikenal sebagai anti bakteri, dan bisa juga untuk pengobatan gejala anyang-anyangan, caranya cuci daun sirih kemudia rebus.

Air rebusan dari daun sirih gunakan untuk memebersihkan alat kelamin anda atau berendamlah dengan air rebusan daun sirih, dan lebih maksimal hasilnya jika air rebusan daun sirih masih dalam kondisi hangat.

Selain membunuh bakteri pada alat kelamin, juga berfungsi mencegah munculnya kembali bakteri, dan juga menyembuhkan luka akibat anyang-anyangan.

• Apel dan Cuka Apel

Buah apel cukup mudah untuk anda temui, selain kandungan vitaminnya yang tinggi ternyata juga bisa membantu menyembuhkan gejala anyang-anyangan.

Cukup konsumsi apel setiap harinya, atau juga bisa dengan mengonsumsi cuka apel. Cuka apel bisa dikonsumsi langsung tanpa campuran apapun, minimal satu sendok setiap harinya, atau bisa dicampur dengan madu.

Baca Juga  Lupakan Lipstik, Ini Cara Memerahkan Bibir Dengan Jeruk Nipis

• Jeruk nipis

Jeruk nipis yang kaya akan kandungan anti-bakteri dan juga vitamin C cukup ampuh dalam penyembuhan anyang-anyangan.

Peras beberapa buah jeruk nipis, kemudian seduh dengan air panas, konsumsi setealh dingin. Jika ingin menambahkan gula untuk mengurangi rasa asam juga bisa, campurkan dengan gula secukupnya dan konsumsi, untuk hasil yang maksimal minum satu gelas setiap harinya.

• Sirsak

Sirsak juga bisa digunakan sebagai pengobatan alami menyembuhkan anyang-anyangan. Pilih sirsak yang setengan matang, kupas, dan bersihkan. Rebus hingga mendidih, kemudian air rebusan sirsak bisa dikonsumsi setelah dingin. Jika ingin menambkan dengan gula atau madu juga tidak masalah.

• Kunyit

Kandungan anti-bakteri kunyit berkhasiat dalam penyembuhan anyang-anyangan. Caranya, blender beberapa rimpang kunyit yang sudah di kupas dan dibersihkan. Saring dan ambil patinya, kemudian konsumsi langsung.

Atau bisa juga dengan meminum air rebusan kunyit. Caranya kupas dan bersihkan kunyit, kemudian geprek dan rebus hingga mendidih. Bisa dikonsumsi setiap harinya jika anyang-anyangan anda cukup kronis.

Jahe

Sama dengan kunyit, bumbu dapur yang satu ini juga bisa berkhasiat dalam penyembuhan anyang-anyangan.

Ambil beberapa rimpang jahe, lalu bakar hingga wangi, kemudian buang kulitnya dan bersihkan, lalu rebus hingga mendidih, dinginkan dan konsumsi setiap harinya.

2. Obat Apotik

Jika anda lebih memilih cara instan dalam penyembuhan anyang-anyangan, obat apotik dibawah ini bisa menjadi solusinya:

• Paracetamol

Paracetamol lebih dikenal sebagai obat untuk demam, namun juga bisa untuk mengobati anyang-anyangan tetapi lebih tepatnya untuk mengurangi nyeri akibat anyang-anyangan, rasa tidak nyaman akibat anyang-anyangan cukup mengganggu, sehingga sebagai pertolongan pertama sebelum kedokter, anda bisa memgonsumsi paracetamol. Rasa nyeri akibat anyang-anyangan akan segera berkurang dan rasa pedih saat buang air kecil juga akan berkurang.

• Phenazopyridine
Anyang-anyangan biasanya disertai dengan keingian buang air yang lebih sering bahkan berlebihan, dengan mengonsumsi phenazopyridine bisa mengurangi dorongan keinginan buang air kecil tersebut.

Selain itu juga bisa mengurangi nyesi akibat ayang-anyangan. Phenazopiridine bisa anda dapatkan di toko apotik terdekat.

• Ibuprofen

Ibuprofen memiliki kandungan antinyeri dan anti bakteri, yang bisa mengurangi nyeri dan juga membunuh bakteri akibat anyang-anyangan.

Namun untuk mendapatkan obat apotik ibuprofen harus dengan rekomendasi dokter. Ada baiknya konsultasikan dengan dokter untuk dosis ibuprofen yang anda butuhkan.

Sekianlah artikel mengenai untuk penyebab anyang anyangan dan cara mengatasi anyang anyangan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Kita semua yah.

Artikel Terkait

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *